Manfaat Makan Yogurt Saat Kehamilan Trimester Kedua

Ini dia manfaat utama dari semangkuk yogurt untuk ibu hamil

24 Februari 2019

Manfaat Makan Yogurt Saat Kehamilan Trimester Kedua
Pinterest.com/SarahKieffer

Setelah memasuki kehamilan trimester kedua, biasanya Mama mengalami masa transisi di mana mual dan muntah mulai mereda. Mama mulai merasa kehamilan yang sekarang dijalani perlahan mulai bersahabat.

Semakin hari pasti Mama semakin bersemangat untuk menjaga kesehatan Si Kecil yang sedang berada dalam kandungan Mama. Jangan lupa untuk memilih nutrisi yang tepat seperti sayuran dan buah-buahan.

Bagaimana pun, makanan untuk janin sepenuhnya berasal dari apa yang Mama makan. Kalau Mama suka yogurt, ini adalah salah satu menu pelengkap yang baik untuk ibu hamil. Yogurt memiliki banyak kandungan gizi yang bisa menyehatkan Mama dan janin. Yuk, simak manfaat yogurt untuk ibu hamil.

1. Yogurt kaya akan kalsium

1. Yogurt kaya akan kalsium
Freepik/macrovector

Nutrisi yogurt memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil terutama untuk memenuhi asupan kalsium dan protein. Kalsium sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi dalam kandungan. Kebutuhan kalsium selama hamil yang Mama butuhkan kurang lebih 1.200 mg per hari.

Cukup banyak kan Ma? Sementara 1 cup yogurt tanpa lemak mengandung sekitar 256 mg kalsium.

Kebutuhan kalsium ini bukan hanya untuk Mama, tapi juga untuk perkembangan janin dalam kandungan. Kekurangan kalsium bisa memicu cacat syaraf dan masalah pada kesehatan tulang dan gigi janin.

Editors' Picks

2. Mengandung protein dan vitamin D

2. Mengandung protein vitamin D
Freepik

Jika mual dan muntah menyerang, Mama bisa sarapan dengan segelas susu atau yogurt untuk menghilangkan rasa mual. Jika selama kehamilan Mama malah merasa mual karena minum susu, Mama bisa menambah atau menggantinya dengan mengonsumsi yogurt saja.

Nutrisi yogurt sama halnya dengan susu, selain kaya akan kalsium, yogurt juga kaya akan protein dan vitamin D yang baik untuk perkembangan tulang calon bayi.

Supaya lebih segar, Mama bisa coba tambahkan buah-buahan seperti strawberry atau anggur dan kiwi sehingga membantu mengurangi rasa mual di pagi hari.

Selain bisa mengurangi rasa mual dan muntah, buah dengan rasa asam dan segar lainnya juga kaya vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Yogurt bisa menjadi minuman dingin di pagi hari yang membantu meningkatkan nafsu makan karena menghilangkan mual dengan rasa asamnya yang tidak terlalu kuat. Sekali lagi, Mama bisa menemukan manfaat yogurt untuk ibu hamil.

3. Yogurt sumber probiotik

3. Yogurt sumber probiotik
Freepik/nensuria

Yogurt mengandung probiotik alami yang bermanfaat untuk membantu perkembangan syaraf bayi. Selain itu, probiotik juga membuat pencernaan ibu hamil menjadi lebih sehat. Dijamin Mama terhindar dari sembelit karena BAB jadi lebih lancar.

Itulah tadi penjelasan mengapa Mama penting memakan yogurt saat memasuki kehamilan trimester kedua. Manfaat yogurt untuk ibu hamil di trimester kedua sangat baik untuk kesehatan Mama dan janin. Mama bisa memiliki yogurt plain atau rasa buah sesuai yang Mama inginkan.

Baca juga: 12 Bahan Makanan yang Mengandung Zat Besi yang Dibutuhkan Keluarga

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!