10 Ide Upcycling Baju Lama Menjadi Lebih Stylish a la Diana Rikasari

Berani coba di rumah?

4 Maret 2020

10 Ide Upcycling Baju Lama Menjadi Lebih Stylish a la Diana Rikasari
Instagram.com/dianarikasari

Siapa yang tak kenal dengan Diana Rikasari?

Mama dari dua orang anak yang juga berprofesi sebagai entrepreneur dan fashion designer ini baru-baru saja membuat publik terperangah dengan hasil upcycling busana lamanya menjadi baru dan lebih stylish.

Upcycling sendiri merupakan salah satu langkah dalam fashion circular economy, di mana barang-barang fashion yang sudah ada akan dimodifikasi dan didesain ulang sehingga menjadi baru dan menarik lagi.

Tak main-main, baju lama yang ia upcycling menjadi jauh berbeda dari sebelumnya, dan yang pasti menjadi jauh lebih bernilai seni tinggi.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan hasil dan proses upcycling baju lama menjadi baru dan menarik a la Diana Rikasari, berikut Popmama.com telah merangkum 10 tampilannya.

1. Sulap vintage cardigan menjadi varsity jacket

Hasil upcycling busana yang pertama adalah menyulap vintage cardigan menjadi varsity jacket.

Tak habis pikir, sebuah cardigan lama yang kuno ternyata bisa dibuat sedemikian unik dan kekinian oleh perempuan berusia 35 tahun tersebut.

Pada foto unggahan hasilnya di Instagram, Diana menjelaskan bahwa setahun yang lalu ia membeli vintage cardigan tersebut di pasar seharga 5 dolar.

Kini, vintage cardigan tersebut berubah menjadi varsity jacket yang kekinian dan sangat bernilai! 

2. Ubah celana jeans menjadi denim jumpsuit

Selanjutnya adalah denim jumpsuit dari potongan celana jeans lama. Jika kamu memiliki banyak celana jeans yang sudah tak terpakai, jangan segera dibuang karena kamu bisa mengubahnya menjadi denim jumpsuit yang unik dan kekinian.

Sebagai aksen tambahan pada jumpsuit, Diana tak lupa menambahkan fringe pada bagian lututnya.

Sedangkan di bagian belakang, Diana menempelkan bordir berbentuk bunga mawar merah yang membuat denim jumspuitnya semakin cantik.

3. T-shirt biasa menjadi luar biasa!

Bosan dengan t-shirt lama yang modelnya itu-itu saja?

Ubahlah menjadi tulle t-shirt yang kekinian! Kamu bisa mencontek langkah-langkah membuat tulle t-shirt yang super cute dari unggahan Instagram Diana Rikasari.

Tak hanya menambahkan tulle biasa, Diana sebelumnya membentuk tulle tersebut menjadi flare terlebih dahulu agar t-shirt menjadi lebih bervolume.

4. Baju lama disulap menjadi rok super cantik

Jangan dulu buang baju bekasmu, karena kamu bisa mengubahnya menjadi rok mini cantik yang kekinian.

Meski memadukan sekaligus dua motif pada satu rok, Diana tetap memilih warna yang masih coordinated satu sama lain, yakni warna peach.

Sebagai statement pada rok mininya, Diana pun tak lupa menambahkan ruffle sebagai efek dramatis.

Editors' Picks

5. Potongan kain bekas menjadi crop top tulle

Punya potongan kain bekas yang tak terpakai? Manfaatkan menjadi baju baru yang unik dan menarik!

Kembali menggunakan tulle, Diana Rikasari kali ini membuat crop top cantik dengan warna dasar hitam. Meski begitu, ia tetap menunjukan 'identitas' pelangi-nya dengan potongan kain di bagian depan t-shirt.

Tak lupa, ia kembali menambahkan aksen ruffle pada bagian lengan dan bawah t-shirt.

6. Basic denim jacket menjadi lebih berwarna

Denim jacket berwarna biru tua atau biru muda sudah biasa, namun jika denim jacket berwarna pelangi dan terdapat sentuhan ruffle, bagaimana jadinya?

Ya, bagi kamu yang bosan dengan model denim jacket yang itu-itu saja, maka upcycling baju lama yang satu ini bisa banget kamu coba!

Dengan kreativitasnya, Diana bisa mengubah basic denim jacket menjadi super cute dengan statement colorful ruffle di bagian leher dan lengan.

7. Upcyling batik menjadi lebih pop up!

Salah jika kamu berpikir batik hanya bisa dikenakan di acara formal! Persepsi kuno tersebut dipatahkan oleh Diana Rikasari yang berhasil membuat batik menjadi lebih pop up dan colorful.

Kali ini, ia menggabungkan tunik polos, kain batik, dan beberapa motif kain untuk dijadikan sebuah dress batik yang unik dan bernilai seni tinggi.

Wajib coba di rumah, nih!

8. Menyulap blouse polos menjadi baju sailor moon

Tunik polos terdengar sangat kuno, bukan? Tenang, karena Diana Rikasari punya solusinya!

Ya, fashion blogger yang satu ini berhasil mengubah tunik polos berwarna pink menjadi crop top bernuansa sailor moon yang cantik.

Cocok untuk kamu yang girly, nih.

9. Bohemian tunik dengan sentuhan warna pelangi

Biasanya baju bohemian identik dengan warna coklat dan warna-warna tanah lainnya, namun hal tersebut tak berlaku pada Diana Rikasari.

Lagi-lagi, ia menciptakan busana unik dari dua baju lamanya. Kali ini, ia menggabungkan busana lama bernuansa Pakistan dengan denim polos menjadi sebuah bohemian tunik yang keren.

Cocok untuk busana nonton konser bareng sahabat, nih!

10. Rainbow tulle top dan loose jumpsuit

Terakhir adalah dua busana sekaligus, rainbow tulle top dan loose jumpsuit. Kembali memanfaatkan tulle, Diana Rikasari membuat tulle top transparan dengan ornamen pelangi yang cantik.

Selain itu, Diana juga membuat jumpsuit vintage yang dipadukan dengan kemeja berwarna pink. Untuk melihat proses pembuatannya, langsung slide saja ke unggahan Diana Rikasari yang satu ini.

So stunning!

Nah, itulah 10 ide upcycling baju lama menjadi baru dan lebih stylish.

Selamat mencoba dan semoga menginspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.