7 Ciri-Ciri Kanker Kulit yang Perlu Diwaspadai

Jangan abaikan munculnya gejala atau tanda awal dari kanker kulit

12 Maret 2019

7 Ciri-Ciri Kanker Kulit Perlu Diwaspadai
Pexels/Nikolay Osmachko

Kanker kulit merupakan salah satu penyakit yang gejalanya seringkali terabaikan karena mirip dengan penyakit-penyakit lainnya.

Selain itu, kanker kulit juga kadang-kadang tak ditemukan karena memiliki tanda awal berupa tahi lalat, yang merupakan kondisi biasa.

Oleh sebab itu, perlu pemeriksaan lebih detail untuk mengetahui apakah seseorang benar mengalami kanker kulit atau tidak. Selain melakukan pemeriksaan sendiri, bisa juga melalui pemeriksaan dokter.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit kanker kulit, mulai dari kelainan bawaan, faktor keturunan, sampai adanya infeksi virus atau bahkan gaya hidup. Misalnya seperti paparan sinar matahari terus-menerus secara langsung.

Nah, apa saja ciri-ciri kanker kulit yang perlu diwaspadai? Berikut Popmama.com telah merangkum informasinya:

1. Muncul bercak pada kulit

1. Muncul bercak kulit
Pexels/Jenna Hamra

Salah satu ciri awal dari kanker kulit yang bisa diamati adalah adanya bercak yang tak biasa pada kulit. Bercak ini juga bisa muncul secara tiba-tiba tanpa Mama sadari apa penyebabnya.

Jika awalnya bercak yang muncul ini mungkin berukuran kecil, maka pada kanker kulit bercak akan tumbuh semakin membesar dan melebar.

Jadi jangan abaikan saat tiba-tiba muncul bercak hitam, yang kemudian ukurannya membesar dan mungkin menjadi terasa nyeri.

2. Kulit jadi tampak bersisik

2. Kulit jadi tampak bersisik
Freepik

Selain munculnya bercak yang mendadak dan membesar, perhatikan juga permukaan kulit yang mendadak jadi bersisik dan disertai dengan rasa gatal.

Ya, kulit yang mengalami gejala awal kanker juga bisa ditandai dengan munculnya sisi kulit yang bersisik. Hal ini disebabkan oleh rusaknya sel kulit akibat kemunculan sel kanker, Ma.

Akibatnya, kulit tidak mampu beregenerasi dengan baik, sehingga muncul sisik di permukaan kulit.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kulit yang Bersisik

3. Ada benjolan pada bagian permukaan kulit

3. Ada benjolan bagian permukaan kulit
Freepik/Nensuria

Pada beberapa jenis kanker tertentu, munculnya benjolan di permukaan kulit yang tidak disertai dengan rasa nyeri bisa menjadi tanda awal. Tak terkecuali pada kanker kulit.

Apabila Mama menemukan ada benjolan di permukaan kulit pada beberapa bagian tubuh, terutama pada bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari secara langsung, hati-hati ini bisa menjadi tanda awal dari kanker kulit juga, Ma.

Benjolan ini juga bisa muncul di area lipatan seperti ketiak atau leher, terutama ketika sel kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening. Apabila hal ini sudah terjadi, maka kanker yang bermula di bagian bawah permukaan kulit berarti tidak disadari oleh Mama dan sudah menyebar.

Editors' Picks

4. Tahi lalat tumbuh membesar dan berwarna

4. Tahi lalat tumbuh membesar berwarna
Freepik/Rawpixel.com

Jika Mama awalnya punya tahi lalat, kemudian tiba-tiba terjadi perubahan terutama pada ukuran, warna, dan tingkat asimetrisnya, maka bisa jadi ini menjadi tanda awal kanker kulit.

Kanker kulit jenis melanoma memang seringkali sulit dibedakan dengan tahi lalat biasa. Ciri-ciri kanker kulit melanoma yakni ada bintik besar berwarna cokelat di kulit, benjolan yang mirip tahi lalat ini dapat berubah warna, membesar dan kadang bahkan bisa sampai berdarah.

Perhatikan jika tahi lalat di kulit Mama menjadi berbentuk tidak asimetris, berwarna seperti hitam, biru atau bahkan kemerahan, serta berubah ukuran menjadi semakin besar. Ini bisa menjadi tanda awal dari kanker kulit jenis melanoma.

5. Nyeri sendi

5. Nyeri sendi
Pexels/Pixabay

Selain menyebar ke kelenjar getah bening dan menimbulkan benjolan di area lipatan seperti ketiak serta leher, sel kanker yang menyebar ke bagian tulang juga bisa menimbulkan tanda seperti nyeri.

Nah, nyeri ini biasanya lebih sering terjadi di sendi bagian lutut dan pinggang. Jenis kanker yang bisa menyebar seperti ini misalnya melanoma.

Jadi apabila terasa ada nyeri di bagian lutut atau pinggang tanpa diketahui sebabnya, terlebih jika disertai dengan ciri-ciri kanker kulit lainnya, segera cek ke dokter.

Baca juga: Sering Alami Nyeri Sendi? Jangan Sepelekan, Ini Penyebab Nyeri Sendi!

6. Muncul luka-luka kecil dan kasar

6. Muncul luka-luka kecil kasar
Pexels/Moose Photos

Pada kanker kulit jenis karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa, tanda awal biasanya muncul berupa luka-luka kecil yang kasar dan bersisik. Lama-kelamaan, luka atau benjolan kecil ini juga bisa sampai berkerak.

Area yang sering terkena penyakit ini biasanya di area tubuh yang sering terkena sinar matahari seperti kulit kepala, leher dan wajah.

Selain itu, area lain seperti dada dan punggung juga tetap berisiko mengalami kanker kulit jenis ini, Ma.

7. Permukaan kulit jadi gatal dan nyeri

7. Permukaan kulit jadi gatal nyeri
Freepik

Saat kulit jadi bersisik, tanda kanker kulit lainnya yang juga harus diwaspadai adalah munculnya rasa gatal dan bahkan nyeri.

Ketika rasa gatal muncul, ini adalah salah satu tanda bahwa sel kanker sedang menyerang sel kulit tubuh yang sehat.

Rasa gatal dan nyeri ini biasanya muncul kali pertama pada bagian permukaan kulit yang tampak kasar dan bersisik.

Jika ada tanda-tanda ini yang dialami oleh Mama, lebih baik segera cek ke dokter untuk memastikan apakah kanker kulit penyebabnya, ya.