8 Ide Camilan Sehat yang Bisa Dibuat dalam 5 Menit

Mudah, cepat, sehat, dan enak!

8 Juni 2019

8 Ide Camilan Sehat Bisa Dibuat dalam 5 Menit
focusonthefamily.com

Camilan merupakan makanan yang wajib ada di rumah. Saat menunggu waktu makan, setelah makan, atau saat terbangun tengah malam, cemilan jadi penyelamat kelaparan si Kecil.

Memilih cemilan sehat tak kalah penting, Ma. Karena ini bisa jadi asupan tambahan untuk pertumbuhan si Kecil. Kadang, Mama tak punya banyak waktu untuk menyiapkan camilan sehat.

Namun nyatanya, ada juga kok, Ma, camilan sehat yang ringkas.

Disusun Popmama.com, inilah 8 camilan sehat yang bisa dibuat hanya dalam 5 menit:

1. Energy balls

1. Energy balls
goodlifeeats.com

Daripada membiarkan si Kecil makan camilan manis kemasan terus-menerus, kenapa tidak coba membuatnya sendiri. Dijamin tak kalah enak! Mama bisa membuat energy balls yaitu bola-bola manis berisi banyak makanan bernutrisi.

Untuk 12 bola-bola manis, Mama bisa menggunakan:

  • 1/4 cup oatmeal
  • 3 sendok makan bubuk coklat
  • Seujung kuku garam
  • 3/4 cup kurma tanpa biji
  • 1/2 cup kelapa kering
  • 1/2 cup kacang cincang (bisa menggunakan almond atau lainnya)
  • 1 1/2 sendok makan air hangat

Caranya:

  1. Campur oatmeal, bubuk coklat dan garam sampai merata. Lalu masukkan kurma dan air hangat ke dalam blender atau food processor sampai halus.
  2. Aduk rata dengan campuran oatmeal dan bentuk bulat-bulat yang cukup untuk mulut si Kecil. Kemudian taburi bola-bola dengan kacang cincang dan kelapa kering. Siap disajikan!
  3. Bola-bola ini juga bisa disimpan di dalam kulkas dalam wadah tertutup untuk dikonsumsi lagi di lain hari. Jika di kulkas bawah bisa bertahan sekitar 1 minggu. Sedangkan jika disimpan di freezer bisa bertahan 2-3 minggu.

2. Sandwich pisang

2. Sandwich pisang
skinnyms.com

Dengan menggunakan pisang dan selai kacang, Mama bisa menciptakan camilan yang menarik serta enak. Cukup potong pisang setebal sekitar 2 cm dan oleskan dengan selai kacang dan taburi keju untuk rasa yang lebih kaya.

Satukan pisang sampai terbentuk seperti roti sandwich. Cukup 5 menit dan langsung bisa disajikan.

3. Sate buah

3. Sate buah
taste.com.au

Jika si Kecil sudah bosan dengan buah yang dibuat jus atau dibuat smooties, coba cara yang satu ini. Potong buah menjadi ukuran yang cukup untuk mulut si Kecil dan susun dengan menggunakan tusuk sate.

Setidaknya gunakan 3 buah berbeda untuk warna dan bentuk yang menarik hati. Untuk kreasi, Mama bisa menambahkan roti lapis selai. Makin nikmat!

Editors' Picks

4. Eskrim buah

4. Eskrim buah
onegreenplanet.org

Si Kecil terus meminta eskrim? Buatkan saja yang sehat untuknya. Mama bisa menggunakan aneka resep smoothies untuk dirubah menjadi eskrim anak.

Buat eskrim pada malam hari dan eskrim pun akan siap dimakan keesokan harinya!

5. Yogurt beku dengan buah

5. Yogurt beku buah
familyfreshmeals.com

Untuk camilan dingin, bisa coba buat yogurt beku dengan isian buah. Siapkan cetakan es (yang silikon lebih baik) dan masukkan buah pilihan ke dalam cetakan tersebut.

Beberapa pilihan buahnya seperti bluberi, potongan stroberi, buah naga, jeruk potong dan sejenisnya.

Kemudian tutup buah dengan yogurt dan diamkan semalaman sampai beku. Camilan ini pun bisa dinikmati pada keesokan harinya.

Bacajuga:

6. Popcorn madu

6. Popcorn madu
myvega.com

Buat popcorn dan saat baru matang, langsung aduk bersama madu sampai merata. Setelah itu, bentuk bulatan dan tusukkan stik es krim. Masukkan ke dalam freezer selama beberapa saat sampai agak mengeras. Siapa yang takkan suka?

7. Pizza crackers

7. Pizza crackers
asprinkleofthisandthat.blogspot.com

Ingin camilan asin, mari coba membuat pizza crackers. Gunakan cracker asin, beberapa potong smoke beef atau pepperoni, saus pizza (saus tomat pun tak apa) dan keju mozzarella.

Ajak si Kecil menata pepperoni dan keju. Setelah jadi, panggang selama 3 menit dan pizza unik pun siap dimakan.

8. sushi roti

8. sushi roti
instagram.com/healthytoddlermenu

Saat si Kecil bosan dengan roti yang itu-itu saja, cobalah buat kreasi lain. Salah satunya sushi roti. Ratakan roti dengan penggiling agar jadi tipis. kemudian lapisi dengan selai, tambahkan buah potong untuk tekstur.

Kemudian potong roti tawar yang kotak menjadi 3 bagian lalu gulung seperti sushi. Membuatnya pun mudah, ringkas, dan anak-anak pasti senang dengan camilan menarik.

Jadi besok berencana membuat yang mana, Ma?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.