Tips Lancar Berbelanja Tanpa Perlu Memiliki Credit Card

Kini Mama bisa penuhi kebutuhan sehari-hari keluarga dengan mudah

23 April 2022

Tips Lancar Berbelanja Tanpa Perlu Memiliki Credit Card
Popmama.com/Novy Agrina

Membayar belanjaan dengan kartu kredit (credit card) menjadi salah satu proses transaksi yang banyak dilakukan masyarakat indonesia. Sebab, pembayaran menjadi lebih mudah, praktis, aman, dan melindungi dalam keadaan darurat. 

Di samping itu, hal utama yang membuat masyarakat senang dengan kartu kredit karena bisa melakukan pembayaran cicilan dengan bunga 0%

Sayangnya masih banyak masyarakat tidak bisa menikmati keuntungan tersebut karena tak memiliki kartu kredit. Namun tenang saja, kini ada Atome, aplikasi atau platform yang menyediakan pembayaran pay later atau cicilan tanpa perlu menggunakan kartu kredit. 

Untuk memiliki akun pembayaran ini, Mama tak perlu repot-repot berkunjung ke bank seperti pembuatan kartu kredit. Mama hanya perlu mendownload aplikasinya di Play Store atau App Store dan melakukan registrasi serta melengkapi persyaratan yang diminta. Benar-benar mudah deh pokoknya, Ma! 

Keuntungan lainnya, sudah banyak sekali merchant yang bekerja sama dengan aplikasi ini, Ma. Jadi, kemanapun Mama belanja bisa langsung digunakan.

Untuk lebih jelasnya, simak informasi yang telah Popmama.com rangkum berikut ini yuk! 

Editors' Picks

1. Kegunaan aplikasi pembayaran cicilan

1. Kegunaan aplikasi pembayaran cicilan
Popmama.com/Novy Agrina

Atome merupakan aplikasi atau platform pembayaran yang menyediakan pembayaran pay later atau cicilan untuk online dan offline store. Pembayaran ini dapat dilakukan di berbagai store yang telah bekerja sama.

Salah satu perusahaan yang baru saja bergabung adalah PT Supra Boga Lestari Tbk  yang menaungi 18 Ranch Market, 35 Farmers Market, 2 The Gourmet by Ranch Market, 11 Farmers Family by Farmers Market dan 3 Day2Day oleh Farmers Market. 

Hubungan kerja sama ini dibangun untuk memudahkan masyarakat Indonesia guna memenuhi kebutuhan hariannya dengan produk yang sehat dan berkualitas. 

“Jalinan kerja sama ini merupakan pengalaman yang sangat menarik bagi kami. Di mana para konsumen dapat memiliki akses pada produk sehari-hari yang sehat serta berkualitas dengan akses yang mudah dan terjangkau, terlebih pada bulan Ramadan kali ini dan Idulfitri mendatang," jelas Maria Suwarni, Chief Marketing and Merchandising Officer dari PT Supra Boga Lestari Tbk.  

Maria pun mengatakan, "Kami juga melihat bahwa Atome merupakan aplikasi belanja-sekarang bayar-nanti (Buy-Now Pay-Later) yang sangat populer di Indonesia dan dekat dengan generasi muda sebagai pengguna aktif dunia digital. Kami berharap melalui kerja sama ini, produk berkualitas yang kami miliki dapat diminati dan membantu masyarakat Indonesia khususnya generasi muda dalam menemukan serta menjalankan passion, hobi, dan aspirasi mereka pada bidang kuliner dan gaya hidup."

Walaupun bisa bebas berbelanja dan membayarnya dengan cicilan, Richard Haris selaku Head of Marketing Atome Indonesia menyampaikan, setiap pengguna aplikasi ini memiliki limit dana kredit masing-masing.

2. Proses pembayaran barang belanjaan dengan cicilan tanpa kartu kredit

2. Proses pembayaran barang belanjaan cicilan tanpa kartu kredit
Popmama.com/Novy Agrina
Richard Haris selaku Head of Marketing Atome Indonesia

Mama dapat menggunakan pembayaran secara cicilan atau pay later dengan aplikasi ini dengan mudah sekali. Cobalah ikuti langkah0langkah berikut ini: 

  • Pilih barang impian di merchant favoritmu yang telah bekerjasama dengan Atome, baik merchant online maupun offline. 
  • Pada saat pembayaran, pilih Atome sebagai metode pembayaran.
  • Masukan nomor smartphone untuk mendapatkan kode OTP untuk keamanan dalam melakukan transaksi.
  • Selanjutnya masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor smartphone.
  • Setelah berhasil verifikasi OTP, maka tinggal menunggu konfirmasi selanjutnya dari aplikasi (maksimal 24 jam).
  • Setelah pengajuan cicilan disetujui, maka Mama akan mendapat SMS yang berisi link atau tautan yang mengarahkan pembayaran.
  • Setelah dibayar, maka barang belanjaan Mama akan segera dikirim.

Sedangkan terkait cicilan, aplikasi ini menyediakan dua jenis waktu yakni 3 bulan dan 6 bulan. Dua-duanya tanpa uang muka dan tanpa bunga. Menarik sekali ya, Ma. 

Berikut ini detail atau gambaran proses cicilan untuk 3 kali pembayaran dalam 3 bulan:

  1. Cicilan pertama akan jatuh tempo 1 bulan atau 30 hari setelah transaksi.
  2. Cicilan kedua akan jatuh tempo 2 bulan atau 60 hari setelah transaksi.
  3. Cicilan ketiga akan jatuh tempo 3 bulan atau 90 hari setelah transaksi.

Untuk proses cicilan 6 kali pembayaran dalam 6 bulan tidak berbeda jauh dengan proses di atas. Hanya saja akan ada cicilan keempat, kelima, dan keenam dengan jangka waktu masing-masing 30 hari.

3. Langkah-langkah mendaftar pembayaran cicilan tanpa kartu kredit

3. Langkah-langkah mendaftar pembayaran cicilan tanpa kartu kredit
Popmama.com/Novy Agrina
Atome & Ranch Group

Untuk menggunakan platform ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi Atome Id melalui Play Store atau App Store. Selanjutnya lakukan registrasi agar bisa melakukan pay later selama 3 bulan atau 6 bulan. 

Ada beberapa berkas yang diperlukan dalam proses administrasi, yakni:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia 18 - 65 tahun
  3. Memiliki KTP yang masih berlaku
  4. Berdomisili di Indonesia
  5. Mengunggah foto KTP dan swafoto (selfie)

Setelah itu, Mama bisa berbelanja barang-barang kebutuhan pribadi dan keluarga dengan cara cicilan. Praktis dan mudah sekali kan, Ma? 

Itulah beberapa tips agar bisa berbelanja dengan cicilan tanpa harus memiliki kartu kredit. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk