Bisa Sebabkan Iritasi, Jangan Gunakan Sheet Mask Lebih dari Anjuran

Jika pemakaian lebih dari anjuran produk sheet mask, kulit wajah bisa rentan alami iritasi lho

9 Maret 2020

Bisa Sebabkan Iritasi, Jangan Gunakan Sheet Mask Lebih dari Anjuran
Popmama.com/Onic Metheany

Sheet mask menjadi salah satu produk perawatan kecantikan yang populer saat ini. Banyak orang yang merasa menggunakan masker lembaran, dapat membuat kulit terasa kenyal dan berseri secara instan. 

Ditemui dalam peluncuran masker serum lembaran “Pro Youth Face Mask” dari L’Oréal Paris, dr. Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK, FINS-DV selaku Dermatologis yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) cabang Jakarta pada Kamis (27/2/2020) di Alila SCBD Jakarta mengatakan bahwa masker berfungsi sebagai sarana yang membawa bahan aktif ke dalam kulit, membantu melembapkan dan juga memberikan efek nyaman secara cepat.

Bukan hanya itu saja, dr. Litya juga menjelaskan fungsi dari masker lembaran yang bisa kita dapatkan jika rutin digunakan, tapi ingat pemakaiannya harus sesuai dengan anjuran lho. Yuk, cek fakta unik sheet mask dari dr. Litya yang berhasil Popmama.comrangkum berikut ini. 

Editors' Picks

1. Fungsi dan cara kerja sheet mask untuk wajah menurut Dermatologis

1. Fungsi cara kerja sheet mask wajah menurut Dermatologis
Dok. L'Oreal Paris Indonesia

Dalam presentasinya, dr. Litya mengatakan bahwa sheet mask berguna untuk melembabkan wajah secara cepat, jadi nggak perlu waktu lama ketika menggunakannya.

Sheet mask memiliki bahan seperti tisu dengan kandungan serum. Setiap produk sheet mask telah memiliki takaran serum tersendiri begitupula dengan produk "Pro Youth Face Mask” dari L’Oréal Paris.

Produk sheet mask ini memiliki kurang lebih satu botol takar atau 10 ml pada setiap kemasannya, jadi akan banyak tersisa serum pada kemasan yang bisa kita kumpulkan untuk digunakan dikemudian hari.

dr. Litya menambahkan cara kerja dari sheet mask adalah membuat serum lebih lama kontak dengan kulit sehingga membuat kulit terasa lebih lembab. Masker wajah yang optimal ditentukan oleh 2 faktor. Pertama adalah dari bahan pembuat masker wajah dan juga kandungan bahan aktif, misalnya Hyaluronic Acid. Hyaluronic acid dikenal mampu melembutkan, menghaluskan dan mencerahkan kulit untuk kulit tampak lebih muda dan menjaga elastisitas kulit wajah.

Salah satu fungsi masker yang baik adalah dapat menampung seluruh kandungan serum dalam bahan masker, sehingga dapat memberikan jumlah yang optimal untuk penyerapan di kulit selama pemakaian.

2. Jangan gunakan sheet mask lebih dari waktu yang dianjurkan

2. Jangan gunakan sheet mask lebih dari waktu dianjurkan
Dok. L'Oreal Paris Indonesia

Pernah nggak sih, saat menggunakan sheet mask terkadang kita lupa dan membiarkannya semalaman?

Mulai sekarang, hentikan kebiasaan ini ya karena hal ini justru tidak akan membuat kerja sheet mask efektif, bahkan bisa membuat wajah mengalami iritasi seperti kemerahan dan berjerawat. Menurut dr. Litya menggunakan sheet mask harus sesuai dengan anjuran pada kemasan sheet mask yaitu sekitar 15-20 menit. Sheet mask memiliki komponen air di dalamnya, kalau dibiarkan terlalu lama, air tersebut bisa jadi sarang bakteri.

"Sheet mask juga memiliki bahan pengawet yang menyebabkan tidak terkontaminasi saat di dalam kemasan, bahan pengawet ini salah satu yang bisa menyebkan wajah iritasi jika digunakan tidak sesuai dengan anjuran. Gunakan masker apapun sesuai dengan anjuran dari produsen," Ungkapnya. 

3. Cara terbaik menggunakan sheet mask

3. Cara terbaik menggunakan sheet mask
Dok. L'Oreal Paris Indonesia

Sheet mask menjadi salah satu produk perawatan kulit yang sangat praktis buat perempuan urban. Cara menggunakannya pun nggak ribet!

Pada wajah yang bersih, kita cukup memasangkan sheet mask pada wajah selama sekitar 15-20 menit, susai dengan anjuran produk sheet mask. 

Ketika kamu sibuk dan hampir tidak punya waktu untuk beristirahat, masker lembar sangat bagus karena dapat menggunakannya sebelum tidur.

Setelah menggunakan sheet mask, kamu nggak perlu repot mencucinya, karena serum yang terkandung akan meresap pada wajah dari mulai dahi hingga dagu. 

Setelah menggunakan sheet mask, tepuk-tepuk wajah dengan lembut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tyna Kanna Mirdad selaku Skin care enthusiast ternama juga memberikan tips dalam menggunakan masker.

“Sebagai seorang perempuan urban dengan banyak kegiatan, saya rajin untuk memakai masker wajah dua hingga tiga kali seminggu dan mencari produk dengan kandungan esens berlimpah dan mempunyai varian sesuai dengan kebutuhan. Setelah mencoba produk Pro Youth Face Mask, terbukti memberikan efek cerah dan tampak muda seketika. Selain itu yang menarik, bentuknya didesain sesuai dengan wajah Asia sehingga nyaman digunakan," katanya. 

Nah, itulah beberapa informasi seputar penggunaan sheet mask. Bagi kamu yang masih suka menggunakan sheet mask dari malam sampai pagi, think again!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.