Wow! Ini 7 Tips Kecantikan "Unik" yang Bisa Dipelajari dari Anak-Anak

Ternyata, hanya ini kunci riasan cantikmu!

24 Maret 2020

Wow Ini 7 Tips Kecantikan "Unik" Bisa Dipelajari dari Anak-Anak
Freepik/jcomp

Menjadi dewasa terkadang membuat perempuan terbatas dalam mengekpresikan diri. Salah satu keterbatasan ekspersi yang dirasakan oleh sebagian perempuan adalah berekspersi dalam merias wajah.

Jika saat kecil dulu, beberapa perempuan mungkin bisa bebas merias wajah mereka sekreatif mungkin. Namun saat dewasa, mereka justru seakan dibatasi oleh pakem kecantikan yang secara tidak langsung dibuat oleh lingkungan dan sosial.

Meski begitu, pada dasarnya, riasan yang indah bukanlah makeup wajah flawless atau makeup wajah bold. Riasan yang indah ialah mekeup yang kamu buat sendiri sesuai dengan jati dirimu.

Dilansir dari laman beauty.allwomenstalk.com, berikut Popmama.com telah merangkum 7 tips makeup yang bisa kamu pelajari dari anak-anak. Catat!

1. Bersenang-senanglah dengan makeup!

1. Bersenang-senanglah makeup
Freepik/free photo

Makeup bukan hanya sekedar untuk mempercantik diri, makeup juga ditujukan untuk membuat dirimu senang saat melihatnya di cermin. Ingat, menjadi menarik untuk orang lain bukanlah tugasmu.

Kamu hanya bertugas untuk membuat dirimu bahagia dengan makeup yang kamu kenakan. Jika kamu bahagia, kebahagiaan itu pun pasti akan tertular pada orang lain.

Contohlah anak-anak yang bisa dengan bebasnya memoleskan makeup di wajah mereka tanpa harus memikirkan pendapat orang lain. Terkadang, kamu juga harus menjadi seperti mereka!

2. Jadilah diri sendiri

2. Jadilah diri sendiri
Freepik/jcomp

Jangan hanya terpaku pada riasan flawless, bold, no makeup look atau sebagainya. Jangan hanya terpaku pada tren yang sudah ada. Jadilah diri sendiri dan buatlah trenmu sendiri!

Jika kamu hanya suka merias wajah pada bagian bibir, lakukanlah. Jika kamu lebih suka merias wajah pada semua bagiannya, maka lakukan juga lah. Jadilah dirimu sendiri, sama seperti saat kamu kecil dulu.

3. Jangan pikirkan tanggapan orang lain

3. Jangan pikirkan tanggapan orang lain
Freepik/free photo

Mengapresiasi pendapat dari orang lain tentang dirimu memang sebaiknya dilakukan. Namun, kamu tetap harus menyaring pendapat mana yang bisa diterapkan dan mana yang tidak.

Ingat, tak semua saran yang diberikan orang lain bisa cocok denganmu. Kamulah satu-satunya orang yang tahu betul tentang dirimu, maka percayalah pada diri sendiri.

Jadilah anak-anak yang bebas merias wajah mereka tanpa memikirkan tanggapan orang lain.

Editors' Picks

4. Rias juga rambutmu!

4. Rias juga rambutmu
Freepik/free photo

Jangan tanggung-tanggung, selain merias wajah, rias pula rambutmu. Untuk mendapatkan suasana baru, kamu mungkin bisa mencoba beberapa gaya rambut baru atau bahkan warna rambut baru.

Jangan takut dibilang tomboy saat memotong pendek rambutmu. Jangan pula takut dibilang norak saat mengecat rambutmu dengan warna terang. Ingat, sekali lagi, jadilah dirimu sendiri.

5. Jangan paksakan diri

5. Jangan paksakan diri
Freepik/free photo

Bosan merupakan hal yang wajar dialami oleh seseorang. Maka dari itu, saat kamu lelah atau jenuh dengan semua aktivitas kecantikanmu, jangan ragu untuk beristirahat.

Tinggalkan sejenak rutinitasmu dan jadilah dirimu senatural mungkin. Jadilah seperti anak-anak yang selalu meluangkan waktu untuk beristirahat ketika mereka lelah ataupun bosan dengan aktivitasnya.

6. Bersihkan wajah setelah mengaplikasikan makeup

6. Bersihkan wajah setelah mengaplikasikan makeup
verywellhealth.com

Sama saat kita kecil dulu, setelah bermain makeup, pasti Mama selalu meminta kita untuk membersihkan wajah dan mencuci muka. Kebiasan tersebut tidak boleh ditinggalkan saat dewasa.

Kamu tetap harus membersihkan wajah dan cuci muka setelah mengaplikasikan makeup agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga. Kamu tidak ingin jerawat dan komedo bersarang di wajahmu, bukan?

7. Buat dirimu bersinar!

7. Buat dirimu bersinar
3roos.com

Terakhir, buatlah dirimu bersinar. Saat kecil, kamu pasti senang sekali dengan warna-warni dan kilau glitter bukan? Jangan sampai kecintaanmu pada glitter memudar saat dewasa.

Jika kamu menyukainya, jangan ragu aplikasikan glitter pada beberapa bagian wajah untuk membuatmu bersinar. Sedikit berlebihan juga tidak apa-apa selama kamu menyukainya.

Nah, itulah ketujuh tips kecantikan "unik" yang dapat dipelajari dari anak-anak.

Semoga dapat membuka pikiranmu, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.