Waspada! Ini Arti Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Medis

Hati-hati kedutan mata kiri atas sebagai tanda penyakit berbahaya, Ma

7 Oktober 2020

Waspada Ini Arti Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Medis
Pixabay/Mariamza

Pernah mengalami kedutan di mata kiri atas? Bukan berarti ada yang rindu, ini arti kedutan mata kiri atas menurut kesehatan.

Kedutan di mata kiri atas bisa sangat mengganggu. Meski tidak menyakitkan tapi terkadang terasa menjengkelkan.

Betul?

Jika Mama mengalaminya, coba jangan selalu percaya mitos. Lihat dari sisi kesehatan yuk seperti yang sudah Popmama.com rangkum.

1. Penyebab kedutan mata

1. Penyebab kedutan mata
Freepik/tirachardz

“Pada dasarnya ini adalah stimulasi berlebihan pada otot mata,” ujar Donny Suh, MD, profesor dari University of Nebraska Medical Center di Omaha.

Stimulasi berlebihan ini menghasilkan kontraksi otot yang tidak sengaja sehingga bermanifestasi sebagai kedutan di mata Mama. Ada beberapa penyebab kedutan umum pada mata kiri atas. Enam yang paling umum:

- Stres
- Kurang tidur atau kelelahan
- Terlalu banyak kafein
- Minum alkohol
- Mata kering
- Kurang nutrisi

“Kedutan biasanya tidak berbahaya dan hanya akan berlangsung selama beberapa minggu,” kata Dr. Suh seperti dilansir dari Health.

Meski demikian, Mama perlu memerhatikan ketika kedutan mata terjadi dalam waktu yang lama atau mengganggu penglihatan. Segera pergi ke dokter jika hal tersebut terjadi.

2. Kondisi Kesehatan Terkait Kedutan Mata Kiri Atas

2. Kondisi Kesehatan Terkait Kedutan Mata Kiri Atas
Freepik

Ketika kedutan mata kiri atas tidak berhenti mungkin bisa pertanda dari penyakit. Jika tidak segera obati maka bisa memperparah kondisi mata. Ini kondisi kesehatan yang bisa terjadi saat kedutan tidak berhenti:

- Blepharospasm
Blepharospasm merupakan kelainan pada mata sehingga kontraksi otot-otot di sekitarnya tidak normal. Kondisi ini cukup langka dan bisa menyebar ke mata lainnya jika tak segera mendapat tindakan medis.

Dalam kasus yang parah, kedutan mata kiri atas bisa terjadi berjam-jam. Para peneliti masih tidak yakin tentang penyebab blepharospasm. Sebagian besar faktornya kombinasi dari lingkungan dan genetik.

Sejumlah ahli kesehatan juga percaya kalau ini karena adanya gangguan pada ganglia basal otak (otak pengatur fungsi motorik yang menghambat jika ada gerakan tak menentu).

- Hemificial Spasm
Hemifical Spasm juga mungkin terjadi jika kedutan pada mata tidak kunjung berhenti. Kondisi ini dikarenakan adanya iritasi pada saraf wajah. Umumnya karena pembuluh darah yang menekan saraf. Segera kunjungi dokter ketika mengalaminya.

- Bell's Palsy
Penyakit yang terkait kedutanadi  mata kiri atas adalah Bell’s Palsy. Gangguan ini menyebabkan kelumpuhan sementara di satu sisi wajah karena peradangan atau trauma pada saraf. Sebagian besar ilmuwan percaya itu disebabkan oleh infeksi virus.

- Meige Syndrome
Ada pula indikasi Meige Syndrome jika kedutan pada mata tidak berhenti. Ini adalah kelainan neurologis langka yang melibatkan kedutan tak hanya pada mata tapi juga di pipi, mulut, lidah, dan leher.

- Tardive Dyskinesia
Penyakit lain yang terkait kedutan mata adalah Tardive dyskinesia. Sebagian besar kasus berkembang karena efek samping dari penggunaan obat antipsikotik jangka panjang. Ini termasuk penyakit yang jarang terjadi.

Editors' Picks

3. Ubah Gaya Hidup

3. Ubah Gaya Hidup
Freepik/schantalao

Perubahan gaya hidup menjadi salah satu cara untuk mengatasi kedutan mata baik sebelah kiri maupun kanan. Bila kamu curiga kedutan karena stres atau faktor umum lainnya seperti kelelahan, terlalu banyak minum kopi, maka perlu perubahan gaya hidup.

Coba untuk mengurangi porsi minum kopimu setiap hari. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol yang hanya 'merusak' tubuhmu saja.

4. Punya Kualitas Tidur yang Baik

4. Pu Kualitas Tidur Baik
Freepik/nensuria

Pastikan kamu tidur dengan kondisi bersih serta melakukan hal-hal yang membuat pikiran rileks. Sebaiknya, mandi air hangat atau melakukan sesuatu yang membuat tidurnya lebih nyaman dan berkualitas. Tidur dengan lampu redup membuat mata lebih banyak beristirahat dibanding dalam keadaan nyala.

5. Istirahat dari Layar Elektronik

5. Istirahat dari Layar Elektronik
Freepik/rawpixel.com

Dokter Suh pun mengingatkan agar membatasi waktu melihat layar elektronik. Dia merekomendasikan untuk mengistirahatkan mata setiap 10 menit.

Misalnya saja dengan menutup mata sebentar lalu melihat benda yang jauh. Hal tersebut juga perlu dilakukan saat membaca buku.

“Ini hanya memakan waktu sekitar 10 sampai 15 detik, jadi tidak punya waktu bukan menjadi alasan,” tandasnya.

6. Botox

6. Botox
Freepik

Ketika kedutan mata kiri atas berlangsung lama dan ternyata terjadi karena blepharospasm, kamu akan disarankan medis untuk melakukan botox. Ini dianggap sebagai perawatan terbaik karena suntik botox bisa melemahkan otot-otot yang mengendalikan kelopak mata sehingga mengurangi risiko ‘kejang’.

Jika suntik botox tidak meredakan gejalanya maka bisa ditambah obat oral sesuai resep dokter. Bahkan bila diperlukan bisa melakukan pembedahan ketika tidak ada pengobatan lain yang berhasil.

Jadi, arti kedutan mata kiri atas tidak melulu dihubungkan dengan mitos rindu atau lainnya. Kamu juga perlu mengeceknya sebagai tanda-tanda adanya gangguan kesehatan.

Baca juga: Apa Arti Sering Kedutan di Area Wajah Saat Hamil?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.