Peneliti Pastikan Nutrisi Beras Bikin Rambut Tebal dan Antirontok

Beras bukan sekadar sumber karbohidrat yang bermanfaat untuk kesehatan, lho. Ok juga buat rambut!

18 Januari 2021

Peneliti Pastikan Nutrisi Beras Bikin Rambut Tebal Antirontok
Pexels/Nikolai Ulltang

Beras adalah kekayaan alam yang penuh nutrisi. Di dunia kecantikan, saripati beras sudah dipakai untuk membuat kulit wajah berseri, kenyal, dan mencegah penuaan.

Penelitian kemudian melanjutkan manfaat nutrisi beras ini untuk kecantikan. Salah satu yang ditemukan adalah minyak esensial beras bisa menjadikan rambut lebih kuat dan tebal! 

Sejumlah penelitian membuktikan keajaiban nutrisi beras ini. Salah satu penelitian mengulik rahasia kecantikan perempuan Jepang yang merawat wajah dan rambutnya dengan saripati beras. Bahkan, di Jepang, China, dan Asia Tenggara, pemakaian beras sudah menjadi tradisi sejak zaman lampau. 

Sebenarnya, bagaimana nutrisi beras bisa membuat rambut sehat? Simak ulasan dari Popmama.com berikut ini!

1. Sejarah penggunaan beras untuk kecantikan rambut

1. Sejarah penggunaan beras kecantikan rambut
Pxhere/CC0 Public Domain

Sebuah artikel di Medical News Today menuliskan sejarah pemakaian air beras untuk kecantikan rambut. Peneliti menemukan bahwa pada masa Heian, atau sekitar tahun 794-1185, perempuan di Jepang merawat rambut mereka dengan rendaman air beras.

Perempuan Jepang di masa itu dikenal dengan rambut mereka yang berkilau, panjang terurai hingga menyentuh lantai, dan kuat tanpa rontok. 

Di abad yang lebih modern, peneliti menemukan perempuan suku Yao, di Desa Huangluo di China, bisa memiliki rambut sepanjang rata-rata 2 meter berkat perawatan air beras. Peneliti juga menemukan bahwa rambut perempuan Yao hitam berkilau, tidak tumbuh uban sampai usia mereka menginjak 80 tahun! 

Penelitian-penelitian rahasia kecantikan kuno ini membuat peneliti modern menerapkannya di produk-produk kecantikan masa kini.

Tentu saja, merepotkan sekali untuk masyarakat modern merendam beras dan mandi air beras. Itu sebabnya, produk kecantikan yang menggunakan air beras menjadi tren saat ini. 

Editors' Picks

2. Kandungan nutrisi dalam beras yang bermanfaat untuk rambut

2. Kandungan nutrisi dalam beras bermanfaat rambut
Popmama.com/ Sandra Ratnasari
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Kandungan tepung dalam beras mengandung cukup banyak vitamin dan mineral. Zat-zat penting yang bermanfaat untuk kesehatan rambut di antaranya adalah: 

  • Asam Amino
  • Vitamin B
  • Vitamin E
  • Mineral dan antioksidan

Untuk mendapatkan manfaat zat-zat kaya gizi tersebut, Mama hanya perlu merendam beras sehingga saripati tepungnya keluar dan larut dalam air. Air rendaman beras itu bisa dipakai untuk menjaga kesehatan rambut. 

3. Manfaat nutrisi beras untuk rambut

3. Manfaat nutrisi beras rambut
Popmama.com/ Sandra Ratnasari
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Penelitian menemukan bahwa air rendaman beras yang dipakai secara rutin untuk mencuci rambut memberi khasiat: 

  • Mencegah rambut kusut:

Rambut yang kusut bisa menyebabkan meningkatnya kerontokan. Rambut kusut, kering dan kusam, menyebabkan sulit ditata dan disisir sehingga wajar semakin rontok. 

  • Helai rambut semakin lembut:

Rambut kusut bisa terjadi karena helai rambut kering. Dengan air beras, rambut menjadi semakin halus dan akibatnya bisa mengurangi rontok. 

  • Membuat rambut tambah berkilau:

Pada helai rambut yang lebih halus, kilau rambut akan semakin kelihatan. Senang kan punya rambut sehat yang halus, berkilau, dan mudah diatur. 

  • Membuat akar rambut semakin kuat:

Air beras membuat akar rambut semakin kuat sehingga tidak mudah rontok. Karena itu, rambut pun akan tampak lebih tebal dan sehat. 

  • Membuat rambut bisa tumbuh lebih panjang:

Rambut yang kering dan kusut, menyebabkan rambut mudah patah sehingga sulit tumbuh panjang dengan baik. Dengan air rendaman beras, rambut akan bertahan lebih lama sehingga bisa mencapai ukuran panjang yang diinginkan dengan lebih baik. 

4. Cara mendapatkan manfaat nutrisi beras untuk rambut

4. Cara mendapatkan manfaat nutrisi beras rambut
Pixabay.com/ JIb_Enjoy

Cara tradisional yang bisa dilakukan agar Mama bisa mendapatkan manfaat beras adalah dengan cara: 

  • Memakai air rendaman beras

Ambil 1/2 cup beras, cuci bersih, rendam dengan 3 cup air selama 30 menit. Saring beras dan gunakan airnya untuk keramas. 

  • Memakai fermentasi air beras

Fermentasi membuat antioksidan dalam beras semakin tinggi. Cara mendapatkan fermentasi air beras adalah dengan membiarkan air rendaman beras dari cara 1 selama 2 hari. Selama 2 hari itu, air beras akan terfermentasi dan lebih berkhasiat. 

  • Memakai air rebusan beras

Cara lain mendapatkan air beras adalah dengan menggodok beras dan mengambil air godokan yang telah mendidih dengan cara disaring. Air didihan beras yang sedikit kental mengandung nutrisi beras yang cukup tinggi dan bermanfaat. 

Cara memakai air beras untuk keramas: 

  • Basahkan rambut dan bubuhi sampo,
  • pijat perlahan kulit kepala dengan sampo,
  • setelah bersih, bilas kulit kepala dengan air beras, 
  • pijat perlahan kulit kepala dan diamkan selama 20 menit,
  • bersihkan sisa air beras dengan membilas bersih kulit kepala.

Apakah Mama merasa memakai air beras merepotkan? Nah, di zaman modern sekarang ini, sudah ada sampo antirontok yang mengandung saripati beras.

“Retinol, Niacinamide, dan rice essence adalah bahan ajaib untuk perawatan kulit dan rambut. Membubuhkan Japanese Rice Oil Essences dalam produk sampo kami akan menjadi jawaban untuk keinginan siapapun yang berharap rambutnya tebal dan kuat,” kata Ovidia Nomia, Communication Director Beauty Care P&G Indonesia, produsen sampo Pantene. Brand sampo ini membubuhkan rice oil essences di produk mereka sehingga bisa menambah kekuatan dan ketebalan rambut. 

Mau coba, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.