5 Manfaat Kunyit untuk Perawatan Kulit, Dijamin Alami dan Aman!

Manfaat yang diberikan oleh kunyit untuk kulit Mama

13 Januari 2021

5 Manfaat Kunyit Perawatan Kulit, Dijamin Alami Aman
Pexels/Karl Solano

Kunyit memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan atau kecantikan. Untuk kecantikan, kandungan antioksidan dan komponen anti-inflamasi yang ada dalam kunyit mampu menangani masalah kulit seperti jerawat, bekas jerawat, dan manfaat yang lainnya.

Untuk Mama yang belum mengetahui apa saja manfaat yang dapat diberikan oleh kunyit untuk kulit, kali ini Popmama.comtelah merangkumnya. Yuk, disimak!

1. Mengatasi jerawat

1. Mengatasi jerawat
Pexels/Polina Tankilevitch

Jerawat adalah salah satu masalah kulit paling umum yang memerlukan perawatan dan perhatian khusus.

Terkadang produk perawatan kulit dapat menyebabkan iritasi atau pembengkakan terutama jika Mama memiliki kulit yang sensitif.

Kunyit menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi masalah jerawat pada kulit. Anti-inflamasi yang ada dalam kunyit dapat membantu mencegah penyebaran bakteri yang menyebabkan jerawat, mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat.

Editors' Picks

2. Mengatasi black circle atau lingkaran hitam

2. Mengatasi black circle atau lingkaran hitam
pinterest.co.uk

Hal yang menyebabkan lingkaran hitam pada umumnya adalah karena faktor keturunan, paparan sinar matahari secara langsung, kekurangan tidur, pigmentasi, dan menggosok mata terlalu sering. Bangun tidur dengan kondisi kantung mata yang terlihat menghitam dan lelah menjadi hal yang sangat ingin dihindari.

Kunyit akan membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam dan dapat melancarkan sirkulasi untuk mengurangi bengkak pada mata.

Yang perlu dilakukan hanya mencampurkan bubuk kunyit dengan air perasan lemon kemudian aplikasikan pada area bawah mata dengan tipis dan diamkan selama 15 menit sebelum setelahnya dibilas dengan air hangat.

3. Mengobati dan mencerahkan bekas jerawat

3. Mengobati mencerahkan bekas jerawat
Pixabay/jmexclusives

Apa yang lebih buruk dari jerawat?

Ya, bekas luka jerawat yang menghitam membutuhkan waktu yang cukup lama untuk hilang. Kandungan kurkumin yang ada pada kulit dapat membantu untuk mengurangi peradangan dan kemerahan yang diakibatkan oleh jerawat.

Selain itu, kurkumin yang ada pada kunyit akan mengurangi produksi melanin yang berlebih sehingga akan mencerahkan bekas luka dan menjaga warna kulit. Mama bisa mencampurkan kunyit dengan madu dan aplikasikan pada kulit selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

4. Melembabkan kulit yang kering

4. Melembabkan kulit kering
Freepik/cookie_studio

Kekeringan bisa membuat kulit Anda terlihat kusam dan dehidrasi. Masalahnya bisa semakin parah jika berada di ruangan ber-AC dalam waktu yang lama karena udara dingin cenderung akan membuat kulit menjadi terlihat lebih kering.

Merawat kulit dengan masker yang mengandung kunyit akan membuat kulit Mama menjadi lebih lembut, terhidrasi, sehat, dan juga kenyal. Kunyit dapat menjadi pelembab yang sangat efektif dan juga dapat mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati.

5. Mengatasi stretch mark

5. Mengatasi stretch mark
livin3.com

Stretch mark merupakan garis-garis kecil yang biasanya muncul pada paha serta pinggang dan 80% perempuan pernah mengalami hal ini. Antioksidan dalam kunyit mampu menembus dan meningkatkan fungsi sel membran yang meringankan munculnya stretch mark pada kulit.

Mama bisa mencampurkan 1 sendok makan minyak zaitun, satu sendok teh bubuk kunyit, dan beberapa tetes air perasan lemon.

Setelahnya gosokkan pada bagian kulit yang memiliki stretch mark sebanyak dua kali sehari. Mengaplikasikannya secara teratur akan menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi stretch mark secara alami.

Itu dia beberapa manfaat dari kunyit yang bisa Mama coba di rumah. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang bisa cocok dengan beberapa campuran kunyit dalam produk perawatan kulit. Segera hentikan pemakaian jika mengalami iritasi pada kulit ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.