Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tema Peringatan Hari Perempuan Internasional 2023: Rangkul Kesetaraan

#EmbraceEquity jadi tema Hari Perempuan Internasional 2023

8 Maret 2023

Tema Peringatan Hari Perempuan Internasional 2023 Rangkul Kesetaraan
internationalwomensday.com

International Women's Day atau dikenal Hari Perempuan Internasional menjadi perayaan bagi kaum perempuan setiap tanggal 8 Maret. Setiap tahunnya perayaan Hari Perempuan Internasional mengusung tema yang berbeda-beda. 

Melansir dari situs International Women's Day, perayaan Hari Perempuan Internasional pada tahun 2023 mengusung tema #EmbraceEquity. Dari tema tersebut IWD 2023 mengupayakan agar semua orang bisa merangkul kesetaraan. 

Berikut ini Popmama.com bagikan informasi selengkapnya mengenai tema Hari Perempuan Internasional 2023.

Disimak yuk, Ma!

1. Tujuan dari tema kampanye IWD 2023

1. Tujuan dari tema kampanye IWD 2023
internationalwomensday.com

Dilansir dari situs International Women's Day, tujuan dari tema #EmbraceEquity agar dunia membicarakan soal kesempatan untuk setara yang tidak pernah cukup.

Setiap orang mulai dari tempat yang berbeda, jadi inklusi dan rasa memiliki yang sebenarnya butuh tindakan yang adil juga. 

Editors' Picks

2. Ingin menciptakan dunia yang inklusif

2. Ingin menciptakan dunia inklusif
Freepik/wayhomestudio

Sejatinya kesetaraan ini sebenarnya bisa dirangkul. Bukan hanya diucapkan, bukan hanya ditulis. Ini merupakan sesuatu yang perlu dipikirkan, diketahui, dihargai, dan dirangkul.

Kesetaraan sendiri berarti menciptakan dunia yang inklusif. Makna dari inklusif adalah memahami sesuai sudut pandang orang atau kelompok yang memiliki latar belakang berbeda-beda.

3. Berperan dalam merangkul kesetaraan

3. Berperan dalam merangkul kesetaraan
Freepik/svetlanasokolova

Setiap orang bisa dengan aktif mendukung dan merangkul kesetaraan dalam lingkup pengaruh diri sendiri. Semua orang juga disebut bisa menantang stereotip gender, diskriminasi, menarik bias, dan mencari inklusi.

Aktivitas inilah yang mendorong perubahan. Dari aksi akar rumput hingga momentum berskala luas, semua orang dapat merangkum kesetaraan. 

Menempa kesetaraan gender tidak terbatas pada perempuan yang semata-mata ingin memperjuangkan yang baik. Hal ini sangat penting untuk kemajuan sosial, ekonomi, budaya, dan politik perempuan. 

4. Hari Perempuan Internasional khas dengan warna ungu

4. Hari Perempuan Internasional khas warna ungu
Freepik/wayhomestudio

Hari Perempuan Internasional memiliki warna ciri khasnya sendiri yakni ungu, hijau, dan putih. Ungu memiliki arti keadilan, martabat, dan setia pada penyebabnya.

Sementara itu hijau melambangkan harapan dan putih melambangkan kemurnian, meskipun konsepnya kontroversial. Warna-warna tersebut berasal dari Women's Social and Political Union (WSPU) di Inggris pada 1908.

5. Tema IWD dari United Nations Women

5. Tema IWD dari United Nations Women
Freepik

United Nations (UN) khususnya UN Women pada 2023 mengambil tema Hari Perempuan Internasional 2023 dengan tajuk "DigitALL: Inovasi dan Teknologi untuk Kesetaraan Gender."

Melansir dari situs UN Women, tema ini sama dengan tema prioritas sesi ke-67 Komisi Status Perempuan (CSW-67) mendatang yang bertajuk "Inovasi dan perubahan teknologi, dan pendidikan di era digital untuk mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan semua perempuan dan anak."

Itulah tema Hari Perempuan Internasional tahun 2023 ini yang berlangsung setiap 8 Maret. Untuk menunjukkan solidaritas dalam perayaan ini, Mama bisa berfoto dengan pose #EmbraceEquity dengan cara menyilangkan tangan dan memeluk diri sendiri. 

Kemudian, bagikan foto tersebut melalui media sosial agar mendorong orang lain membentuk dunia yang inklusif. 

Selamat Hari Perempuan Internasional, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk