5 Khasiat Konsumsi Campuran Lada Hitam dan Madu untuk Kesehatan Tubuh

Konsumsi lada hitam dan madu ternyata dapat menangani masalah kesehatan lho!

25 Mei 2022

5 Khasiat Konsumsi Campuran Lada Hitam Madu Kesehatan Tubuh
Freepik

Lada hitam adalah salah satu rempah yang kerap dijadikan sebagai bumbu dapur dalam setiap olahan masakan di Indonesia untuk memperoleh rasa pedas dan gurih yang lezat. Salah satunya adalah olahan daging lada hitam dan tongseng yang menggugah selera.

Ternyata dibalik rasanya yang unik antara pedas dan panas, lada hitam mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor, vitamin K, zat besi, karbohidrat, protein, dan serat. Lada hitam juga mengandung vitamin B, folat, vitamin E, zinc, dan beragam jenis antioksidan, seperti likopen, lutein, zeaxanthin, terpenoid, alkaloid, polifenol, dan flavonoid.

Lada hitam dapat dikonsumsi begitu saja, namun ada baiknya untuk mencampurkan dengan madu yang memiliki rasa manis agar mendapatkan rasa yang nyaman di lidah. Dan, ternyata mengosumsi lada hitam dan madu secara bersamaan juga memberi manfaat yang baik untuk tubuh.

Berikut Popmama.com rangkum manfaat lada hitam yang dikonsumsi bersamaan dengan madu. Simak selengkapnya.

1. Meredakan batuk dan flu

1. Meredakan batuk flu
Freepik

Madu tidak diragukan lagi kandungan senyawa antibakteri dan antioksidan dalam mengatasi gejala flu dan batuk.

Sementara itu lada hitam menyimpan ragam nutrisi penting seperti vitamin C, flavonoid, antioksidan dan bersifat antibakteri yang juga dapat meredakan batuk.

Ketika lada hitam dan madu dikombinasikan dengan madu, keduanya dapat menjadi obat alami yang efektif untuk mengendurkan dahak dan membantu pernapasan saat tubuh sedang mengalami flu.

Editors' Picks

2. Menjaga kesehatan organ pencernaan

2. Menjaga kesehatan organ pencernaan
Freepik

Lada hitam yang dikonsumsi akan melepaskan asam hidroklorida di dalam perut sehingga dapat melancarkan proses pencernaan.

Asam hidroklorida ini dapat membantu menjaga kebersihan usus dan mengatasi pencernaan sehingga sistem pencernaan pada tubuh terjaga dengan baik.

Meminum lada hitam campur madu tentu memberi rasa yang enak di lidah dan juga perut apalagi diseduh dengan air hangat.

3. Memperkuat sistem imun pada tubuh

3. Memperkuat sistem imun tubuh
Pexels/Garon Piceli

Menjaga sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk terhindar dari berbagai penyakit. Dalam mengoptimalkan sistem kekebalan terdapat senyawa antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Lada hitam kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun.

Senyawa aktif pada lada hitam berperan dalam meningkatkan sel darah putih, yang digunakan untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang.

Begitu juga dengan madu yang kaya akan nutrisi antioksidannya. Kombinasi lada hitam dan madu memberikan kesehatan yang menyeluruh bagi tubuh. 

4. Menjaga kesehatan otak dan mengatasi depresi

4. Menjaga kesehatan otak mengatasi depresi
Freepik

Dilansir dari laman healthline, bahwa kandungan piperin yang terdapat pada lada hitam dapat meningkatkan fungsi otak.

Hanya saja penelitian ini baru dilakukan sebatas pada hewan, belum ada penelitian lanjutan pada manusia. Namun secara khusus, penelitian ini menunjukkan manfaat potensial untuk gejala yang berkaitan dengan kondisi otak degeneratif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Sebagaimana penelitian dilakukan pada tikus menemukan bahwa distribusi piperin pada tikus memungkinkan tikus untuk berulang kali menjalankan labirin lebih efisien daripada tikus yang tidak diberi senyawa tersebut. Dalam penelitian hewan pengerat lainnya, ekstrak piperin tampak mengurangi pembentukan plak amiloid, merupakan gumpalan padat dari fragmen protein yang merusak di otak.

Oh, ya selain itu lada hitam juga dapat membantu mengurangi depresi lho. Meminum lada hitam yang dijadikah teh dan dikonsumsi bersamaan dengan madu memberi efek menyenangkan pada tubuh dan tenggorokan. Kemudian istirahat dan tidur yang cukup membuat tubuh kembali bugar dengan pikiran yang segar.

5. Meningkatkan kesuburan pria

5. Meningkatkan kesuburan pria
freepikc.com/ijeab
Banyak hal yang menyebabkan wanita sulit hamil, salah satunya masalah kesuburan pria.

Lada hitam mengandung zinc dan magnesium yang berfungsi dapat meningkatkan kadar testosteron. Hal tersebut dapat meningkatkan kualitas sperma pada Papa. Senyawa zinc berperan dalam proses pembentukan dan pergerakan sperma sehingga dapat meningkatkan kesuburan pada pria.

Nah, itu beberapa khasiat dari lada hitam dan madu bagi kesehatan tubuh. Untuk mengosumsinya, Mama bisa menerapkan dua cara pengolahan lada hitam dan madu sebagai obat alami, terutama dalam mengatasi flu dan batuk. Adapun caranya sebagai berikut :

- Panggang sekitar 4-5 lada hitam dengan api kecil, dinginkan kemudian giling hingga halus. Untuk seetengah sendok madu, tambahkan sejumput bubuk dan campurkan. Setelah tercampur baru dikonsumsi. Lakukan cara ini secara rutin setiap pagi untuk mencegah batuk dan menghindari pilek serta sakit tenggorokan.

Menjadikan teh lada hitam dengan cara menambahkan 2 hingga 3 biji lada hitam yang ditumbuk kasar sebagai bubuk teh ke dalam secangkir air mendidih. Biarkan mendidih selama lima menit. Saring dan tambahkan satu sendok madu. Minum selagi hangat.

Semoga bermanfaat dan berguna dalam kehidupan sehari-hari ya.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk