Bisa Dicegah, Ini 5 Tanda Rambut Mengalami Kerusakan

Apa Mama pernah mengalami salah satunya?

17 April 2021

Bisa Dicegah, Ini 5 Tanda Rambut Mengalami Kerusakan
Pexels/Masha Raymers

Rambut yang rusak dapat terlihat dengan berbagai cara, namun tidak terbatas hanya pada ujung rambut yang bercabang atau rambut yang rapuh saja. Pada kenyataannya, terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi kerusakan pada rambut.

Kerusakan pada rambut bisa saja terjadi karena terlalu sering mewarnai rambut atau mengikatnya setiap hari yang mana akan berdampak buruk pada rambut.

Oleh karena itu, Popmama.com telah merangkum 5 tanda-tanda rambut mengalami kerusakan. Ada apa saja ya?

1. Rambut yang rontok dan menipis

1. Rambut rontok menipis
Freepik/User20061941

Rambut yang rontok dan menipis adalah salah satu tanda kerusakan rambut yang paling umum dan seringkali di rasakan oleh banyak perempuan. Penipisan garis rambut bisa disebabkan oleh stres, usia, pengobatan berat, atau sesaat setelah melahirkan.

Rambut yang rontok juga bisa disebabkan oleh kulit kepala yang kotor, oleh karena itu ada baiknya jika selalu membersihkan rambut secara rutin. Pori-pori di kulit kepala tersumbat karena kotoran bisa dihilangkan dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang dapat memberikan nutrisi untuk membantu kekuatan rambut dari akar hingga ujungnya.

Editors' Picks

2. Ujung rambut yang bercabang

2. Ujung rambut bercabang
Freepik/Reportazh

Jika Mama memiliki ujung rambut yang langsung kering setelah berkeramas atau terjadi penipisan di sekeliling helai rambut, kemungkinan Mama memiliki ujung rambut yang bercabang.

Ujung rambut yang bercabang dapat disebabkan oleh cuaca atau kekeringan sehingga rambut membutuhkan kelembapan. Untuk mengatasinya, Mama bisa rutin menggunting bagian ujung rambut yang bercabang.

Jika Mama tidak ingin memotong bagian ujung rambut, Mama bisa menggunakan minyak pelembap sebanyak dua sampai tiga kali sepanjang hari untuk memberikan kelembapan dan kilauan pada rambut sekaligus menyegel nya.

3. Tekstur rambut yang kering dan kusam

3. Tekstur rambut kering kusam
Pinterest.com/Fab

Rambut yang kering dan rapuh biasanya disebabkan oleh kurangnya kelembapan mulai dari iklim hingga kualitas air yang digunakan pada saat berkeramas. Menggunakan sampo dan kondisioner yang melembapkan dapat membantu untuk mengatasi masalah ini.

Jika Mama sedang berada di luar ruangan dengan cuaca yang terlalu ekstrim, jangan lupa untuk selalu memakai kondisioner tanpa bilas yang dapat memberikan perlindungan dari sinar UV.

4. Rambut yang mengembang

4. Rambut mengembang
Freepik/Spukkato

Rambut yang mengembang di sebabkan oleh kerusakan pada lapisan kutikula rambut karena rambut mengalami kekeringan akibat lingkungan sekitar. Fungsi utama dari kutikula rambut adalah untuk menjaga kelembapan pada rambut.

Jika kutikula rambut rusak, maka rambut akan mengalami kekeringan dan juga kehilangan kelembapan nya sehingga akan membuat rambut menjadi mengembang.

5. Rambut mengalami kekusutan yang berlebihan

5. Rambut mengalami kekusutan berlebihan
Freepik.com

Ketika rambut mengalami kerusakan dan kurang lembap, maka lapisan luar pada batang rambut akan terangkat.

Bukannya terbentuk menjadi batang rambut yang halus, biasanya rambut yang terangkat ini akan lebih mudah membentuk simpul dengan helai rambut yang lainnya.

Rambut sendiri memiliki lapisan pelindung di tiap helai nya, jadi ketika pelindung tersebut rusak atau patah maka rambut akan memiliki ujung yang tajam dan kasar.

Untuk menghindari hal ini, Mama bisa tidur dengan menggunakan sarung bantal sutra dan handuk microfiber yang telah di cuci untuk melindungi rambut dari gesekan.

Nah, jadi itulah lima tanda-tanda rambut Mama mengalami kerusakan. Menjaga kesehatan rambut juga sama pentingnya dengan mengaja kesehatan kulit wajah.

Apakah Mama pernah mengalami salah satu dari tanda-tanda tersebut?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.