5 Manfaat Mineral Oil untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Dapat membuat kulit menjadi lebih lembap

12 Oktober 2021

5 Manfaat Mineral Oil Perawatan Kulit Rambut
Pexels/Mikhail Nilov

Mineral oil atau minyak mineral merupakan minyak bumi yang tidak berbau, tidak berwarna, dan dapat disimpan dalam waktu yang lama dan seringkali menjadi salah satu bahan dalam produk skincare. Mineral oil seringkali dianggap sebagai bahan skincareyang buruk karena dapat membuat kulit menjadi kering.

Namun, pada kenyataannya mineral oil memiliki berbagai macam manfaat baik untuk kulit maupun rambut.  Jika sudah di murnikan, mineral oil dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kecantikan.

Untuk Mama yang belum mengetahuinya, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 manfaat mineral oil untuk perawatan kecantikan. Yuk, disimak!

1. Dapat melembapkan kulit

1. Dapat melembapkan kulit
Freepik

Fungsi utama dari mineral oil adalah dapat membuat kulit menjadi lebih lembap dan juga lembut. Seperti kebanyakan minyak alami lainnya, mineral oil berperan dalam memberikan kelembapan dan menguncinya.

Dengan meningkatkan fungsi pelindung kulit, mineral oil dapat mencegah terjadinya kulit kering yang dapat menyebabkan iritasi kulit seperti gatal dan infeksi.

Editors' Picks

2. Mengatasi eksim

2. Mengatasi eksim
Freepik/lookstudio

Eksim seringkali terjadi pada kulit yang kering dan terasa gatal sehingga kemunculan eksim di kulit sangatlah mengganggu. Tak hanya dapat menimbulkan rasa gatal, eksim juga dapat menimbulkan peradangan kulit.

Eksim sendiri merupakan tanda bahwa kulit Mama kering, dengan menggunakan mineral oil pada kulit eksim, maka kulit akan menjadi lebih lembap dan eksim secara perlahan menghilang.

3. Menghaluskan tumit yang kasar

3. Menghaluskan tumit kasar
Freepik/Jcomp

Dengan sifatnya yang dapat melembapkan, mineral oil tidak hanya dapat Mama gunakan pada wajah yang kering saja, tetapi juga pada tumit yang kering dan kasar. Perawatan untuk kulit pada tumit seringkali terlewatkan sehingga membuatnya menjadi kasar, pecah-pecah, dan juga kering.

Jika menggunakan mineral oil pada tumit secara rutin di malam hari, Mama kan memiliki tumit yang terasa lebih lembap dan tentunya halus.

4. Membuat rambut menjadi lebih kuat

4. Membuat rambut menjadi lebih kuat
Freepik/cookie_studio

Rambut yang rontok adalah pertanda bahwa rambut yang Mama miliki tidaklah kuat sehingga kerontokan pada rambut akan sering terjadi. Mineral oil dapat berfungsi untuk membuat rambut menjadi lebih kuat dan mencegah terjadinya kerusakan lain pada rambut.

Tak hanya itu, mineral oil juga dapat mencegah pembentukan ujung rambut yang bercabang dan mengurangi kemungkinan rambut patah.

5. Mengatasi masalah ketombe

5. Mengatasi masalah ketombe
Freepik/Natali_ploskaya

Mineral oil dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketombe yang seringkali muncul pada kepala yang kering. Meskipun tidak secara langsung membasmi ketombe, mineral oil dapat membuat kulit kepala menjadi lebih lembap sehingga kemungkinan munculnya ketombe akan semakin kecil.

Nah, itulah lima manfaat mineral oil yang dapat Mama rasakan untuk kesehatan kulit dan juga rambut. Perlu Mama ingat untuk selalu menggunakan mineral oil yang sudah dimurnikan atau mineral oil dalam bentuk skincare untuk menghindari terjadinya kerusakan pada kulit. Jangan sampai lupa ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.