7 Manfaat Istimewa Sari Kurma untuk Ibu Menyusui

Sari kurma memiliki banyak manfaat bila dikonsumsi secara berkala

10 Mei 2020

7 Manfaat Istimewa Sari Kurma Ibu Menyusui
insightprofessional.it

Sari kurma tidak hanya bermanfaat bagi orang yang sedang sakit atau orang yang sedang menjalani puasa saja, namun juga sangat bermanfaat untuk menangkal berbagai penyakit.

Selain itu, manfaat sari kurma juga sangat besar untuk Ibu meyusui. Kandungan kaliium, serat, vitamin, mineral, zat besi, kalsium, magnesium, sulfur, dan tembaga, yang terdapat di dalam sari kurma sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh yang dibutuhkan ibu menyusui.

Berikut Popmama.com rangkum manfaat istimewa konsumsi sari kurma untuk ibu menyusui:

1. Minum sari kurma bisa melancarkan ASI

1. Minum sari kurma bisa melancarkan ASI
Freepik/javy_indi

Saat menyusui, semua Mama tentu mengharapkan ASI yang diproduksi lancar sehingga bisa mencukupi kebutuhan sang bayi. Menerima jumlah ASI yang cukup berarti bayi mama menerima asupan makanan dengan baik. 

Produksi ASI yang tidak lancar tentu jadi masalah bagi ibu menyusui. 

Nah, jangan khawatir Ma karena dengan  mengonsumsi 2 sendok sari kurma dua kali perhari, maka ini dapat meningkatkan jumlah ASI yang diproduksi.

Di dalam buah kurma terkandung banyak sekali vitamin A yang baik untuk produksi ASI. ASI juga jadi berkualitas dan kaya vitamin untuk si Kecil.

Setiap mama sebaiknya percaya diri untuk menghasilkan ASI yang cukup. Selama Mama mengonsumsi sayuran hijau dan buah berserat, banyak minum air putih, dan melengkapinya dengan sari kurma, maka produksi ASI bisa melimpah dan mencukupi kebutuhan bayi.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui

2. Meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui
Freepik/freepic.diller

Bagi ibu menyusui, kesehatan adalah hal terpenting. Jika tidak sehat bagaimana bisa mengurus dan menyusui bayi?

Menjaga daya tahan tubuh saat menyusui merupakan tantangan tersendiri bagi ibu menyusui. Sementara jika sang Mama tidak sehat, pasti akan berdampak juga pada bayinya sehingga Mama perlu sesuatu yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk menjaga kondisi fisik agar tetap sehat dan kuat, Mama juga perlu minum sari kurma secara rutin.

Manfaat sari kurma untuk ibu menyusui adalah sebagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Senyawa tanin yang terkandung dalam buah kurma dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan juga dapat berfungsi sebagai anti infeksi.

Di dalam sari kurma juga terkandung enzim sebagai penangkal racun, antioksidan, serta antivirus dan bakteri yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh.

Editors' Picks

3. Membantu menurunkan berat badan pasca persalinan

3. Membantu menurunkan berat badan pasca persalinan
Freepik/freepic.diller

Berat badan yang belum kembali normal memang kadang membuat Mama jadi kehilangan rasa percaya diri. 

Pada saat hamil kita tidak boleh menurunkan berat badan. Tapi apa salahnya jika setelah melahirkan kita mengupayakan agar tubuh sehat dan bugar. Mungkin berat badan yang bertambah bisa kembali disesuaikan ke berat badan awal secara perlahan.

Salah satu diet sehat untuk ibu menyusui adalah dengan mengonsumsi kurma. Mama juga bisa terbantu dengan cara minum sari kurma secara rutin.

Ganti camilan yang penuh karbohidrat dan kolesterol dengan dua sendok sari kurma yang sarat akan nutrisi, untuk membantu menurunkan berat badan. 

Jangan lupa untuk tetap banyak minum air putih ya Ma.

4. Mengembalikan energi setelah melahirkan

4. Mengembalikan energi setelah melahirkan
Freepik
Foto Ilustrasi

Terkurasnya energi saat melahirkan akan membuat Mama merasa letih dan lemas dalam waktu yang cukup lama. Perlu waktu berjam-jam agar Mama bisa kembali sadar atas apa yang sedang Mama jalani. 

Sementara waktu berjalan, ibu menyusui harus berbagi asupan gizi untuk si bayi sehingga sangat membutuhkan makanan yang cepat untuk memulihkan energi. 

Tidak perlu khawatir lagi karena minum sari buah kurma adalah salah satu solusinya.  Dalam satu butir buah kurma terkandung 50 persen glukosa dan 2-4 persen serat yang dapat membantu mempercepat pemulihan energi.

5. Menghindari anemia

5. Menghindari anemia
Unsplash/Danielle Macinnes

Anemia adalah kurangnya sel darah merah atau hemoglobin di dalam darah. Ibu menyusui biasanya sering begadang atau bangun tengah malam untuk menyusui, sehingga menyebabkan produksi sel darah merah tidak stabil  karena kurang tidur. 

Apalagi untuk Ibu menyusui, nanti pasti akan merasa sangah lemas karena harus menyusui si Kecil secara terus menerus.

Buah kurma mengandung vitamin B, yang akan membantu pembentukan sel darah merah dan membuat Mama terhindar dari risiko anemia.

6. Menjaga kesehatan sistem saraf

6. Menjaga kesehatan sistem saraf
Unsplash/Clem Onojeghuo

Banyaknya kalium yang terkandung dalam buah kurma bisa menjaga sistem saraf. Kalium adalah salah satu zat utama untuk memperkuat daya ingat dan saraf pada otak.

Tidak hanya kalium, namun kandungan vitamin juga membuat buah asal timur tengah ini cocok untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan sistem saraf pada otak. 

Hebat ya, manfaat sari kurma untuk ibu menyusui yang ini!

7. Menjaga sistem pencernaan

7. Menjaga sistem pencernaan
Unsplash/Pablo Merchán Montes

Manfaat sari kurma juga baik untuk proses pembuangan sisa makanan atau pencernaan. Sistem pencernaan yang baik dapat juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kandungan serat yang terdapat dalam sari kurma dapat membantu memperlancar pencernaan dan baik mencegah sembelit maupun diare.

Itulah 7 manfaat sari kurma untuk ibu menyusui yang bisa mendukung produksi ASI dan menjaga kesehatan. Jangan ragu untuk mengonsumsinya secara rutin ya Ma.

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.