Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Menderita di Tanggal Tua

Lakukan 7 tips ini agar kamu tidak menderita di tanggal tua!

12 Oktober 2018

Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Menderita Tanggal Tua
pexels/rawpixel.com

Kamu termasuk yang menderita di tanggal tua karena uang sudah sangat menipis? Jangan sampai kalau akhir bulan yang kamu makan hanya indomie dengan beraneka rasa ya. Hehe.

Mengatur keuangan memang tidak mudah, terlebih jika sudah berumah tangga.

Banyak sekali pengeluaran yang tidak diduga seperti anak yang tiba-tiba jatuh sakit maupun tagihan listrik yang membengkak karena penggunaan AC terus menerus. Oleh karena itu kamu harus selalu menghemat penggunaan listrik juga ya supaya tagihanmu tidak meningkat terlalu jauh.

Lalu apalagi yang harus dilakukan agar tidah menderita di tanggal tua?

Popmama.com sudah merangkum ketujuh tips untuk kamu agar uangmu dapat bertahan sampai akhir bulan:

1. Menyusun anggaran bulanan

1. Menyusun anggaran bulanan
dreamstime.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyusun anggaran bulanan.

Buatlah pos-pos anggaran sesuai prediksi. Penuhi dari kebutuhan pokok terlebih dahulu. Jangan lupa untuk membuat anggaran tagihan bulanan dan anggaran untuk ditabung. Pergunakan sisanya sehemat dan sebaik mungkin supaya uangmu akan cukup sampai akhir bulan.

2. Membayar semua tagihan

2. Membayar semua tagihan
Pexels/ArtemBali

Kamu harus membayar semua tagihan terlebih dahulu pada awal bulan.

Kamu mungkin memiliki beberapa tagihan seperti cicilan rumah, cicilan kendaraan bermotor, tagihan listrik, air bahkan kartu kredit.

Bayar semua sebelum waktu jatuh tempo agar kamu tidak perlu membayar bunga. Apabila telat membayar tagihan maka beban bunga yang harus kamu bayarpun makin besar dan mengurangi uang kamu yang seharusnya bisa digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.

3. Sisihkan pendapatan untuk ditabung

3. Sisihkan pendapatan ditabung
pexels/rawpixel.com

Saat kecil orangtua kita mengajarkan untuk menabung dan menyisihkan sebagian uang yang kita miliki. Tujuannya adalah agar kita terbiasa menabung dan terbawa saat kita telah dewasa dan memiliki pendapatan sendiri.

Buatlah target tabungan paling tidak 20% sampai 30% dari pendapatan yang dimiliki dan sisihkan sejak awal bulan. Hal ini dimaksudkan agar uang tersebut tidak terpakai untuk membiayai kebutuhan lainnya.

Editors' Picks

4. Membuat rekening tabungan berbeda

4. Membuat rekening tabungan berbeda
pexels/rawpixel.com

Apabila kamu takut untuk mencampur uang untuk pengeluaran dengan yang ditabung, maka kamu dapat membuat beberapa rekening yang berbeda.

Rekening tersebut dapat kamu manfaatkan sesuai alokasi uang bulananmu. Satu rekening untuk menampung uang yang akan dipergunakan untuk kebutuhan bulanan dan rekening lainnya untuk menyimpan tabungan.

Dengan begitu maka kamu tidak akan sembarangan dalam mempergunakan uang yang kamu punya.

5. Tidak sering jajan diluar

5. Tidak sering jajan diluar
Pexels/Oleksandr Pidvalnyi

Ini penting banget menjadi perhatian, terutama bagi keluarga milenial yang hobi jajan di luar. Supaya lebih hemat mengelola pengeluaran, sebaiknya tidak sering jajan di luar.

Cobalah untuk berbelanja bahan makanan pokok dan memasaknya sendiri. Kurangi budget untuk belanja kopi.

Dengan begitu anggaran untuk makan pasti bisa ditekan sehemat mungkin bahkan sampai 50% lho!

Selain itu makanan yang kamu makanpun lebih higienis dan sehat. Kamu juga nggak gampang kena penyakit di usia muda. Termasuk penyakit "kantong kering".

6. Menahan diri

6. Menahan diri
Pexels/pixabay

Biasanya perempuan itu sulit menahan diri dari keinginan berbelanja. Yang dibeli pun biasanya sesuai dengan keinginan.

Padahal agar uang kamu cukup sampai alhir bulan, berbelanjalah sesuai kebutuhan.

Mulai sekarang yuk dipikirkan lagi kalau akan mengeluarkan uang dan tanya pada diri sendiri apakah kamu benar-benar butuh barang tersebut? 

7. Cari pekerjaan sampingan

7. Cari pekerjaan sampingan
Pexels/Kaboompics.com

Bila pendapatan bulananmu masih belum dapat disishkan untuk ditabung atau bahkan belum memenuhi besarnya pengeluaran, maka ini saatnya untuk mencari pekerjaan sampingan.

Pekerjaan sampingan yang dapat kamu pilih hendaknya tidak mengganggu pekerjaan utamamu ya!

Manfaatkanlah segala keahlian dan ilmu yang kamu miliki untuk mendapat pekerjaan sampingan. Bila kamu bisa merias dengan baik, kamu bisa menjadi perias untuk acara wisuda maupun pertunangan.

Keahlian memasak pun bisa jadi sumber pendapatan, kamu bisa menawarkan berbagai jenis hasil masakanmu pada tetangga dan teman. Atau kalau kamu bisa menyetir, tidak ada salahnya menjadi pengemudi ojek online seperti yang marak terjadi saat ini.

Itulah 7 tips agar tidak menderita di hari tua. Kamu harus ikuti cara mengatur uang agar kamu selamat di tanggal tua. Ingatlah selalu peribahasa agar tidak besar pasak daripada tiang. Semoga tips diatas mampu membuat uangmu bertahan lebih lama sampai akhir bulan.

Baca juga: 7 Tips Belanja Hemat agar Uang Bulanan Bisa Ditabung

Baca juga: Sering Belanja Sampai Berlebihan? Ini 5 Cara Menghindarinya

Baca juga: Agar Lebih Hemat, Perhatikan Trik Ini Saat Belanja Kebutuhan Si Kecil