8 Manfaat Jus Kurma bagi Kesehatan Tubuh, Kaya Nutrisi

Jus kurma merupakan minuman kaya nutrisi dan mudah dibuat

4 Juli 2022

8 Manfaat Jus Kurma bagi Kesehatan Tubuh, Kaya Nutrisi
Pexels/Naim Benjelloun

Manfaat jus kurma bagi kesehatan tubuh cukup banyak. Kurma adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Ada berbagai cara untuk mengonsumsi buah kurma, seperti dimakan secara langsung atau diolah menjadi jus. 

Jika kamu bosan memakan kurma secara langsung, kamu dapat mencoba mengolahnya menjadi jus. Jus kurma mengandung vitamin A, B1, B2, B3 dan C. Selain itu, jus kurma juga mengandung zat besi, folat, magnesium, seng, dan fosfor. 

Mengonsumsi jus kurma dapat memberikan banyak manfaat, seperti melawan kolesterol jahat, sebagai sumber energi, mengatasi masalah pencernaan, merawat kesehatan tulang dan gigi, merawat kesehatan rambut, baik untuk kesehatan mata, hingga menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. 

Berikut Popmama.com telah merangkum manfaat jus kurma dari berbagai sumber. 

1. Sebagai sumber energi

1. Sebagai sumber energi
Pexels/Kate Trifo

Manfaat jus kurma bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu sebagai sumber energi. Tubuh tentu membutuhkan energi untuk beraktivitas, terlebih jika kamu mempunyai aktivitas yang padat.

Mengonsumsi jus kurma dapat membantu memberikan energi untuk beraktivitas. Ini dikarenakan jus kurma yang ditambah susu mengandung fruktosa, glukosa, dan sukrosa.

Ketiga kandungan tersebut berperan penting dalam menghasilkan energi untuk tubuh.

2. Melawan kolesterol jahat

2. Melawan kolesterol jahat
Freepik

Gorengan merupakan salah satu hidangan yang sangat menggoda. Namun, jika mengonsumsinya secara berlebihan tentu akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Pasalnya, gorengan bisa memicu meningkatkan kadar LDL atau biasa disebut dengan istilah kolesterol jahat. 

Kandungan LDL atau kolesterol jahat jika tidak segera ditangani akan terus menumpuk dan berakhir memicu penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke.

Untuk menghindarinya, kurangilah mengonsumsi makanan yang digoreng dan rutin minum jus kurma sebagai penangkal kolesterol jahat. Sebab, kurma mengandung serat yang mampu bekerja melawan dan membasmi kolesterol jahat.

Editors' Picks

3. Mengatasi masalah pencernaan

3. Mengatasi masalah pencernaan
Pexels/Sora Shimazaki

Selain baik untuk membasmi kolesterol jahat, kandungan serat dalam jus kurma juga berguna untuk merawat serta mengatasi berbagai masalah, seperti susah buang air besar (BAB) atau sembelit. 

Rutin mengonsumsi jus kurma bisa memaksimalkan kinerja usus. Sehingga, makanan bisa dicerna dengan baik, begitu pula dengan sistem ekskresi mampu menjalankan tugasnya dengan lancar.

4. Merawat kesehatan tulang dan gigi

4. Merawat kesehatan tulang gigi
Freepik

Manfaat jus kurma bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu membantu merawat kesehatan tulang dan gigi.

Mengonsumsi jus kurma susu dapat membantu merawat kesehatan tulang dan gigi karena adanya kandungan kalsium, magnesium, mangan, dan tembaga di dalamnya.

Mineral-mineral tersebut merupakan zat yang dibutuhkan tulang dan gigi agar selalu berfungsi dengan baik. 

5. Merawat kesehatan rambut

5. Merawat kesehatan rambut
Freepik/diana.grytsku

Setiap orang tentu mendambakan memiliki rambut sehat, terawat, dan tampak menawan. Mengonsumsi jus kurma secara rutin merupakan cara alami untuk merawat kesehatan rambut. 

Manfaat ini bisa dirasakan karena jus kurma mengandung folat dan besi. Kedua kandungan tersebut merupakan zat yang dibutuhkan oleh folikel rambut untuk dapat bekerja dengan optimal.

6. Baik untuk kesehatan mata

6. Baik kesehatan mata
Unsplash/Anastasiya Pavlova

Rutin minum jus kurma juga akan mendatangkan manfaat untuk kesehatan mata. Ini karena jus kurma mengandung vitamin A yang memang terkenal sebagai vitamin yang baik untuk mata.

Selain itu, kandungan zeanxanthin di dalamnya juga berfungsi sebagai proteksi mata dari degenerasi macula. 

7. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

7. Menjaga kesehatan kecantikan kulit
Freepik/cookie_studio

Di dalam jus kurma terdapat kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Vitamin C tersebut sifatnya sebagai antioksidan yang akan mencegah terjadinya kerusakan sel-sel kulit.

Selain itu juga membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit terasa kencang, elastis, serta terhindar dari kerutan. 

Itulah 8 manfaat jus kurma bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, tentu kamu harus rutin mengonsumsinya dan jangan berlebihan, ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk