IWF 2021: Tips Menulis Script untuk Vlog yang Menarik

Yuk, intip tips-tips yang dibagikan oleh Aulion dalam IWF 2O21

1 November 2021

IWF 2021 Tips Menulis Script Vlog Menarik
Dok. IWF 2021

Saat ini, banyak sekali pengguna media sosial di luar sana yang menginginkan menjadi seorang konten kreator yang handal. Namun, menjadi seorang konten kreator juga bukanlah perkara yang mudah.

Para konten kreator secara tidak langsung dituntut untuk selalu bisa memiliki ide dan kemampuan yang baik dalam membuat konten yang menarik. Salah satunya adalah konten kreator bernama Aulia Rizsa Wirizqi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Aulion.

Aulion merupakan salah satu Youtuber Indonesia yang terkenal akan skill stop motion-nya dan video-videonya yang kreatif dan berwarna di YouTube. Dibalik konten videonya menurut Aulion, dalam tahapan pra-produksi, menulis script merupakan peranan paling penting agar konten yang dibuat tertata dengan rapi, baik dan sesuai dengan alur cerita.

Nah, penasaran apa saja tips-tips yang dibagikan oleh Aulion dalam menulis script yang entertaining? Berikut Popmama.com rangkumkan informasinya dilansir dari acara Indonesia Writers Festival 2021 by IDN Times pada Sabtu (30/10/2021) di bawah ini.

1. Cari ide terlebih dahulu yang relatable dengan sekitar sehingga lebih mudah tersebar dengan sendirinya

1. Cari ide terlebih dahulu relatable sekitar sehingga lebih mudah tersebar sendirinya
Pexels.com/Kaboompics

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membuat sebuah konten video adalah menentukan topik atau tema yang akan diangkat dalam konten yang dibuat.

Oleh sebab itu, menentukan sebuah ide dan alasan dibaliknya akan membuat kamu menjadi lebih mudah dalam menyusun sebuah script.

Menurut Aulion, dalam membuat sebuah konten video pilihlah topik yang relatable atau relevan dengan kondisi sekitar agar konten yang dibuat akan lebih mudah tersebar dan bisa menciptakan ikatan emosional bagi yang melihat konten atau video tersebut.

Editors' Picks

2. Sudah tahu apa tujuan dari konten yang akan dibuat

2. Sudah tahu apa tujuan dari konten akan dibuat
Pixabay.com

Salah satu kesalahan yang masih banyak dilakukan oleh para konten kreator pemula adalah belum mengetahui apa tujuan dari konten yang akan dibuat oleh mereka. Misalnya seperti, tidak memahami konten atau topik yang akan dibahas.

Padahal sebelum membuat konten, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari konten tersebut. Apakah ingin memberikan konten hiburan, informasi, atau hal lainnya.

3. Buat script secara detail untuk mengetahui alur cerita sehingga tidak merusak proses pembuatan vlognya

3. Buat script secara detail mengetahui alur cerita sehingga tidak merusak proses pembuatan vlognya
Pexels.com/Picjumbo

Tips selanjutnya dari Aulion adalah kamu harus membuat script secara detail dan rapi untuk mengetahui alur cerita, sehingga tidak akan merusak proses pembuatan konten video.

Dalam menulis script atau naskah yang handal juga tidak hanya membutuhkan kemampuan menulis yang baik saja lho.

Seorang penulis script juga dituntut untuk bisa memahami kondisi lapangan dan teknik pengambilan gambar agar mempermudah semua orang yang terlibat dalam pembuatan video memahami topik yang sedang diangkat.

4. Mendengarkan pendapat dan perspektif dari orang lain

4. Mendengarkan pendapat perspektif dari orang lain
Pexels.com/Alexander

Pastinya setiap konten kreator pernah merasakan kebingungan dalam menemukan ide atau inspirasi dalam membuat sebuah konten. Oleh karena itu, penting sekali mendengarkan pendapat dan perspektif dari orang lain.

Bisa jadi, keluarga atau teman-teman di sekitarmu bisa membantu dan memberikan inspirasi serta insight yang lebih luas terkait topik yang akan diangkat.

5. Seorang konten kreator juga harus memiliki personal branding agar lebih mudah dikenali oleh publik

5. Seorang konten kreator juga harus memiliki personal branding agar lebih mudah dikenali oleh publik
Instagram.com/Aulion

Seperti yang diketahui, Aulion terkenal akan konten-kontennya yang kreatif dan penuh warna yang cerah dalam berbagai videonya.

Untuk itu, Aulion juga mengatakan, seorang konten kreator penting sekali untuk memiliki personal branding di tengah menjamurnya konten kreator saat ini. Tujuan ini dilakukan agar orang-orang mengetahui ciri khas dari konten kreator tersebut dan menjadi sebuah pembeda di antara yang lainnya.

Nah, itulah tips-tips yang dibagikan oleh Aulion dalam menulis sebuah script untuk konten video. Semoga dari penjelasan di atas, kamu jadi lebih tau bagaimana cara membuat script yang tak hanya menarik perhatian penonton tapi juga tetap informatif, sehingga bisa disukai dan ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.