TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

#BreakTheBias Jadi Tema Kampanye Hari Perempuan Internasional 2022

Pemilihan tema kampanye #BreakTheBias ini ternyata bukan tanpa alasan, lho

2 Maret 2022

BreakTheBias Jadi Tema Kampanye Hari Perempuan Internasional 2022
internationalwomensday.com

International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional dirayakan setiap tanggal 8 Maret. Di hari peringatan ini seluruh dunia merayakan segala pencapaian yang diraih oleh perempuan dalam berbagai bidang, seperti sosial, ekonomi, dan budaya.

Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh PBB pada tahun 1977 silam. Keputusan tersebut diresmikan dengan tujuan untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian di dunia.

Setiap tahunnya Hari Perempuan Internasional memiliki tema kampanye yang berbeda-beda. Untuk tahun ini, #BreakTheBias jadi tema kampanye yang diusung di Hari Perempuan Internasional 2022. Tema ini diangkat bukan tanpa alasan, lho.

Nah, kira-kira seperti apa makna tema kampanye dan tujuan dari Hari Perempuan Internasional 2022? Yuk, simak penjelasannya yang sudah Popmama.com kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini!

1. Makna tema kampanye #BreakTheBias yang diusung

1. Makna tema kampanye BreakTheBias diusung
Pexels/Moose Photos

Dilansir dari situs resminya, International Women’s Day memilih #BreakTheBias sebagai tema kampanye yang diusung karena secara disengaja atau tanpa disadari, bias membuat perempuan sulit untuk maju.

Melalui tema kampanye ini, International Women’s Day memperjuangkan dan menyuarakan kesetaraan perempuan di seluruh dunia.

Pada kesempatan kali ini, International Women’s Day juga mengajak dunia untuk mematahkan semua bias yang ada di sekitar kita, seperti di komunitas, tempat kerja, sekolah, maupun perguruan tinggi.

Dengan begini, kesetaraan terhadap perempuan dapat tercapai, sehingga dunia menjadi lebih beragam, adil, inklusif, dan bebas dari bias, stereotip, maupun diskriminasi.

2. Tujuan International Women’s Day 2022

2. Tujuan International Women’s Day 2022
Pixabay/Hansuan_Fabregas

Dilansir dari The Daily Star, tahun 2022 ini, International Women’s Day telah menetapkan sejumlah tujuan untuk bekerja menuju dunia ideal mereka.

Salah satunya ialah membangun budaya kerja yang inklusif  bagi perempuan sehingga kontribusi mereka diakui dan karier mereka bisa selangkah lebih maju.

Tujuan ini dilakukan dengan memasang daftar lengkap platform karier yang dapat membantu perempuan  memilih karier impian mereka, dengan memicu dialog terbuka tentang menopause dan dampaknya terhadap karier.

Hal ini juga termasuk menampilkan seni perempuan dalam bentuk puisi, musik, seni visual, karya seni dan kutipan ke dunia, menyoroti perempuan berprestasi dalam olahraga serta menempa pemberdayaan perempuan secara global dengan menempatkan perempuan berprestasi pada pusat perhatian.

3. International Women’s Day berupaya membantu perempuan

3. International Women’s Day berupaya membantu perempuan
Unsplash/Sarah Cervantes

Dikutip dari The Daily StarInternational Women’s Day juga berupaya membantu perempuan untuk bertanggung jawab atas kesehatan dan hak mereka. Dialog yang diangkat pun luas dan berkisar dari isu-isu kepositifan tubuh hingga masalah kesehatan perempuan.

Selama bertahun-tahun perempuan telah menunjukkan kekuatan yang terbukti dan harus diperhitungkan di banyak sektor mulai dari seni, sains, olahraga, hingga politik. Jadi sekarang bukan lagi tentang memecahkan hambatan, melainkan mematahkan semua bias yang ada saat ini.

Itulah makna tema dan tujuan dari Hari Perempuan Internasional 2022. Jadi, apakah Mama mau ikut mengambil bagian dari kampanye #BreakTheBias di tahun ini?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk