Singapore Airlines Alami Turbulensi, Apa itu Turbulensi pada Pesawat?

Ini serba-serbi turbulensi pesawat!

22 Mei 2024

Singapore Airlines Alami Turbulensi, Apa itu Turbulensi Pesawat
Freepik/onlyyouqj

Baru-baru ini sebuah pesawat milik Singapore Airline dilaporkan mengalami turbulensi parah yang mengakibatkan satu orang tewas dan beberapa korban luka.

Hal ini terjadi pada pesawat berjenis Boeing 777-300ER dan membuatnya mendarat darurat di Bandara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand pada Selasa (21/5/2024). Peristiwa ini membuat banyak yang bertanya tentang apa sebenarnya turbulensi pesawat itu?

Selengkapnya di Popmama.com!

Mengenal Turbulensi Pesawat

Mengenal Turbulensi Pesawat
Pexels/Pixabay

Turbulensi pada pesawat adalah sebuah fenomena di mana pesawat mengalami guncangan atau getaran akibat pergerakan udara yang tidak stabil. 

Hal ini merupakan kejadian yang umum dalam penerbangan dan dapat terjadi pada ketinggian berapa pun.  Guncangan ini bisa terjadi tiba-tiba dan dengan intensitas yang bervariasi, dari yang sangat ringan hingga yang sangat kuat. Meskipun seringkali mengejutkan dan membuat tidak nyaman, turbulensi jarang sekali menimbulkan bahaya serius bagi pesawat atau penumpangnya.

Turbulensi juga terbagi menjadi tiga jenis yaitu turbulensi berat, turbulensi sedang dan turbulensi kecil. 

Penyebab Turbulensi pada Pesawat

Penyebab Turbulensi Pesawat
Pexels/Madison Inouye

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan turbulensi pesawat. Faktor pertama adalah turbulensi mekanik yang terjadi ketika aliran udara terganggu oleh obyek fisik seperti pegunungan atau bangunan tinggi. Udara yang mengalir di sekitar penghalang ini menjadi tidak stabil dan menyebabkan guncangan pada pesawat.

Selain itu ada turbulensi termal yang disebabkan oleh aktivitas termal, seperti udara panas yang naik dari permukaan bumi. Hal ini sering terjadi di siang hari ketika matahari memanaskan permukaan tanah, menyebabkan udara panas naik dan menciptakan arus udara yang tidak stabil.

Turbulensi juga dapat terjadi ketika pesawat berada  pada ketinggian yang sangat tinggi di mana lapisan udara yang bergerak dengan kecepatan berbeda bertemu. Turbulensi ini dinamakan Clear Air Turbulence (CAT).

Faktor alam juga dapat menyebabkan turbulensi. Salah satunya adalah keberadaan awan cumulonimbus yang merupakan awan badai yang besar dan menjulang tinggi ini bisa menyebabkan turbulensi yang sangat kuat. . 

Apa yang Dilakukan Pilot saat Turbulensi?

Apa Dilakukan Pilot saat Turbulensi
Freepik/jannoon028

Pilot dilatih untuk mengatasi turbulensi dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang. 

Dalam hal ini pilot akan menerima pembaruan cuaca secara real-time dan dapat mengubah jalur penerbangan untuk menghindari area turbulensi yang diketahui. Selain itu pilot juga dapat menggunakan autopilot untuk membantu menstabilkan pesawat selama turbulensi. 

Ketika terjadi turbulensi, pastikan kamu selalu mengenakan sabuk pengaman saat duduk untuk menghindari cedera akibat guncangan tiba-tiba. Selain itu selalu dengarkan instruksi kru kabin dan tetap tenang.

Demikian informasi dan penjelasan mengenai turbulensi pesawat yang dapat terjadi pada setiap penerbangan. 

Baca Juga:

The Latest