TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Manfaat Jambu Kristal Terhadap Kesehatan Yuk Mama

Jambu kristal yang kaya manfaat

5 Mei 2022

10 Manfaat Jambu Kristal Terhadap Kesehatan Yuk Mama
Freepik/jeswin

Jambu kristal adalah jenis jambu yang kaya akan tingginya serat di dalamnya. Manfaat jambu kristal pun cukup beragam tidak kalah dengan jenis jambu biji.

Jambu kristal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jambu biji, perbedaannya hanya pada biji yang lebih sedikit dan daging buahnya dengan tekstur lebih renyah. Jambu kristal mempunyai 2 macam yaitu daging dengan warna putih dan merah.

Popmama.com ulas manfaat jambu kristal yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan:

1. Sebagai sumber antioksidan

1. Sebagai sumber antioksidan
Unsplash/Olia Nayda

Antioksidan pada buah jambu kristal mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Antioksidan yang ada di dalamnya mampu mencegah adanya radikal bebas.

Radikal bebas mempunyai efek yang buruk untuk kesehatan seperti halnya mempercepat penuaan dini terhadap kulit.

Apabila hal itu dibiarkan makin lama, maka akan memberikan efek mematikan di antaranya kemunculan penyakit kanker ataupun penyakit kronis lainnya.

2. Melancarkan sistem pencernaan

2. Melancarkan sistem pencernaan
Womandays.com

Kandungan serat alami yang ada pada buah jambu kristal membantu menjaga dan melancarkan sistem pencernaan. Terlebih jika mengkonsumsi buah jambu kristal dapat memenuhi kebutuhan serat harian.

Serat harian yang bisa tercukupi setiap harinya bisa membuat pergerakan usus untuk mencerna dengan mudah. Dengan begitu tidak ada masalah pencernaan terkait dengan sembelit, selain itu bagian daunnya juga bermanfaat untuk mengatasi diare.

3. Mengobati dan mencegah hadirnya sariawan

3. Mengobati mencegah hadir sariawan
askthedentist.com

Manfaat jambu kristal yang kaya akan vitamin C bisa dikonsumsi untuk mengobati dan mencegah sariawan. Vitamin C yang ada pada jambu kristal 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk.

Dengan mengkonsumsi buah jambu kristal secara rutin bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga kebutuhan akan nutrisi vitamin C akan terpenuhi dengan baik.

4. Membantu menjaga kesehatan mata

4. Membantu menjaga kesehatan mata
pixabay.com/cuncon

Dalam hal menjaga kesehatan mata tidak hanya dengan mengkonsumsi wortel saja. Jambu kristal mempunyai manfaat yang sama dalam menjaga mata untuk tetap sehat.

Kandungan di dalamnya terdapat vitamin A yang bisa menghindari gangguan mata seperti halnya silinder, rabun jauh, rabun dekat hingga rabun ayam. Jambu kristal dapat memberikan suplai hingga 21 persen untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin A pada setiap 100 gr buahnya.

Editors' Picks

5. Dapat membantu untuk menurunkan berat badan

5. Dapat membantu menurunkan berat badan
Dok. Jovee

Sebagai buah yang dianggap sebagai pencuci mulut ini, juga dapat dijadikan sebagai camilan sehat setiap hari. Apalagi dikonsumsi oleh kalian yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. 

Di dalamnya terdapat kandungan serat yang cukup tinggi, meskipun begitu kadar kalorinya sangat rendah. Sehingga mengkonsumsi buah jambu kristal sangat aman dijadikan sebagai camilan diet yang sehat.

6. Manfaat jambu Kristal untuk meredakan flu

6. Manfaat jambu Kristal meredakan flu
Pixabay/nastya_gepp

Salah satu manfaat dari jambu kristal yang belum banyak diketahui oleh semua orang sebagai pereda flu. Di dalamnya terdapat antimikroba yang mempunyai peranan sangat penting untuk melawan virus penyebab terjadinya flu.

Jambu kristal juga mempunyai kandungan vitamin C serta antioksidan yang berperan penting untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga imun tubuh lebih terjaga dan mudah untuk melawan serangan virus yang kehadirannya dapat menggangu kesehatan tubuh.

7. Menjaga sistem kerja serta kesehatan jantung

7. Menjaga sistem kerja serta kesehatan jantung
Freepik/prostooleh

Jambu kristal tidak hanya mempunyai manfaat bagi sistem organ tubuh yang sangat vital seperti jantung. Mengkonsumsi jambu kristal dapat menjaga kesehatan jantung karena terdapat kandungan kalium serta tingginya serat larut.

Selain dapat menjaga kesehatan jantung, jambu kristal juga bisa membantu untuk menurunkan kolesterol jahat serta tekanan darah. Sehingga dengan mengurangi kedua pemicu tersebut, jantung menjadi lebih sehat.

8. Manfaat jambu kristal untuk menjaga kesehatan kulit

8. Manfaat jambu kristal menjaga kesehatan kulit
Unsplash/Caroline Hernandez

Kulit yang sehat tentu menjadi keinginan semua orang, jambu kristal mempunyai kandungan vitamin E untuk menjaga asupan nutrisi pada kulit. Selain itu jambu kristal juga memiliki antioksidan yang menjaga kebutuhan vitamin tercukupi dengan baik.

Vitamin E yang ada pada buah jambu kristal mempunyai peran untuk pembentukan kolagen yakni protein yang bisa membantu pembentukan struktur serta menjaga elastisitas kulit. Dari adanya kandungan dari buah jambu kristal dapat menjaga kelembapan pada kulit.

9. Baik dikonsumsi ibu hamil

9. Baik dikonsumsi ibu hamil
Tokopedia/Mammibelle

Seorang ibu hamil pasti menjaga asupan nutrisinya agar tetap terpenuhi dengan baik. Jambu kristal mempunyai kandungan sebagai sumber folat.

Sumber folat merupakan kandungan yang dapat melakukan pencegahan pada bayi agar tidak mengalami masalah. Sehingga bayi tidak mengalami cacat saraf ataupun otak ketika lahir nantinya.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
freepik/master1305

Adanya kandungan vitamin C yang begitu tinggi, menjadikan buah jambu kristal bak dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga tubuh lebih kebal terhadap adanya serangan infeksi dan siap melawan patogen penyebab terjadinya penyakit

Demikianlah penjelasan terkait manfaat jambu kristal untuk kesehatan tubuh. Selain mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap bagi tubuh, jambu kristal juga aman dikonsumsi setiap hari.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk