Anti Bau! Ini Cara Menjaga Rambut Tetap Harum Saat Berhijab

Jangan sampai bikin malu ya!

23 Agustus 2019

Anti Bau Ini Cara Menjaga Rambut Tetap Harum Saat Berhijab
Pexels/walking photographer

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Kutipan tersebut mungkin terdengar tidak asing bagi kamu. Sejak dahulu, kebersihan memang sudah menjadi prioritas utama setiap orang, bahkan kebersihan juga dikait-kaitkan dengan keimanan seseorang.

Berbicara mengenai kebersihan dan keimanan, maka hal yang saat ini melekat pada perempuan muslim adalah kebersihan rambut yang berhijab.

Nyatanya, tidak jarang bahwa kebanyakan perempuan yang mengenakan hijab memiliki masalah bau pada rambut dikarenakan keringat yang menumpuk dan kurangnya sirkulasi udara didalamnya.

Masalah tersebut memang seakan remeh, namun dampaknya dapat berpengaruh pada kepercayaan diri seseorang hingga pada kualitas beribadahnya.

Jika berbau, bagaimana ia bisa memastikan bahwa dirinya bersih dan terhindar dari najis?

Nah, jika kamu memiliki masalah yang sama, maka jangan khawatir, kali ini Popmama.comakan memberikan 7 tips mudah agar rambutmu tetep wangi meski mengenakan hijab seharian.

Check this one out!

1. Keramas secara rutin

1. Keramas secara rutin
Unsplash/charisse kenion

Keramas memang kegiatan paling ampuh yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari rambut yang bau. Maka dari itu, usahakan untuk keramas setiap 2 hari sekali.

Dengan mengeramas rambut, maka minyak dan bau yang menempel dapat luruh dengan mudah sehingga kamu pun akan nyaman saat mengenakan kerudung dalam keadaan rambut yang bersih dan wangi.

Jika kamu merasa keringat di kulit kepalamu cukup berlebih, maka gunakan sampo dengan wangi yang kuat agar lebih tahan lama menempel di rambutmu.

Mulai sekarang, jangan pernah malas untuk melakukan rutinitas yang satu ini ya!

2. Keringkan rambut sebelum memakai hijab

2. Keringkan rambut sebelum memakai hijab
Unsplash/element5 digital

Poin yang satu ini lah yang paling sering di acuhkan oleh sebagian perempuan. Kebanyakan dari mereka malas mengeringkan rambut, sehingga mereka langsung mengenakan ciput dan hijabnya saat rambutnya masih dalam keadaan basah setelah keramas.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, maka ada baiknya jika kamu memberikan jangka waktu lebih banyak untuk mengeringkan rambut sebelum kamu bersiap-siap pergi.

Berilah jangka waktu kurang lebih 30 menit untuk mengeringkannnya dengan hair dryer. Dengan memberikan jangka waktu lebih, kamu jadi tidak perlu terburu-buru, kan?

3. Aplikasikan dry shampoo jika tidak sempat keramas

3. Aplikasikan dry shampoo jika tidak sempat keramas
Flickr.com/maria morri

Ada saatnya ketika kamu malas atau dikejar oleh waktu sehingga kamu tidak sempat untuk keramas.

Jangan khawatir rambutmu akan bau, karena kini kamu dapat mengaplikasikan dry shampoo untuk menggantikannya.

Gunakanlah dry shampoo pada area rambut yang berminyak dan berbau. Hanya dengan hitungan detik, voila rambutmu akan segera harum dan pastinya bebas minyak!

Editors' Picks

4. Rawat kebersihan rambut dengan bahan alami

4. Rawat kebersihan rambut bahan alami
Unsplash/barbara montavon

Merawat rambut agar tetap wangi dan tidak bau bukan hanya dengan sampo. Kamu juga dapat merawatnya dengan bahan-bahan alami.

Salah satunya adalah dengan cuka apel, jeruk, tomat, hingga baking soda. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, maka rambutmu bukan hanya wangi namun rambutmu pun dapat tumbuh dengan sehat.

5. Perhatikan kondisi ciput

5. Perhatikan kondisi ciput
Pexels/walking photographer

Ciput merupakan dasar dari hijab. Ciput yang akan menempel langsung pada rambut dan kulit kepala agar tidak licin saat mengenakan hijab.

Mengingat penggunaannya yang langsung menyentuh kulit kepala dan rambut, maka bukan tidak mungkin jika ciput lebih cepat bau.

Maka dari itu, gantilah ciput setaip 2 hari sekali atau saat ciputmu sudah berbau tidak sedap. Dengan begitu, rambutmu pun jadi tidak akan bau dan kamu akan tampil modis dan percaya diri.

6. Pilih bahan hijab yang mudah menyerap keringat

6. Pilih bahan hijab mudah menyerap keringat
Unsplash/jenko ferlic

Bukan hanya hijab, kamu juga perlu memilih bahan hijab yang mudah menyerap keringat. Bahan yang panas hanya akan membuatmu berkeringat dan bau rambut.

Maka dari itu, pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat untuk aktivitas yang padat. Namun jika aktivitas hanya di dalam ruangan, maka tidak ada masalah jika kamu menggunakan hijab dengan bahan yang tidak menyerap keringat.

Sesuaikan saja dengan kondisimu ya!

7. Gunakan parfum dari awal, bukan setelah berbau

7. Gunakan parfum dari awal, bukan setelah berbau
Unsplash/jessica weiller

Jangan kira jika kamu menyemprotkan parfum maka bau yang menempel akan sirna. No, justru itu hanya akan membuat aromanya semakin tidak sedap.

Maka dari itu, ada baiknya jika kamu menyemprotkan parfum sebelum kamu memakai hijab dan ciput. Jangan tunggu berkeringat dulu ya!

Nah, itulah ketujuh tips agar rambut tetep harum dan tidak berbau saat mengenakan hijab. Jangan sampai membuat orang disekitarmu terganggu akan bau yang tidak sedap ya, apalagi jika itu sudah mengganggu kepercayaan dirimu.

Selamat mencoba!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;