Potongan Poni yang Sesuai dengan Bentuk Wajah Kamu

Cek dulu bentuk wajah Mama, lalu sesuaikan dengan potongan poni agar tampak mengagumkan

27 Juni 2020

Potongan Poni Sesuai Bentuk Wajah Kamu
Freepik

Siap hadapi new normal dengan penampilan baru? Ya, memotong poni bisa menjadi salah satu perubahan penampilan yang cukup menarik perhatian. Mama akan merasa menjadi diri yang baru dan lebih semangat menghadapi hari baik di rumah maupun di kantor.

Namun, jangan sampai salah memilih model poni ya, Ma. Tidak ingin dahi Mama tampak lebar jika salah memilih model poni, kan?

Supaya tampilan lebih kece, Mama bisa menyesuaikan potongan poni dengan bentuk wajah. Meskipun menurut Jon Reyman, penata rambut dan pendiri salon Spoke & Weal, Mama bisa memotong poni model apa pun sesuai dengan gaya sendiri.

Nah, di bawah ini Popmama.com akan memberikan contoh potongan poni yang bisa Mama pilih sesuai bentuk wajah.

1. Potongan poni untuk wajah bulat

1. Potongan poni wajah bulat
hairandcomb.com

Potongan poni yang sesuai dengan bentuk wajah bulat adalah side bangs atau poni panjang menyapu ke samping. Poni ini paling populer dipakai beragam bentuk wajah, tetapi utamanya menyanjung wajah bundar.

Potongan yang lembut di tepinya dan tampak lebih lebar di bagian pipi. Menurut Reyman, sudut poni memberi ilusi wajah tampak lebih panjang sehingga terlihat berbentuk oval.

Seorang penata rambut Chris Lopalluto dari Sharon Dorram Color di salon Sally Hershberger di New York City, menambahkan bahwa potongan blunt bangs atau poni penuh dengan sedikit lebih panjang di kedua sisi juga baik untuk wajah bulat.

Potong rata (tumpul) poni dan hindari potongan yang membuatnya melengkung ke dalam. Berikan pula sedikit jarak antara poni dan kedua alis mata.

Jika Mama ingin rambut model pixie cut, berikan micro bangs atau sedikit poni agar wajah terlihat lebih panjang.

Editors' Picks

2. Potongan poni untuk wajah persegi

2. Potongan poni wajah persegi
enzabeautiful.com

Potongan poni yang sesuai dengan bentuk wajah persegi adalah a-shaped bangs atau poni berbentuk A (belah tengah). Ini adalah kunci untuk bentuk wajah persegi atau bujur yang cenderung lebih lebar di pipi dan lebih bersudut, terutama di sekitar rahang.

Penata gaya selebriti, Suave Professionals, Marcus Francis, berpendapat bahwa poni dengan kedua ujung meruncing akan menciptakan sudut yang membantu melembutkan garis rahang dan mempertegas mata kita.

Sementara Chris, mengatakan bahwa long layered bangs yang kedua sisinya menggantung di bawah tulang pipi dapat melembutkan bentuk persegi wajah. Di samping itu, blunt bangs dapat bekerja pula pada wajah persegi jika panjang poninya sampai di bawah alis dan kedua sisinya meruncing.

3. Potongan poni untuk wajah bentuk hati

3. Potongan poni wajah bentuk hati
hairstylesweekly.com

Wispy and layered merupakan salah satu potongan poni yang sesuai dengan bentuk wajah hati. Potongan ini sangat fleksibel, bisa dibelah tengah atau disapu ke samping.

Marco Santini, pemilik Ion Studio Davines di New York City, mengatakan orang-orang yang memiliki struktur tulang bersudut ini memiliki keuntungan dari poni yang lebih tipis dan berlapis karena dapat melembutkan wajah.

Selain itu, Santini juga merekomendasikan curtain bangs untuk pemilik wajah bentuk hati. Poni tirai yang kedua sisinya lebih panjang ini membantu meminimalkan dahi yang terlihat lebih besar.

Fungsi curtain bangs lainnya adalah membuat dagu yang sempit tampak lebih lebar karena tulang pipi dan rahang lebih menonjol.

4. Potongan poni untuk wajah panjang

4. Potongan poni wajah panjang
glamradar.com

Jika Mama memiliki wajah panjang, angled side bangs termasuk potongan poni yang sesuai dengan bentuk wajah ini. Wajah panjang biasanya memiliki dahi lebih tinggi dan tidak terlalu lebar.

Berdasarkan pengamatan Francis, menciptakan sudut diagonal pada wajah akan membuat mata orang lain terfokus pada bagian utama wajah, seperti mata dan bibir daripada dahi atau bagian bawah wajah.

Berbeda dengan side bangs untuk wajah bulat, angled side bangs potongannya tajam dan dimulai dari tepi luar mata.

Menurut Reyman, model poni lainnya yang cocok untuk wajah panjang adalah grown-out bangs. Jika memiliki wajah panjang, cropped bangs bukan pilihan yang cocok karena hanya membuat dahi terlihat bertambah panjang. Terbaiknya, jaga poni tetap panjang sampai alis.

5. Potongan poni untuk wajah oval

5. Potongan poni wajah oval
theskincareedit.com

Chris mengatakan bahwa wajah oval dianggap sempurna karena cocok dengan hampir semua model poni. Menurutnya, poni penuh dan tebal yang bagian ujungnya sepanjang bagian bawah alis hingga mengenai bulu mata membuat pemilik wajah oval tampak cantik.

Hal serupa dikatakan oleh Francis. Ia menyarankan untuk memilih potongan softened blunt bangs, yaitu potongan yang lembut dan rata (tumpul). Poni ini dapat menarik perhatian dari mulut dan dagu yang memanjang.

Jika memiliki dahi lebih panjang, long and wispy mungkin bisa dicoba. Poni yang panjang dan tipis dapat menutupi dahi yang panjang. Apabila dahinya pendek, micro bangs dan choppy fringe bisa menjadi pilihan.

Micro bangs dapat menekankan ruang yang kecil antara alis dan garis rambut, sedangkan choppy fringe tanpa komitmen untuk memberikan tampilan high-maintenance.

Namun, perlu sering keramas karena poni pendek yang menempel di dahi bisa menumpuk minyak sehingga menyebabkan masalah pada kulit wajah.

Jadi, sudah menentukan ingin potong model poni seperti apa, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.