11 Manfaat Buah Apel yang Harus Diketahui oleh Para Mama

Khasiat Buah Apel yang Mamah Harus Ketahui Nih!

18 September 2021

11 Manfaat Buah Apel Harus Diketahui oleh Para Mama
Pixabay/Couleur

Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang disukai oleh kebanyakan orang, khususnya bagi para mama. Buah apel memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk para mama dengan kandungan vitamin, antioksidan, dan protein.

Apa saja manfaat dari buah apel yang baik bagi mama? Simak ulasan ini lebih lanjut untuk mengetahui 11 manfaat buah apel yang baik bagi mama, antara lain:

1. Mencegah Kanker Kulit

1. Mencegah Kanker Kulit
Unsplash/Priscilla Du Preez

Seperti yang telah kita ketahui, apel mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. Vitamin C dalam apel akan membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas yang membuat kerusakan sel kulit.

Dengan manfaat tersebut, maka apel dapat membantu mama dalam mencegah kemungkinan terjadinya kanker kulit.

2. Mencegah Alzheimer

2. Mencegah Alzheimer
Pexels/engin-akyurt

Alzheimer merupakan penyakit otak yang menyebabkan penurunan tingkat daya ingat seseorang. Jika mama rutin memakan buah apel, terutama buah apel fuji, maka dapat mencegah risiko terkena alzheimer.

Hal ini telah dipaparkan melalui penelitian yang mengatakan bahwa buah apel dapat mengurangi efek penuaan yang terjadi dalam otak seseorang. Serta akan meningkatkan kadar asetilkolin neurotransmitter.

3. Kaya akan Anti Oksidan

3. Kaya akan Anti Oksidan
Pexels/Mareefe

Kandungan anti oksidan yang berada dalam apel hijau dapat membantu ibu dalam membantu pembangunan sel, serta peremajaan sel. Dengan begitu, mengonsumsi apel secara rutin akan membuat kulit ibu menjadi lebih bercahaya dan menjaga kesehatan.

Selain itu, anti oksidan dalam apel hijau juga dapat melindungi hati dan memastikan bahwa hati dapat bekerja dengan baik.

4. Meningkatkan Energi

4. Meningkatkan Energi
Pexels/Matheus Cenali

Manfaat yang satu ini sangat berguna bagi kebanyakan ibu untuk menjalani hari-hari mereka, khususnya untuk ibu hamil. Jika ibu hamil rutin memakan apel, maka akan mendapatkan karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan energi bagi ibu hamil.

Editors' Picks

5. Mencegah Wasir

5. Mencegah Wasir
Pixabay/marijana1

Wasir adalah gangguan yang terjadi pada pembuluh darah yang terletak di anus. Wasir dapat sangat menganggu bagi para ibu, karena menyebabkan rasa sakit yang tergolong cukup parah dan dapat menganggu aktivitas sehari-hari.

Jika ibu mengonsumsi apel fuji secara rutin, maka dapat mencegah kemungkinan terjadinya wasir, karena apel fuji mengandung serat tinggi.

6. Membantu Diet

6. Membantu Diet
Pixabay/sisdahgoldenhair

Buah apel tentunya mendatangkan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan seorang ibu, seperti salah satunya yaitu membantu diet. Dengan kandungan serat yang tinggi di dalam apel, maka dapat membuat ibu merasa lebih cepat kenyang.

Maka dari itu, banyak orang yang memilih apel sebagai menu andalan untuk melakukan diet, karena manfaat tersebut dan rasanya pun enak untuk dikonsumsi sehari-hari.

7. Mengobati Asma

7. Mengobati Asma
Freepik

Bagi ibu yang mengidap penyakit asma, maka ibu dapat mengonsumsi apel secara rutin agar dapat membantu dalam mengobati asma. Diketahui apel mengandung quercetin yang cukup tinggi, jadi dapat menjadi anti histamin dan antioksidan yang bekerja untuk mengurangi asma.

8. Mengurangi Mual dan Muntah

8. Mengurangi Mual Muntah
Pixabay/nastya_gepp

Untuk manfaat yang satu ini, dikhususkan untuk ibu hamil. Jika ibu hamil memakan apel secara rutin setiap harinya, maka dapat membantu mengurangi rasa mual dan muntah-muntah.

Sebab apel memiliki nutrisi yang dapat menurunkan asam lambung, serta rasa apel yang terdapat dalam buah apel dapat membantu ibu dalam mengurangi rasa mual dan muntah. Jadi ibu bisa mulai memasukkan buah apel ke dalam menu makanan sehari-hari.

9. Mengontrol Gula Darah

9. Mengontrol Gula Darah
Prospectmedical.com

Manfaat apel yang selanjutnya yaitu membantu ibu dalam mengontrol gula darah. Sebab apel memiliki kandungan fitonutrien yang dapat mengatur gula darah yang ada dalam tubuh.

Fitonutrien dapat membantu dalam mencegah lonjakan darah yang merangsang sel-sel pankreas agar dapat membuat insulin. Lalu, bekerja untuk menghambat enzim yang membuat perpecahan karbohidrat menjadi gula sederhana.

Dengan begitu, penyerapan gula yang masuk ke dalam aliran darah akan berkurang. Hal ini menandakan bahwa apel dapat membantu dalam mengontrol gula darah.

10. Baik untuk Penglihatan

10. Baik Penglihatan
Unsplash/Anastasiya Pavlova

Seiring bertambahnya usia, penglihatan ibu akan menurun dan menjadi tidak terlalu jelas. Ibu dapat mengonsumsi apel hijau secara rutin yang mengandung banyak vitamin, salah satunya vitamin A.

Dengan kandungan vitamin A dalam apel hijau, maka dapat berpotensi dalam meningkatkan penglihatan ibu agar menjadi lebih baik.

11. Mencegah Jerawat

11. Mencegah Jerawat
Sshutterstock.com/boyloso
Dok. Jovee

Pasti ibu merasa sangat tidak nyaman ketika muncul jerawat di area wajah. Namun, ibu dapat mulai rutin mengonsumsi apel hijau, karena apel hijau memiliki manfaat sebagai perawatan anti jerawat yang efektif

Jika ibu konsumsi apel hijau secara rutin, maka akan membantu ibu dalam mencegah jerawat dan membuat kulit ibu menjadi mulus kembali.

Sekian ulasan mengenai manfaat buah apel yang baik bagi kesehatan dan kecantikan para ibu yang ingin merawat diri. Melalui ulasan ini, bagaimana menurut Kamu mengenai manfaat buah apel?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.