Salah Potong Rambut Sendiri? Tenang, Perbaiki dengan 5 Cara Ini

Beberapa cara ini bisa memperbaiki tampilan rambut Mama yang mungkin tampak kacau

24 November 2020

Salah Potong Rambut Sendiri Tenang, Perbaiki 5 Cara Ini
Freepik/yanalya

Pandemi mungkin masih membuat mengurungkan niat Mama memotong rambut di salon. Untuk itu, memotong rambut sendiri di rumah menjadi solusinya. Sayangnya, kesalahan kerap kali terjadi. Entah poni yang terlalu pendek atau potongan tidak rata.

Malu dengan hasil salah potong rambut yang mungkin tampak tidak karuan? Tak perlu begitu, Ma. Sebab, beberapa penata rambut memiliki saran untuk mengatasi masalah tersebut. Popmama.com akan memaparkannya di bawah ini.

1. Perhatikan potongan apa yang salah atau yang tidak Mama sukai

1. Perhatikan potongan apa salah atau tidak Mama sukai
Freepik

Langkah pertama untuk mengatasi salah potong rambut adalah dengan mencari tahu kesalahan atau bagian yang hasilnya Mama tidak suka. Apakah potongannya lebih panjang sisi kanan daripada sisi kiri atau poni yang terlalu pendek.

Menurut penata rambut yang berbasis di NYC, Dhiran Mistry, jika Mama merasa potongan rambut terlalu pendek, gunakan ikat kepala atau aksesori rambut yang lucu untuk menutupinya hingga rambut tumbuh kembali.

Memasang hair extension juga bisa membantu memperindah kesalahan sehingga rasa kesal akibat salah potong rambut berkurang.

Editors' Picks

2. Gunakan gunting yang benar-benar tajam dan khusus untuk rambut

2. Gunakan gunting benar-benar tajam khusus rambut
indonesian.alibaba.com

Apakah Mama menggunakan gunting yang biasa digunakan untuk memotong kerajinan tangan atau kemasan makanan? Jika iya, jangan gunakan lagi saat akan memperbaiki potongan rambut yang salah.

Gunting tumpul seperti itu, tidak akan memberikan hasil potongan yang bagus. Gunting dapat menekuk rambut atau mendorong bagian yang Mama potong sehingga kemungkinan hasil potongannya tidak rata.

Seorang penata rambut dan spesialis warna rambut yang tinggal di Los Angeles dan Kansas City, Cherilyn Farris, merekomendasikan gunting khusus rambut atau gunting yang benar-benar tajam untuk mengatasi salah potong rambut.

Meskipun harganya lebih mahal, tapi Mama akan mendapatkan hasil yang cukup sepadan. Tapi jika ingin menggunakan gunting biasa, rawat guting tersebut dengan disimpan dalam wadah dan gunakan hanya untuk memotong rambut saja.

3. Memakai sampo kering untuk membantu memperbaiki poni

3. Memakai sampo kering membantu memperbaiki poni
amazon.com

Jika kesalahan pemotongan hanya terdapat pada poni, Mama tak perlu persiapan rumit untuk memperbaikinya. Hanya lakukan pemotongan seperti biasa.

Deana Morton, stylist di Rock Paper Salon di Los Angeles, menyarankan agar tidak menyisir poni ketika memperbaiki potongannya. Mama bisa memakai sampo kering atau dry shampoo untuk memudahkan proses mengatasi salah potong rambut.

Sampo kering menyegarkan dan dapat menyerap semua minyak yang lebih kuat di akar. Pastikan pula Mama tidak membasahi poni karena rambut yang basah elastis dan akan menyusut saat mengering.

4. Lakukan potongan perbaikan secara bertahap untuk menemukan kesalahan kecil

4. Lakukan potongan perbaikan secara bertahap menemukan kesalahan kecil
Freepik

Saat mengatasi salah potong rambut, lakukan prosesnya secara bertahap agar hasilnya baik.

Farris meminta untuk memulai dengan menentukan panjang rambut yang Mama inginkan dengan mengambil sejumput kecil rambut di bagian tengah poni sebelum menambah lebih banyak rambut. Ini akan menjaga kekencangan rambut tetap stabil saat dipotong.

Untuk mengontrol bagian rambut yang akan dipotong, jangan menariknya terlalu banyak sehingga untuk sementara Mama akan memaksa pola pertumbuhan ke posisi baru karena mereka tidak akan terletak seperti itu secara alami.

Kerjakan dari bagian-bagian kecil untuk menemukan kesalahan dan menjaga konsistensi panjangnya.

5. Terima bahwa rambut membutuhkan waktu untuk kembali tumbuh

5. Terima bahwa rambut membutuhkan waktu kembali tumbuh
Freepik/Yanalya

Satu hal yang perlu Mama lakukan saat mengatasi salah potong rambut adalah menerimanya dan menyadari bahwa rambut membutuhkan waktu untuk tumbuh kembali.

Mistry mengatakan bahwa potongan rambut yang tidak rata atau terlalu pendek mungkin tidak akan sempurna saat diperbaiki pertama kali. Ini memerlukan sedikit pertumbuhan agar bisa diperbaiki secara sempurna, sekalipun dilakukan di salon.

Sudah siap untuk memulai perbaikan salah potong rambut? Semoga tips tadi membantu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.