5 Tips Belanja Lebih Hemat saat 11.11 a la Mona Ratuliu

Atur keuangan mulai sekarang dan mulailah berbelanja dengan hemat.

10 November 2021

5 Tips Belanja Lebih Hemat saat 11.11 a la Mona Ratuliu
Instagram.com/monaratuliu

Melihat kebutuhan rumah tangga yang banyak, tentu membuat Mama menjadi esktra dalam memilah kebutuhan apa saja yang sangat diperlukan. Namun, seringkali budget yang dimiliki tidak sesuai dengan list barang yang dibutuhkan.

Pengeluaran dan pemasukan yang tidak seimbang menjadi salah satu tanda adanya penggunaan yang boros. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran karena Mama pun harus dapat mengatur keuangan menjadi lebih baik dan tidak boros lagi.

Hal ini harus didasari dan dibedakan mana keperluan yang sangat penting, tidak penting dan juga keperluan yang mendesak. Selain itu, pada saat berbelanja Mama juga harus mulai berhemat.

Kebanyakan orang, biasanya sangat sulit untuk melakukan proses penghematan ketika berbelanja. Maka terdapat beberapa cara yang harus Mama pelajari untuk mulai menghemat belanjaan.

Berikut Popmama.com sudah merangkum tips belanja hemat saat 11.11 a la Mona Ratuliu yang perlu Mama ketahui. Simak penjelasannya, yuk!

1. Membuat daftar perbelanjaan

1. Membuat daftar perbelanjaan
Freepik/tirachardz

Sebelum mulai berbelanja saat 11.11, Mama sebaiknya menyiapkan daftar list tentang kebutuhan yang ingin dibeli terlebih dahulu. Selain itu, jangan lupa untuk memisahkan keperluan apa saja yang menurut Mama paling penting, tidak penting dan juga keperluan mendesak yang ingin dibeli.

Keperluan yang terlalu banyak tentu akan membuat Mama menjadi tidak hemat. Cobalah untuk memisahkan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan. Dengan begitu, Mama tidak akan hanya menghemat uang namun juga menghemat waktu dalam belanja.

Tidak hanya itu, dengan membuat daftar belanja juga akan membuat Mama menjadi lebih hemat. Hal ini terjadi karena Mama hanya berfokus pada belanjaan saja dan tidak tertarik untuk mengambil ataupun membeli barang-barang yang tidak terlalu penting.

Editors' Picks

2. Mencoba membandingkan harga

2. Mencoba membandingkan harga
Freepik/aleksandarlittlewolf

Sebelum memutuskan untuk membeli barang yang Mama butuhkan, bandingkanlah terlebih dahulu barang mana yang lebih murah dan memiliki kualitas yang bagus. Hal ini dapat digunakan untuk menghemat barang belanjaan yang akan dibeli nantinya.

Baik berbelanja secara langsung maupun online, Mama tidak perlu ragu untuk membandingkan harga. Selain itu, selisih harga yang didapatkan terkadang memiliki nilai yang lumayan. Maka dari itu sangat penting untuk membedakan harga barang terlebih dahulu ya, Ma!

3. Berbelanja melalui fitur online

3. Berbelanja melalui fitur online
Pexels/Pixabay

Di situasi seperti ini, tentunya berbelanja secara online lebih nyaman dan juga aman. Sekarang pun sudah banyak berbagai pilihan yang dapat dilakukan dalam berbelanja online. Pilihan barang yang dijual pun juga cukup banyak dan bervariasi.

Selain itu, dengan berbelanja online Mama tidak hanya dapat menghemat uang belanja, namun Mama juga dapat menghemat waktu. Sehingga, tidak heran bahwa belanja online menjadi salah satu pilihan alternatif yang tepat untuk dilakukan.

Belanja online pun juga dapat dilakukan dengan mudah, yakni hanya perlu melalui aplikasi. Banyak berbagai toko maupun grosir besar juga memanfaatkan hal ini dengan membuka toko secara online. Sehingga Mama tidak perlu khawatir dalam memberi barang apapun sesuai dengan kebutuhan Mama.

4. Menggunakan pembayaran secara digital

4. Menggunakan pembayaran secara digital
Dok. ShopeePay

Melalui berbagai aplikasi belanja online, Mama juga dapat membeli barang dengan menggunakan pembayaran digital. Adanya pembayaran digital tentu akan membuat pembayaran menjadi lebih mudah tanpa harus repot-repot mengeluarkan uang cash.

Pembayaran digital pun saat ini juga semakin melonjak. Hal ini karena pembayaran digital tidak hanya dilakukan untuk membayar belanjaan saja, namun sekarang juga dapat membayar berbagai macam keperluan sehari-hari, mulai dari makanan hingga biaya pendidikan.

Tentunya, dengan adanya pembayaran digital ini akan semakin mudah untuk Mama dalam bertransaksi secara online. Selain lebih sistematis, pembayaran digital juga dapat menghindari terjadinya berbagai risiko seperti uang palsu dan juga human eror.

“Pembayaran digital memang telah menjadi bagian yang lekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk saya dan orang-orang di sekitar saya. Mulai dari berbelanja, kuliner, hingga bayar tagihan." ujar Mona Ratuliu dengan antusias pada Rabu (27/10/2021)

5. Mencari diskon atau info promo dan kampanye

5. Mencari diskon atau info promo kampanye
Pexels/Artem Beliaikin

Manfaat lain dengan berbelanja secara online, Mama dapat mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai diskon ataupun info promo. Berbeda apabila berbelanja secara langsung, tentu harga diskon akan lebih banyak dijumpai ketika berbelanja online.

Selain diskon, Mama juga dapat menggunakan voucher cashback yang tentunya sangat bermaanfaat untuk keperluan Mama ketika berbelanja. Dengan menggunakan berbagai macam diskon maka Mama juga dapat berbelanja lebih hemat karena memiliki potongan harga dari barang yang Mama beli.

Nah, itulah berbagai tips belanja hemat saat 11.11 a la Mona Ratuliu yang perlu Mama ketahui. Dengan informasi ini tentunya Mama akan merasa lebih terbantu pula dalam mengatur keuangan keluarga. Jadi, jangan lupa untuk diterapkan langsung ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk