7 Potret Pakaian Perwakilan Indonesia Dalam Ajang Miss Universe

Sangat unik dan menawan setiap tahunnya, luar biasa!

18 Mei 2021

7 Potret Pakaian Perwakilan Indonesia Dalam Ajang Miss Universe
Instagram/soniafergina, Instagram/missuupdate, Instagram/ayumaulida97

Ajang Miss Universe ke-69 telah resmi berakhir pada tanggal 17 Mei 2021 pukul 07.00 WIB dengan perwakilan dari negara Mexico sebagai pemenangnya.

Sudah sejak lama Indonesia mengikuti ajang Miss Universe ini, tentunya dengan balutan pakaian yang sangat mewah, elegan, dan dapat menggambarkan kebudayaan Indonesia.

Meskipun kali ini Indonesia belum berhasil menjadi pemenang, para perwakilan dari Indonesia tetap tampil memukau dengan deretan baju karya desainer yang sangat elegan dan tampak mewah. Seperti apa saja kah pakaian yang digunakan oleh perwakilan Indonesia dalam ajang Miss Universe selama 3 tahun belakangan ini?

Yuk, simak 7 potret gaun cantik di ajang Miss Universe yang telah Popmama.com rangkum berikut ini:

1. Tampil fresh dengan tema tropical vibes

1. Tampil fresh tema tropical vibes
Instagram/soniafergina

Sonia Fergina Citra menjadi perwakilan dari Indonesia pada ajang Miss Universe tahun 2018 dan berhasil menempati posisi 20 besar dalam ajang internasional tersebut.

Ia terlihat mengenakan pakaian yang mengusung tema “Tropical vibes” dengan dominan warna biru dan dihiasi dengan motif berwarna kuning ini merupakan rancangan dari desainer Tommy Pancamurti.

Pemilihan warna ini juga memiliki arti tersendiri, yaitu warna biru yang berarti komunikatif dapat dipercaya dan menenangkan, sedangkan warna kuning berarti ceria, optimis, dan juga menyenangkan.

Motif jeruk sendiri menggambarkan manfaat yang beragam untuk kesehatan dan juga kecantikan. Siluet gaun yang seksi namun tetap terlihat anggun ini mencerminkan keanggunan perempuan Indonesia yang modern dan siap membaur dan berkompetisi dengan dunia luar.

2. Gaun dengan keelokan burung cendrawasih

2. Gaun keelokan burung cendrawasih
Instagram/soniafergina

Salah satu hal yang menarik perhatian dari Miss Universe ini adalah peragaan dengan menggunakan kostum nasional yang mana dapat mencerminkan ciri khas suatu negara. Sonia tampak cantik dengan menggunakan kostum yang dirancang oleh Dynand Fariz dari Jember Fashion Carnaval.

Dengan tema The Bird of Paradise, Sonia terlihat menawan dan juga anggun saat melenggang di atas panggung. Kostum ini menampilkan keelokan burung cenderawasih atau yang seringkali dijuluki sebagai burung surga khas tanah Papua.

Kostum ini terlihat unik dengan replika burung cenderawasih yang ada di belakang kostum dan dapat bergerak. Warna kuning, merah maroon, dan putih menjadi satu kesatuan yang indah dan mencolok saat digunakan oleh Sonia.

Editors' Picks

3. Gaun emas yang mewah yang dibuat handmade oleh Tex Saverio

3. Gaun emas mewah dibuat handmade oleh Tex Saverio
Instagram/frederikacull

Pada tahun 2019, Frederika Alexis Cull menjadi perwakilan negara Indonesia pada ajang Miss Universe dan berhasil meraih posisi 10 besar. Dengan balutan dress berwarna emas, ia terlihat sangat anggun dan juga menawan.

Gaun ini di desain oleh Tex Saverio dan dibuat secara handmade. Gaun tersebut dibuat selama hampir 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang mendetail. Sulaman dan applique lasercut ini dijahit sendiri dengan menggunakan tangan yang dapat menampilkan karakter dari Frederika sendiri.

Gaun yang memiliki berat hampir 20 pon ini memiliki bagian detail yang rumit dan dapat memperlihatkan hasil yang menonjol namun tetap halus agar tidak tampak begitu berbobot.

Wah, luar biasa ya!

4. Menampilakan sosok perempuan yang kuat seperti Srikandi

4. Menampilakan sosok perempuan kuat seperti Srikandi
Instagram/frederikacull

Di tahun 2019, Frederika menggunakan pakaian untuk peragaan kostum nasional dengan mengusung tema Sang Wanita. Kostum ini terinspirasi dari tokoh pewayangan paling terkenal, yaitu Srikandi.

Memiliki model kebaya dengan sentuhan modern dan futuristik, kostum ini merupakan hasil rancangan dari Mayaratih Couture dan Morphacio Body Art. Dengan model kebaya yang didominasi dengan warna cokelat keemasan ini, Frederika dapat memberikan kesan kuat sebagai seorang perempuan Indonesia.

Perpaduan antara kain batik parang dengan sekar jagad ini dapat memberikan kesan khas negara Indonesia. Penampilan Frederika juga dilengkapi dengan aksesoris panahan seperti busur dan anak panah ini menjadi daya tarik tersendiri.

5. Warna hijau menggambarkan keindahan hutan hujan Indonesia

5. Warna hijau menggambarkan keindahan hutan hujan Indonesia
Instagram/ayumaulida97

Baru berakhir, perwakilan dari negara Indonesia di ajang Miss Universe 2020 adalah Raden Roro Ayu Maulida Putri yang berhasil menempati posisi top 21. Dengan menggunakan gaun dari desainer Diana Putri ini, Ayuma tampak mewah dan juga menawan.

Kesan megah dan juga mewah yang diberikan dari balutan gaun hijau zamrud ini berarti kekuatan dan keindahan dari hutan hujan di Indonesia. Kekayaan sumber daya alam dan hutan hujan di Indonesia dan warna emas yang melambangkan kekuasaan.

Ayuma tampil sebagai jantung ibu Pertiwi dan bersinar terang sebagai Dewi dan Ratu hutan hujan, yang merebut kembali kekuatan dan keindahannya dari kegundulan hutan dan berdoa untuk perubahan di masa depan.

6. Mewakilkan bintang yang bersinar dalam balutan Sebastian Gunawan

6. Mewakilkan bintang bersinar dalam balutan Sebastian Gunawan
Instagram/officialputeriindonesia

Dengan tema Stardust hasil karya dari desainer Sebastian Gunawan ini terinspirasi dari serpihan-serpihan bintang bersinar yang memiliki kilauan halus. Gaun ini membuat Ayuma terlihat menjadi lebih anggun dan juga menawan pada saat berjalan di atas catwalk.

Gaun ini juga berarti sebagai mimpi dan perasaan romantis yang ajaib dengan perpaduan dari warna emas dan juga perak.

Gaun yang digunakan oleh Ayuma ini seperti mengibaratkan Ayuma yang dapat menjadi bintang yang bersinar terang untuk Indonesia dalam ajang Miss Universe.

7. Gaun sequin 3D yang tampak unik dengan kostum bertema komodo

7. Gaun sequin 3D tampak unik kostum bertema komodo
Instagram/ayumaulida97

Untuk ajang Miss Universe ke-69 ini, Ayuma menampilkan kostum nasional dengan tema Komodo Dragon: An Indonesian Prehistoric Heritage.

Kostum mewah dan unik ini merupakan hasil kolaborasi antara fashion desainer Diana M Putri dari Diana Couture, Accessories Designers Yuling Yoo, dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design.

Gaun ini dibuat dengan sequin 3D berwarna hitam dan emas yang ditumpuk untuk memberntuk sisik komodo. Gaun ini memiliki 500 sisik realistik yang mirip dengan komodo dan dibuat dengan menggunakan tiga jenis warna dan logam yang berbeda dan kemudian disatukan.

Ayuma juga terlihat memiliki ekor yang dibuat menyerupai ekor komodo dan kepalanya dihiasi dengan headpiece berbentuk kepala komodo dengan leher yang menjulur.

Yang menjadi unik dari gaun ini adalah adanya sistem robotik yang merupakan penggabungan antara motor, sensorik dan mikrokontroler, serta cakar yang bisa menyala.

Nah, jadi itulah tujuh gaun unik dan menawan hasil karya berbagai desainer untuk pakaian yang digunakan oleh Sonia Fergina Citra, Frederika Alexis Cull, dan Raden Roro Ayu Maulida Putri untuk mengikuti acara bergengsi internasional, Miss Universe 2018, 2019, dan 2020.

Sangat unik dan menarik ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.