5 Alasan Sebaiknya Kamu Tidak Tidur Seharian saat Puasa

Selain makruh, ternyata ada alasan lain 

18 April 2021

5 Alasan Sebaik Kamu Tidak Tidur Seharian saat Puasa
Freepik/gpointstudio

Ketika berpuasa, tubuh terasa lebih lemas, terlebih jika melakukan banyak kegiatan. Sehingga, tubuh butuh istirahat, salah satunya dengan tidur atau dengan rebahan. 

Namun akan beda lagi halnya jika kamu memilih untuk tidur seharian selama berpuasa. Tahukah Mama, jika tidur seharian saat puasa, maka jatuhnya akan jadi makruh.

Popmama.com ulas alasan kenapa sebaiknya kamu tidak tidur seharian saat puasa. Cek yuk!

1. Tidak ada pahala tidur

1. Tidak ada pahala tidur
Pexels/ketut-subiyanto

Menurut Ustadz H Saifuddin, kamu harus memerhatikan lagi mengenai hadist yang mengatakan bahwa tidurnya orang berpuasa adalah ibadah. 

Hadist itu diriwayatkan oleh Ibnu Abi Aufa yang dalam sanadnya ada Ibnu Hasan dan Sulaiman Ibn An-Nakhai. Nah, kapasitas mereka dinilai dhaif atau tidak kuat. 

Sedangkan Ustadz Erick Yusuf menjelaskan bahwa jika tidur, yang didapat adalah pahala karena berpuasa, bukan pahala karena tidur. 

Jadi singkatnya, tidak ada pahala tidur jika dilakukan saat puasa. Jika ingin mendulang pahala, kamu bisa rebahan sambil zikir atau bersalawat pada nabi. 

Editors' Picks

2. Tidur seharian melewatkan kesempatan mendapat pahala 

2. Tidur seharian melewatkan kesempatan mendapat pahala 
Freepik

Saat Ramadan, semua kebaikan dilipatgandakan. Oleh karena itu, semua umat Muslim berlomba-lomba mengumpulkan pahala. Yang pasti, tidak dengan tidur seharian. 

Ketika kamu memilih untuk tidur seharian, maka kamu melewatkan kesempatan mendapat pahala dari membaca Alquran, berdzikir, dan salat sunnah. 

Sayang sekali, kan?

3. Membuat tubuh makin lemah

3. Membuat tubuh makin lemah
Freepik/karlyukav

Memang, saat puasa kondisi tubuh akan lebih lemah dibanding kamu tidak berpuasa. Namun bukan berarti kamu memilih untuk tidur seharian. 

Karena tidur seharian malah bisa membuat tubuh makin lemas dan kurang bersemangat. 

Hal ini dipicu oleh perubahan signifikan dari pola tidur yang normal. Ritme tubuh pun terganggu dan akhirnya kamu merasa lelah saat bangun tidur. 

4. Jadi pemicu berat badan bertambah

4. Jadi pemicu berat badan bertambah
Pixabay/mojzagrebinfo

Kamu yang punya mimpi ingin turun berat badan saat puasa namun hanya tidur saja seharian, mungkin bisa mengubur mimpi itu. 

Jika menghabiskan waktu dengan tiduran dan malas-malasan seharian, maka berat badan kamu bisa lebih cepat naik. Terlebih jika kamu selalu makan banyak saat sahur dan buka puasa. 

Tubuh tetap perlu pembakaran lemak meski sedang berpuasa. Kamu tak bisa mengharapkan hal itu jika hanya tidur. 

Tak masalah jika tak mau berolahraga saat puasa, namun usahakan untuk tetap bergerak aktif sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga. 

5. Banyak tugas yang terbengkalai

5. Banyak tugas terbengkalai
Freepik/drobotdean

Puasa bukan berarti semua pekerjaan bisa dikerjakan dengan sendirinya. Kamu yang punya banyak tugas dan memilih tiduran seharian, maka siap-siap pusing menghadapi tumpukan kerjaan. 

Apalagi jika kamu masih WFH dan memilih tidur siang setiap hari sampai sore. Maka kamu akan kebingungan menyelesaikan pekerjaan. 

Hal ini juga berlaku untuk urusan masak-memasak dan pekerjaan rumah. Semakin lama kamu bermalas-malasan, maka takkan terlihat kapan pekerjaan rumah ini akan selesai. 

Itu dia beberapa alasan kenapa kamu sebaiknya tidak tidur seharian saat puasa. Lakukan hal lain yang lebih berguna, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.