Penyebab Sendi Lutut Sakit, Peradangan Jadi Faktor Penting

Ini yang sebabkan lututmu nyeri!

17 Mei 2024

Penyebab Sendi Lutut Sakit, Peradangan Jadi Faktor Penting
Freepik/tirachard

Nyeri sendi pada lutut mungkin menjadi salah satu hal yang dialami oleh banyak orang dari berbagai latar belakang

Biasanya, nyeri sendi juga dapat menghambat aktivitas sehari-hari terutama bagi orang yang memiliki mobilitas dengan berjalan kaki. Dalam hal ini dr. Prama Aditya, B.Med.Sc., Mkes., Aifo menjelaskan beberapa penyebab sendi lutut sakit yang banyak dikeluhkan. Pesan ini ia ungkap lewat unggahan di Instagram pribadinya @drpramaaditya.

Selengkapnya di Popmama.com!

Banyak yang Curiga Karena Berat Badan

Banyak Curiga Karena Berat Badan
Freepik/bublikhaus

Kali ini dr. Prama mengungkap bahwa banyak pasiennya yang mengira nyeri sendi pada lututnya disebabkan oleh berat badan yang naik. Asumsi ini timbul karena kaki merupakan penopang dari berat badan.

“Bilangnya curiganya karena berat badannya naik. Terus aku tanya sendi lutut yang nyeri ini bagian mana? kiri, kanan atau dua-duanya,” ungkapnya.

Namun, dr. Prama membantah asumsi tersebut jika nyeri sendi pada lutut hanya terjadi di satu bagian lutut, bukan di lutut kanan dan kiri sekaligus.

“Misalkan dia jawab kiri, misalkan karena murni karena berat badan saja yang sakit harusnya lutut kanan juga dong. Kan nopangnya barengan dua dan harusnya juga telapak kakinya sakit, karena bebannya di situ,” jelasnya.

Peradangan Jadi Faktor Utama

Peradangan Jadi Faktor Utama
Pixabay/whitesession

Alih-alih menyalahkan berat badan, dr. Prama menjelaskan bahwa penyebab sendi lutut sakit adalah peradangan. Utamanya jika nyeri hanya terjadi di salah satu lutut.

“Jadi aku jelasin dulu bahwa penyebabnya itu peradangan di dalam sendinya itu justru nomor satu karena peradangan di dalam sendinya yang ketinggian,” jelasnya.

Kurang Vitamin sampai Intoleransi Makanan

Kurang Vitamin sampai Intoleransi Makanan
Pexels/Karolina Grabowska

Selain itu, ia juga menyebut kekurangan Vitamin D dapat menyebabkan nyeri lutut. Meningkatnya kadar gula sampai stres juga jadi penyebab lainnya.

“Karena kurang Vitamin D bisa, kebanyakan tepung sama gula atau kadar gula dalam darahnya meningkat itu bisa, ketiga misalkan stres karena stres relatif akan menguras nutrisi yang penting untuk saraf,” lanjutnya.

Bahkan dalam beberapa kasus juga ia menemukan nyeri sendi lutut yang disebabkan oleh intoleransi terhadap suatu makanan. Dalam hal ini biasanya terjadi intoleransi terhadap gluten.

“Ada beberapa kasus yang intoleransi makanan atau sensitif terhadap makanan tertentu, yang paling sering gluten di gandum sama terigu itu," pungkasnya.

Demikian  penyebab sendi lutut sakit yang dapat kamu kenali secara dini ketika lututmu sakit. 

Baca Juga:

The Latest