6 Fakta Tentang Sheet Mask, Masker Lembaran yang Praktis!

Masker lembaran mengandung serum dan lebih praktis digunakan

2 Maret 2020

6 Fakta Tentang Sheet Mask, Masker Lembaran Praktis
Fleekr.com/Cushy Spa

Masker lembaran atau sheet mask kini sedang menjadi idola bagi para beauty junkie! Menggantikan masker berbentuk krim atau gel, masker lembaran kain ini sangat praktis dan dianggap dapat menutrisi kulit.

Buat kamu yang suka banget menggunakan sheet mask untuk perawatan kulit, berikut ini Popmama.com memberikan informasi menarik mengenai sheet mask. Baca sampai bawah ya!

1. Apa itu sheet mask atau masker lembaran?

1. Apa itu sheet mask atau masker lembaran
Fleekr.com/Cushy Spa

Masker lembar merupakan lembaran kain berbentuk wajah yang direndam dalam larutan serum yang sangat bernutrisi bagi kulit wajah.

Lembaran ini terdiri dari berbagai bahan seperti kertas, serat atau bahan jenis gel. Masker lembar ini berbeda dari masker wajah yang jenisnya seperti pasta, kamu hanya perlu menempelkan pada wajah, tepuk-tepuk masker agar serum menyerap pada kulit, setelah menggunakan masker kamu nggak perlu mencuci wajah seperti produk masker pasta.

Masker lembar umumnya digunakan sekali pakai. Sheet mask benar-benar praktis, nyaman, dan mudah digunakan.

2. Bagaimana cara memakai sheet mask sekali pakai?

2. Bagaimana cara memakai sheet mask sekali pakai
bustle.com

Menggunakan masker ini, gampang banget lho. Pastikan wajah dalam keadaan bersih, tempelkan masker selama 20-30 menit, lepaskan dan nikmati kesejukannya.

Kamu dapat menerapkannya sesering yang kamu inginkan. Saat kamu sibuk dan hampir tidak punya waktu untuk beristirahat, masker lembar sangat bagus karena kamu dapat menggunakannya sebelum tidur. Bonusnya, kamu nggak perlu repot-repot mencucinya setelah mengaplikasikan masker.

Saat menggunakannya, disarankan menggunakannya dimulai dari dahi dan tepuk lembut saat masket turun ke wajah sambil melapisi lubang untuk mata, hidung dan mulut.

Kamu dapat menggunakan masker lembar sesering mungkin, tetapi banyak yang menyarankan untuk menggunakannya tiga kali seminggu atau satu kali sehari untuk perawatan ekstra.

Editors' Picks

3. Dari mana asalnya masker jenis lembaran ini?

3. Dari mana asal masker jenis lembaran ini
cheapoguides.com

Masker jenis lembaran ini berasal dari Korea Selatan, kini masker jenis ini sangat populer di Asia dan sekitarnya.

Dilansir dari orgaid.com, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh NPD Group di Amerika Serikat menyatakan bahwa penjualan masker meningkat sekitar 60%, melampaui kategori lain dalam bisnis perawatan kulit.

4. Begini cara kerja sheet mask

4. Begini cara kerja sheet mask
alghad.com

Sebelumnya dijelaskan bahwa sheet mask direndam dengan serum yang pastinya banyak banget kandungan yang bermanfaat bagi kulit seperti asam hyaluronic dan vitamin.

Masker lembaran ini mencegah penguapan fase air dengan cepat dan memperpanjang jangka waktu bahan-bahan yang terkandung untuk menembus ke dalam kulit.

5. Manfaat menggunakan sheet mask bagi kulit

5. Manfaat menggunakan sheet mask bagi kulit
Pixabay/Silviarita

Serum yang terkandung dalam masker penuh dengan vitamin dan mineral. Serum tersebut nggak akan membuat kulit jadi kering dan berguna mencerahkan wajah.

Pada dasarnya, masker lembaran ini harganya tidak mahal dibandingkan pergi ke spa, nyaman, mudah diaplikasikan, dan membuat efek bercahaya pada kulit.

6. Adakah efek yang dirasakan setelah menggunakan masker ini?

6. Adakah efek dirasakan setelah menggunakan masker ini
Unsplash/Sarrah Gray

Masker lembaran ini bertujuan untuk menyehatkan kulit dari kandungan serum, berbeda dengan masker pasta yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran karena setelah mengaplikasikan masker harus dicuci dengan air. 

Masker lembaran mungkin tidak efektif untuk pengelupasan atau membersihkan kulit dibandingkan dengan masker dengan jenis pasta.

Disarankan untuk menggunakan sheet mask tidak lebih dari waktu yang dianjurkan oleh produk, karena jika lebih dari waktu yang ditentukan kemungkinan mengalami iritasi pada kulit setelah penggunaan sheet mask akan terjadi.

Kemerahan atau berjerawat menjadi iritasi yang kerap terjadi jika menggunakan sheet mask lebih dari 15 atau 20 menit. 

Itu dia keenaam fakta menarik dari masker lembaran yang tersedia di pasaran. Kamu sendiri lebih suka menggunakan masker lembaran atau masker dalam bentuk pasta?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.