Cocok untuk Suami! Ini 5 Skincare Dasar untuk Merawat Wajah Laki-Laki

Kalau si Papa jadi bening, Mama juga kan yang happy?

15 Oktober 2020

Cocok Suami Ini 5 Skincare Dasar Merawat Wajah Laki-Laki
Freepik/drobotdean

Tak hanya kaum hawa saja yang membutuhkan perawatan wajah seperti skincare, laki-laki pun juga membutuhkannya.

Polusi di luar ruangan, sinar matahari, konsumsi makanan yang mengandung minyak, hingga sinar biru pada gadget mungkin saja dapat membuat masalah pada kulit wajah si Papa.

Sebagai istri yang baik, Mama juga harus memerhatikan dan membantu si Papa merawat wajahnya. Tak perlu skincare yang lengkap dan mahal. Hanya dengan 5 produk ini, dijamin kulit si Papa dapat lebih sehat.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut Popmama.com telah merangkum kelima skincare dasar laki-laki yang cocok diaplikasikan pada suami.

1. Rutin mencuci muka dengan sabun wajah khusus

1. Rutin mencuci muka sabun wajah khusus
Freepik/User3008571

Jika biasanya si Papa masih menggunakan sabun mandi untuk wajahnya, maka kini segera hentikan ya Ma! Sebaiknya, rawatlah kulit Papa dengan mulai mencuci muka dengan sabun wajah khusus.

Ada dua jenis produk dari rangkaian skincare ini, yaitu facial foam dan facial wash. Keduanya memiliki fungsi berbeda yang disesuaikan dengan tipe kulit.

Jika facial foam adalah sabun muka yang bertekstur busa untuk kulit berminyak dan berjerawat, maka facial wash adalah sabun cuci muka yang cocok untuk laki-laki dengan jenis kulit kering.

Saat mengaplikasikan sabun pembersih wajah, baik facial foam maupun facial wash, pastikan wajah dipijat secara lembut selama kurang lebih satu menit, guna memperlancar alirah darah dan membuat wajah tampak awet muda.

Sebagai rekomendasi, berikut beberapa sabun pembersih wajah untuk laki-laki yang bisa Papa gunakan:

  • Innisfree Forest for Men
  • Nivea Men
  • Senka Perfect Whip
  • The Body Shop Guarana & Coffee Energising Cleanser
  • Vaselin Men

Editors' Picks

2. Gunakan face toner agar penggunaan skincare dapat lebih optimal

2. Gunakan face toner agar penggunaan skincare dapat lebih optimal
Freepik/user3008571

Rekomendasi skincare untuk laki-laki selanjutnya adalah menggunakan face toner setelah mencuci wajah.

Step yang satu ini bisa dibilang wajib, pasalnya fungsi dari face toner sendiri yakni untuk mengoptimalkan pengaplikasian skincare selanjutnya, serta mengangkat sisa kotoran atau debu yang masih menempel di wajah.

Selain itu, dengan rutin menggunakan face toner, wajah pun akan tetap lembap dan sehat. Sebagai rekomendasi, berikut beberapa daftar face toner untuk laki-laki:

  • Innisfree for Men Fresh Skin
  • Kiehl's Facial Fuel Energizing Tonic
  • L'oreal Men Expert Hydra Energetic Energising Powered Water
  • The Face Shop The Fresh for Men

3. Aplikasikan moisturizer atau pelembap wajah

3. Aplikasikan moisturizer atau pelembap wajah
Pexels/Linda Prebreza

Setelah menggunakan face toner, jangan lupa untuk mengaplikasikan moisturizer atau pelembab wajah. Produk ini juga termasuk dalam rekomendasi skincare untuk laki-laki, lho!

Tujuannya, agar wajah tidak kering apalagi kusam. Tak perlu takut akan formulanya, karena moisturizer sendiri diciptakan berdasarkan tipe kulit masing-masing, mulai dari normal, kering, hingga minyak.

Sehingga si Papa pun bisa menggunakan produk ini di pagi dan malam hari sesuai dengan tipe kulit maupun kebutuhan. Sebagai pertimbangan, berikut beberapa rekomendasi moisturizer untuk laki-laki:

  • Biokos Men Advance Hydra Energizing Daily Moisturizing Cream
  • Garnier Men Power White Moisturizer
  • Kiehl's Facial Fuel Heavy Lifting Anti-Aging Moisturizer
  • Vaseline Men Face Oil Control Face Moisturizer

4. Wajib gunakan sunscreen saat beraktivitas di luar rumah

4. Wajib gunakan sunscreen saat beraktivitas luar rumah
Freepik/jcomp

Rekomendasi skincare selanjutnya untuk laki-laki agar bebas kilap adalah dengan menggunakan sunscreen ketika beraktivitas di luar rumah. Bukan tanpa alasan, sunscreen akan melindungi wajah dari paparan sinar matahari langsung.

Terlebih jika Papa sering melakukan pekerjaan lapangan, jangan sampai mengabaikan step ini ya, kalau tidak ingin efek buruk sinar UV menyerang kulit. Sebagai referensi, berikut rekomendasi sunscreen untuk laki-laki:

  • Banana Boat Aloe Vera Gel
  • Banana Boat Protect & Hydrate 2 in 1 SPF 50
  • Biore UX Aqua Rich Watery Essence
  • Cetaphil
  • Nivea Sun Protect and Moisturizer SPF 50

5. Gunakan masker wajah 2 hingga 3 kali dalam seminggu

5. Gunakan masker wajah 2 hingga 3 kali dalam seminggu
Freepik/free picture

Siapa bilang masker wajah hanya boleh digunakan oleh perempuan? Para laki-laki pun sebetulnya sangat disarankan untuk menggunakan masker wajah minimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Masker wajah khusus laki-laki ini bermanfaat untuk mengangkat minyak berlebih ataupun meregenerasi kulit mati agar wajah tetap terlihat segar dan glowing. Mama bisa memakaikan masker pada wajah Papa saat malam hari.

Pemilihan jenis masker pun harus diperhatikan dengan jeli. Jika Papa memiliki masalah komedo pada wajah, maka pilihlah masker peel-off.

Sebaliknya, kalau Papa merasa sedang mengalami jerawat meradang, gunakanlah masker berbahan organik karena kandungannya lebih ringan. Untuk lebih jelasnya, berikut rekomendasi masker wajah untuk laki-laki:

  • Jafra Spa Mud Mask
  • Nature Republic Real Comforting Mask Sheet Collagen
  • The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Clay Mask
  • The Face Shop Real Nature Bamboo Face Mask

Nah, itulah kelima rekomendasi skincare untuk laki-laki agar kulit wajah tetap sehat dan bebas kilap meski sering beraktivitas di luar rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.