8 Potret Jetsun Pema, Ratu yang Buat Raja Bhutan Tolak Poligami

8 Pesona Ratu Jetsun Pema yang membuat raja Jigme cinta mati

19 Oktober 2021

8 Potret Jetsun Pema, Ratu Buat Raja Bhutan Tolak Poligami
Instagram.com/queenjetsunpema

Ratu Jetsun Pema Wangchuck merupakan ratu termuda di dunia yang berasal dari Bhutan. Bhutan sendiri merupakan negara yang terletak di antara India dan Tiongkok yang terkenal dengan julukan tempat wisata teraman di dunia.

Saat ini, Bhutan dipimpin oleh Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck dan Ratu Jetsun Pema. Keduanya, diketahui memiliki kisah cinta yang banyak menjadi sorotan publik karena Raja Jigme yang cinta mati terhadap Ratu Jetsun dan berjanji tak akan poligami selama hidupnya.

Meski, poligami dilegalkan dalam negaranya. Tapi, Raja Jigme memilih untuk berjanji tak akan menikahi perempuan lain selain Jetsun Pema. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang penasaran dengan pesona Ratu Jetsun Pema yang mampu menaklukan hati seorang raja Bhutan.

Nah, Mama penasaran dengan Ratu Jetsun Pema yang bisa membuat Raja Jigme tak mau poligami. Berikut Popmama.com rangkum potretnya di bawah ini.

1. Ratu Jetsun Pema merupakan cinta pertama Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck

1. Ratu Jetsun Pema merupakan cinta pertama Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck
Instagram.com/queenjetsunpema

Memiliki perbedaan usia 10 tahun tak menyurutkan tumbuhnya rasa cinta antara Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck dengan Ratu Jetsun Pema kala itu.

Diketahui, Raja Jigme jatuh cinta pertama kali kepada Jetsun Pema saat dirinya menginjak usia 17 tahun, yang di mana saat itu usia Jetsun masih 7 tahun. Kabarnya, pasangan ini pertama kali bertemu saat Jetsun Pema dan keluarganya sedang melakukan piknik.

2. Menjadi Ratu termuda di dunia setelah dinikahi oleh Raja Jigme pada 13 Oktober 2011 silam

2. Menjadi Ratu termuda dunia setelah dinikahi oleh Raja Jigme 13 Oktober 2011 silam
Instagram.com/queenjetsunpema

Ratu Jetsun resmi menikah dengan Raja Jigme saat dirinya berusia 21 tahun tahun pada 13 Oktober 2011 silam. Dengan usianya yang masih berumur 21 tahun kala itu, membuat Jetsun Pema dinobatkan sebagai ratu termuda di dunia.

3. Ratu Jetsun diketahui menguasai tiga bahasa asing

3. Ratu Jetsun diketahui menguasai tiga bahasa asing
Instagram.com/queenjetsunpema

Jetsun Pema dikenal sebagai perempuan yang berprestasi selama hidupnya. Kabarnya, ia selalu mendapat nilai terbaik dalam setiap kelas sejak masih duduk di bangku sekolah. Selain itu, Ratu Jetsun juga banyak menjalani pendidikan di India dan lanjut berkuliah di Regent’s College di London.

Diketahui, Ratu Jetsun menguasai tiga bahasa asing. Mulai dari Dzongkha, bahasa asli Bhutan, bahasa India, serta bahasa Inggris.

Editors' Picks

4. Sebelum dinikahi oleh Raja Jigme, Ratu Jetsun tidak memiliki gelar bangsawan atau kerajaan

4. Sebelum dinikahi oleh Raja Jigme, Ratu Jetsun tidak memiliki gelar bangsawan atau kerajaan
Instagram.com/queenjetsunpema

Sebelum dinikahi oleh Raja Jigme, Jetsun Pema merupakan rakyat biasa yang tidak memiliki gelar bangsawan atau kerajaan.

Namun jika dilihat dari garis keturunan, sebenarnya Ratu Jetsun merupakan sepupu jauh dari Raja Jigme. Hal ini karena ibu Jetsun, Sonam Choki, lahir dari salah satu keluarga bangsawan tertua di Bhutan.

5. Disebut sebagai fashion icon oleh masyarakat Bhutan

5. Disebut sebagai fashion icon oleh masyarakat Bhutan
Instagram.com/queenjetsunpema

Jetsun Pema dijadikan fashion icon oleh masyarakat Bhutan karena ia kerap kali tampil dengan bangga mengenakan pakaian tradisional khas Bhutan dalam setiap acara non formil maupun kenegaraan.

Jetsun sering kali tampil dengan menggunakan busana yang memiliki berbagai macam pilihan warna yang cerah, yang membuatnya terlihat semakin menawan dalam setiap penampilannya. Tak heran, ia dijadikan fashion icon oleh masyarakatnya ya, Ma.

6. Memiliki hobi olahraga dan hal berbau seni

6. Memiliki hobi olahraga hal berbau seni
Instagram.com/queenjetsunpema

Selain berprestasi dalam bidang akademik, Jetsun Pema juga memiliki hobi olahraga yang sempat membuatnya menjadi kapten tim basket waktu sekolah dulu.

Selain itu, Jetsun Pema merupakan lulusan dengan gelar hubungan internasional, psikologi anak, dan sejarah seni. Tak heran ia menyukai hal-hal berbau seni. Ia diketahui suka musik dan suka melampiaskan hobinya dengan bermain band.

7. Ratu Jetsun Pema juga terlihat eksis di media sosial, khususnya Instagram

7. Ratu Jetsun Pema juga terlihat eksis media sosial, khusus Instagram
Instagram.com/queenjetsunpema

Meski aktif dalam kegiatan berbagai organisasi sosial dan lingkungan. Ratu Jetsun Pema tetap terlihat eksis di Instagramnya.

Ia terlihat sering membagikan aktivitas dan kegiatan kerajaan lainnya dalam akun media sosialnya tersebut yang bernama @queenjetsunpema. Selain itu, yang menarik dari akun Instagram milik ratu Bhutan ini adalah ia hanya mengikuti akun suaminya saja yaitu @his_majesty_king_of_bhutan. So sweet banget ya, Ma?

8. Dikaruniai dua orang anak yakni Pangeran Jigme Namgyel Wangchuck dan Pangeran Jigme Ugyen

8. Dikaruniai dua orang anak yakni Pangeran Jigme Namgyel Wangchuck Pangeran Jigme Ugyen
Instagram.com/queenjetsunpema

Setelah 10 tahun menikah dengan Raja Jigme, kebahagian pasangan ini semakin lengkap setelah dikarunia oleh dua orang anak laki-laki yakni Pangeran Jigme Namgyel Wangchuck dan Pangeran Jigme Ugyen.

Oleh karena itu, tak heran perempuan luar biasa ini sering kali menginspirasi banyak perempuan lainnya di luar sana. Karena selain berprestasi, ia juga bisa menjadi seorang istri dan ibu yang baik bagi keluarganya. Wah, patut ditiru ya, Ma.

Nah, itulah 8 potret Ratu Jetsun Pema yang mampu menaklukkan hati dari raja Bhutan yakni Raja Jigme yang membuatnya berjanji untuk tak melakukan poligami selama hidupnya. Bagaimana menurut Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.