Doa Nabi Yunus dan Artinya Ketahui Keutamaan dan Manfaatnya

Amalkan doa ini jika kamu memiliki hajat

28 Maret 2022

Doa Nabi Yunus Arti Ketahui Keutamaan Manfaatnya
Pexels/RODNAE Production

Nabi Yunus adalah seorang nabi yang diuji Allah SWT dengan cara ditelan oleh seekor paus. Pada kondisi mendesak, Nabi Yunus tetap percaya kepada Allah SWT sehingga memanjatkan doa kepada-Nya.

Doa Nabi Yunus menjadi salah satu doa yang sering dipanjatkan karena mudah diijabah oleh Allah SWT. Kamu yang memiliki hajat atau keinginan bisa memanjatkan doa Nabi Yunus setelah selesai salat.

Berikut Popmama.com ulas mengenai keistimewaan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Yunus.

1. Doa Nabi Yunus

1. Doa Nabi Yunus
Freepik/wayhomestudio

Doa Nabi Yunus merupakan doa yang mustajab dan telah tertera di Kitab Suci Al Quran. Semua umat muslim mengamalkan doa Nabi Yunus hingga sekarang. 

Doa Nabi Yunus sendiri dipanjatkan oleh Nabi Yunus ketika berada di dalam perut ikan. Dalam kondisi mendesak dan mencekam, Nabi Yunus terus berdoa meminta pertolongan dari Allah SWT.

Nabi Yunus diberi cobaan oleh Allah SWT karena telah mengingkari perintah Allah SWT. Beliau meninggalkan kaumnya karena tidak mau beriman kepada Allah SWT. Nabi Yunus kemudian menyadari kesalahannya tersebut ketika berada di dalam perut ikan paus. Beliau kemudian memanjatkan doa untuk meminta pertolongan dan pengampunan kepada Allah SWT.

Nabi Yunus memanjatkan doa selama 40 hari berturut-turut dengan kesungguhan hati. Karena kesungguhan Nabi Yunus, Allah SWT mengabulkan doanya dan mengeluarkan dari perut ikan paus raksasa. 

Editors' Picks

2. Bacaan doa Nabi Yunus

2. Bacaan doa Nabi Yunus
freepik.com/rawpixel-com

Bacaan doa Nabi Yunus yang bisa kamu panjatkan yaitu sebagai berikut:

                                                       لَاإِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin."

Artinya: 

Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."

3. Keutamaan doa Nabi Yunus

3. Keutamaan doa Nabi Yunus
Pexels/Gabby K

Doa Nabi Yunus adalah doa yang menjadi bentuk pengakuan manusia atas semua dosa yang pernah dilakukannya. Doa tersebut juga menjadi bentuk pengakuan jika Allah SWT adalah tuhan yang esa.

Ada tiga keutamaan atau keistimewaan yang terkandung dalam Doa Nabi Yunus. Keutamaan atau keistimewaan tersebut di antaranya yaitu:

  • Pengakuan tauhid bahwa Allah SWT adalah tuhan yang agung dan esa.
  • Pengakuan terhadap dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya.

  • Permohonan pengampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya.

Keutamaan atau keistimewaan dari doa Nabi Yunus diabadikan dalam ayat suci Al Quran. Tepatnya pada Quran Surat Al Anbiya’ ayat 87-88.

4. Manfaat doa Nabi Yunus

4. Manfaat doa Nabi Yunus
Freepik/free picture

Bukan hanya keutamaan atau keistimewaan saja, doa Nabi Yunus juga memiliki banyak manfaat karena menjadi salah satu doa yang paling diijabah Allah SWT. Bahkan Nabi Muhammad SAW juga mengungkapkan akan kehebatan doa Nabi Yunus tersebut.

Sabda Rasulullah SAW mengenai doa Nabi Yunus tertulis dalam Hadist Riwayat At-Tirmidzi.

Adapun manfaat dari doa Nabi Yunus sendiri yaitu sebagai berikut:

  • Keinginan dikabulkan oleh Allah SWT

Nabi Yunus memanjatkan doa ini ketika berada di dalam perut ikan paus. Beliau meminta pertolongan Allah SWT agar bisa dikeluarkan dari perut paus. 

Layaknya kisah Nabi Yunus, para muslim yang memanjatkan doa Nabi Yunus juga akan dikabulkan keinginannya oleh Allah SWT.

  • Mendapatkan pahala seperti orang yang mati syahid

Setiap muslim pasti bermimpi meninggal dunia dalam keadaan terbaik, salah satunya yaitu dengan mati syahid. Allah SWT menjanjikan surga bagi orang-orang yang meninggal dalam keadaan syahid.

Berdasarkan riwayat Al-Hakim oleh Sa’ad bin Abi Waqash membaca doa Nabi Yunus selama 40 kali saat sakit, maka ketika meninggalnya ia akan mendapatkan pahala seperti mati syahid.

  • Mendapatkan ampunan Allah SWT

Doa Nabi Yunus adalah doa yang berisi permohonan pengampunan dan taubat kepada Allah SWT. Allah SWT akan menerima permohonan pengampunan dan taubat para muslim yang membaca doa Nabi Yunus dengan sungguh-sungguh.

  • Diberikan kekuatan untuk menghadapi cobaan

Allah SWT memberikan ujian dan cobaan dalam hidup seseorang untuk meningkatkan derajatnya. Membaca doa Nabi Yunus saat mendapatkan cobaan dari Allah SWT membuat muslim lebih kuat dan tegar untuk mengatasinya.

  • Dimudahkan dari kesulitan

Setiap ujian yang diberikan oleh Allah SWT pasti ada jalan keluarnya. Allah SWT tidak akan memberikan ujian melebihi batas kemampuan seseorang.

Berdoa dan berusaha adalah cara terbaik untuk mendapatkan kemudahan dari Allah SWT. Salah satu doa yang bisa Mama panjatkan untuk mendapatkan kemudahan yaitu doa Nabi Yunus.

5. Waktu yang tepat untuk membaca Doa Nabi Yunus

5. Waktu tepat membaca Doa Nabi Yunus
Pexels/Faseeh Fawaz

Menjadi salah satu doa yang paling mustajab, doa Nabi Yunus sering diamalkan oleh para ulama. Banyak ulama yang membacanya seperti Nabi Yunus yaitu 40 kali selesai salat subuh tanpa putus.

Ada juga ulama yang membaca doa Nabi Yunus setiap hari sebanyak 1000 kali sebagai bentuk permohonan pengampunan dosa. Berdasarkan riwayat Al-Hakim yang disebutkan Sa’ad bin Abi Waqqash, membaca doa Nabi Yunus sebanyak 40 kali ketika sakit, kemudian meninggal, maka saat meninggal tersebut pahalanya seperti mati syahid.

Itulah pembahasan mengenai bacaan, keutamaan dan manfaat doa Nabi Yunus. Mari mulai sekarang kita bersama-sama mengamalkan doanya untuk mendapatkan keutamaan dari Allah SWT.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk