5 Jenis Buah Terbaik untuk Bantu Menenangkan Kram Perut

Apakah kamu sering mengalami kram saat menstruasi?

5 Desember 2021

5 Jenis Buah Terbaik Bantu Menenangkan Kram Perut
Pixabay/Shutterbug75

Ketika seorang perempuan mengalami kram menstruasi, biasanya ini terjadi karena kontraksi yang menekan pembuluh darah di dekatnya dan memotong oksigen ke rahim. Kondisi inilah yang menyebabkan rasa sakit dan kram.

Dilansir dari Mayoclinic, kram menstruasi (dysmenorrhea) adalah nyeri berdenyut atau kram di perut bagian bawah yang membuat ketidaknyamanan.

Sedangkan cara mengobati gejalanya, berikut Popmama.com berikan 5 daftar jenis buah terbaik untuk mengatasi kram perut. Yuk, cek ulasannya!

1. Kiwi mengandung actinidin dan vitamin di dalamnya

1. Kiwi mengandung actinidin vitamin dalamnya
Pixabay/Alexas_Fotos

Beberapa rasa sakit, kram dan ketidaknyamanan selama periode menstruasi dapat kamu atasi dengan memakan buah kiwi. Ini karena kiwi terdapat vitamin C dan D.

Rebecca Scritchfield, RDN, penulis buku yang akan datang, Body Kindness menjelaskan kepada Redbookmag bahwa kiwi mengandung actinidin yang berupa enzim untuk membantu mengatasi kembung dan menstruasi.

Sedangkan kandungan serat di dalamnya bisa menggerakkan berbagai hal, sehingga kamu tidak mengalami sembelit dan kram perut.

Editors' Picks

2. Nanas dapat melancarkan aliran darah

2. Nanas dapat melancarkan aliran darah
Pixabay/jmexclusives

Jika kamu alami menstruasi yang terdapat kram perut, maka memakan buah nanas adalah pilihan terbaik. Dimana nanas sendiri dapat mengobati menstruasi tidak teratur dan mengurangi periode menstruasi yang menyakitkan.  

Dikutip dari Timesofindia, nanas bermanfaat dalam menyembuhkan kram menstruasi. Ini karena nanas mengandung enzim yang disebut bromelain yang membantu dalam meluruhkan lapisan rahim.

Ditambah lagi, nanas juga meningkatkan produksi sel darah merah dan putih yang melancarkan aliran darah. Itulah mengapa kamu perlu makan buah seperti nanas.

3. Mangga bisa menghasilkan energi saat menstruasi

3. Mangga bisa menghasilkan energi saat menstruasi
Pixabay/liwanchun

Agar kram menstruasi tidak berlanjut, bahwa memakan buah mangga bisa membantu mengatasinya.

Berkat kandungan vitamin E pada mangga, ini meningkatkan produksi dua enzim. Fungsinya sendiri akan menekan metabolisme asam arakidonat, yakni yang menyebabkan peningkatan pelebaran pembuluh darah. 

Lebih dari itu, dosis kandungan vitamin yang ada pada mangga bisa menjadi bagian dari rencana untuk membantu kamu tetap terhidrasi dan menghasilkan energi selama menstruasi.

4. Pisang menjaga sistem saraf dengan baik

4. Pisang menjaga sistem saraf baik
Pixabay/jgzelaya

Jenis buah apa yang dapat menyembuhkan kram menstruasi? 

Pisang adalah buah yang kaya nutrisi untuk mengatur metabolisme dan menjaga sistem saraf berfungsi dengan baik. Terutama vitamin B6 dan magnesium di dalamnya bisa meredakan gejala PMS, termasuk mengurangi nyeri haid.

Jadi mengonsumsi pisang mulai seminggu sebelum menstruasi, maka membantu mengurangi keparahan kram menstruasi.

5. Pepaya memberi banyak kesehatan

5. Pepaya memberi banyak kesehatan
Pixabay/varintorn

Saat kamu alami kram selama menstruasi, biasanya disebabkan oleh peningkatan produksi prostaglandin. Agar hormon pada rahim yang menyebabkannya berkontraksi, maka makanlah buah pepaya secara rutin.

Buah pepaya sendiri dapat mengontraksikan otot-otot rahim dan merangsang atau mengatur kadar hormon estrogen dalam tubuh. 

Secara alami, pepaya juga banyak memberi manfaat kesehatan lainnya untuk kesehatan umum.

Itulah 5 buah yang dapat meredakan kram perut. Jika nyeri haid mengganggu aktivitas kamu, mungkin sudah waktunya berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.