5 Tips Memakai Foundation untuk Kulit Kering agar Makeup Nggak Retak

Beberapa tips ini bisa sangat bermanfaat lho

14 Januari 2021

5 Tips Memakai Foundation Kulit Kering agar Makeup Nggak Retak
Freepik

Kulit wajah yang kering bisa menjadi masalah yang serius dan memakai foundation terkadang akan memperburuk keadaan karena dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Penting untuk diingat bahwa mengaplikasikan foundation tanpa memperbaiki masalah kulit kering akan memperburuk keadaan kulit.

Namun, jika Mama mengetahui cara memakai foundation dengan benar, memiliki kulit wajah yang kering bukanlah sebuah masalah.

Kali iniPopmama.comtelah merangkum 5 tips penting memakai foundation untuk Mama yang memiliki kulit kering. Yuk, disimak!

1. Melakukan eksfoliasi

1. Melakukan eksfoliasi
Freepik/valuavitaly

Eksfoliasi adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan semua sel kulit mati yang hanya memperburuk tampilan kulit kering. Daerah kulit yang paling rentan mengalami kekeringan adalah sekitar hidung dan lipatan di dagu. Sangat penting untuk menghilangkan kulit kering di area ini setiap malam.

Untuk membantu melembabkan kulit yang kering, Mama bisa melalukan hal sederhana berupa mencuci muka atau membasuh nya dengan menggunakan kain yang basah. Selain itu Mama bisa menggunakan alat untuk mengelupas lapisan kulit mati.

Editors' Picks

2. Gunakan pelembab dengan kandungan SPF

2. Gunakan pelembab kandungan SPF
Pexels/Shiny Diamond

Hal penting sebelum mengaplikasikan foundation adalah dengan menggunakan pelembab terlebih dahulu. Pelembab berfungsi untuk meng hidrasi kulit yang kering dan mengunci kelembapan yang ada pada kulit wajah.

Gunakanlah pelembab yang tidak mengandung bahan dasar minyak karena hanya akan membuat kulit Mama tampak berminyak. Selain itu, pelembab yang berbahan dasar minyak akan sulit untuk menyerap ke bagian lapisan dalam kulit.

3. Pilih foundation yang memiliki kandungan melembabkan

3. Pilih foundation memiliki kandungan melembabkan
Pexels.com/Shiny Diamond

Pilihlah foundation dengan bahan dasar yang dapat membuat kulit lebih lembab, bercahaya, dan ter hidrasi sehingga akan aman jika digunakan untuk kulit yang kering. Menggunakan foundation dengan formula mate hanya akan membuat makeup Mama menjadi pecah.

Jangan menggunakan foundation yang waterproof karena hanya akan membuat kulit menjadi lebih kering karena tidak dapat menyerap air ke dalam kulit wajah secara alami.

4. Menggunakan produk krim

4. Menggunakan produk krim
Freepik/user10841670

Bedak akan menyerap kelembapan dan dapat membuat kulit menjadi tampak lebih kering. Serpihan-serpihan bedak hanya akan membuat kulit semakin kering dan terlihat tidak sehat.

Untuk menghindari kulit yang semakin kering saat menggunakan makeup, coba untuk menggunakan produk yang berbahan dasar krim agar tetap menjaga kelembapan pada kuilt.

Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengaplikasikan produk krim menggunakan blender untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

5. Gunakan alat untuk mengaplikasikannya

5. Gunakan alat mengaplikasikannya
Pexels/Ray Piedra

Jangan mengaplikasikan foundation dengan menggunakan jari karena hal itu bukanlah hal yang paling efektif. Selain tidak higienis, mengaplikasikan foundation dengan menggunakan jari akan membuat foundation terserap ke bagian dalam kulit jari, dan hanya akan menyisakan sedikit untuk kulit wajah.

Gunakan alat bantu seperti kuas atau blender untuk mengaplikasikan foundation ke kulit wajah untuk mendapatkan hasil akhir yang rata dan halus sehingga kulit kering tidak akan terlihat.

Kulit kering memang seringkali menjadi masalah pada saat menggunakan makeup karena akan membuat hasil makeup menjadi pecah.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Mama bisa menggunakan setting spray untuk mempertahankan hasil makeup. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.