5 Ciri Kepribadian ENFJ yang Sangat Sensitif

Apakah kamu cenderung lebih suka membantu orang lain?

28 November 2021

5 Ciri Kepribadian ENFJ Sangat Sensitif
Pexels/Min An

Selain 5 Ciri Kepribadian ESFJ, si Murah Hati & Punya Banyak Mimpi, bahwa ada juga seseorang yang memiliki kepribadian ENFJ adalah dengan karakter kepribadian extravert, intuitive, feeling dan judging

Pada umumnya, mereka tipe individu yang hangat, sensitif dan suka membantu orang lain. Bahkan cenderung punya banyak ide dan nilai yang kuat. Tak heran jika mereka selalu berenergi dan kreatif untuk mencapai tujuannya.

Agar mengetahui bagaimana mereka berperilaku, berikut Popmama.com berikan ulasan mengenai 5 ciri kepribadian orang ENFJ. Yuk, langsung simak ulasannya!

1. Senang menghabiskan waktu bersama orang lain

1. Senang menghabiskan waktu bersama orang lain
Pexels/Alexy Almond

Bahwa sisi positif dari orang dari kerpibadian ENFJ adalah mudah bergaul, penuh semangat dan ramah pada siapa saja. Karakteristik inilah yang membuat mereka cenderung ekstrovert.

Selain itu, mereka juga berkembang dari interaksi dan situasi sosial. Bahkan mungkin terlibat dalam banyak kegiatan sosial dan menghabiskan waktunya bersama orang-orang di sekitarnya.

Si ENFJ juga sering tidak takut untuk memperkenalkan diri kepada orang baru. Artinya, mereka jarang menghindari situasi yang tidak ia dikenal dan mengisi ulang energinya dengan berada di sekitar orang lain.

Editors' Picks

2. Termasuk orang yang penyayang dan suportif

2. Termasuk orang penyayang suportif
Pexels/Moose Photos

Orang dengan kepribadian ENFJ biasanya sering digambarkan sebagai orang yang hangat, penyayang dan suportif. Mereka juga cenderung sangat mendukung, memahami dan senang melihat orang lain berkembang.

Bahkan mereka sering kali mendorong kontribusi untuk orang sekitarnya dan menjadi pendengar yang baik. Artinya, si ENFJ termasuk tipe kepribadian yang fleksibel ketika bersama orang lain. 

Maka tak heran jika kerpibadian ENFJ terlihat sangat bahagia, memiliki harga diri yang lebih tinggi dan mengalami lebih sedikit kerentanan terhadap depresi.

3. Memperoleh kepuasan pribadi dari membantu orang lain

3. Memperoleh kepuasan pribadi dari membantu orang lain
Pexels/Thirdman

Bahwa kepribadian ENFJ sering kali memperoleh kepuasan pribadi dari membantu orang lain atau menjadi sukarelawan di sebuah organisasi. Maka ia sering kali selalu siap sedia saat diperlukan. 

Di sisi lain, orang dengan kepribadian ENFJ juga lebih suka cenderung mencari sisi terang dari situasi daripada memaksakan hal negatif. Hati nuraninya adalah elemen terkuat dari sifatnya. 

Bahkan secara alami kasih sayangnya lembut, hangat dan tulus kepada siapa saja. Di mana ia pasti akan mempertimbangkan perasaan positif ketika melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain. 

4. Memiliki jiwa kepemimpinan dan meraih banyak kepercayaan

4. Memiliki jiwa kepemimpinan meraih banyak kepercayaan
Pexels/George Milton

Bahwa jiwa kepemimpinan tidak dimiliki oleh semua orang. Tetapi kepribadian ENFJ bisa menguasai dirinya dengan baik. Bahkan mampu mengkondisikan dirinya pada lingkungan di sekitarnya.

Itu artinya, orang ENFJ memiliki perspektif jiwa seorang pemimpin dan sering kali menempatkan nilai tinggi pada strategi maup organisasi.

Di sisi lain, secara alami mereka sangat efektif dalam manajemen yang cukup efektif dalam mendapatkan hasil. Maka tak heran jika mereka sering kali lebih banyak meraih banyak kepercayaan dan mampu meningkatkan kreativitasnya.

5. Dikenal sebagai orang yang sangat sensitif

5. Dikenal sebagai orang sangat sensitif
Pexels/Valeria Ushakova

Pernahkah menyadari bahwa diri kamu terlalu sensitif?

Pada umumnya, kepribadian ENFJ memang dikenal sebagai orang yang sangat sensitif. Bahkan dianggap memiliki kepekaan sistem saraf pusat yang meningkat terhadap rangsangan fisik, emosional atau sosial.

Sementara orang ENFJ yang cenderung sensitif, mereka selalu tersentuh oleh keindahan atau cerita menyedihkan. Malah juga sering kali merasa kewalahan oleh rangsangan sensorik seperti keramaian dan cahaya terang.

Nah, itulah 5 ciri orang dengan kepribadian ENFJ. Apakah kamu salah satunya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.