Cara Memilih Daun Kelapa yang Baik untuk Bungkus Ketupat

Penting, agar ketupat jadi dengan sukses!

10 Mei 2021

Cara Memilih Daun Kelapa Baik Bungkus Ketupat
eyeem.com

Menjelang Lebaran, banyak yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah menu khas Lebaran yaitu ketupat.

Banyak yang menawarkan ketupat langsung jadi. Namun membuatnya sendiri tidak serepot yang dibayangkan kok. Jika tertarik, kamu juga bisa membuat ketupat sendiri.

Sebelum itu, ada tahap penting yang tak boleh terlewatkan yaitu mencari daun kelapa untuk bungkus ketupat. Agar tak salah pilih, Popmama.com telah merangkumkan tips memilih daun kelapa untuj bungkus ketupat:

1. Pilih daun berukuran sama

1. Pilih daun berukuran sama
eyeem.com

Ketupat yang bagus dibuat dari daun kelapa yang berukuran sama. Karena jika tidak, bentuknya tidak simetris dan tidak bisa menutup dengan sempurna.

Saat hendak membeli janur untuk ketupat, sempatkan untuk memilih yang ukurannya mirip. Tak mau kan kalau ketupatnya bocor setelah direbus?

Editors' Picks

2. Pilih yang berwarna kuning

2. Pilih berwarna kuning
goodnewsfromindonesia.id

Salah satu tanda janur yang baik untuk ketupat adalah yang berwarna kuning dan bersih. Warna kuning berarti juga memiliki wangi yang lebih kuat.

Daun kelapa yang sudah kehijauan memiliki aroma wangi yang tidak terlalu kuat dibanding janur yang berwarna kuning. Untuk ketupat, wangi alami dari janur membuatnya terasa lebih nikmat.

3. Pilih yang beranyaman rapi

3. Pilih beranyaman rapi
foodyoushouldtry.com

Jika tak sempat membuat kulit ketupat, membelinya juga tak masalah. Namun pastikan untuk membeli kulit ketupat yang tepat.

Pilihlah yang beranyaman rapi. Di mana rapat dan lebar janurnya sama agar bentuk ketupat bisa bagus dan tidak mudah bocor.

4. Rendam dahulu

4. Rendam dahulu
happyfresh.my

Untuk kebersihan, pastikan untuk menyiapkan waktu sebelum membuat ketupat. Rendam dahulu kulit ketupat dalam air dingin kira-kira 10-30 menit.

Tujuannya agar debu, getah dan kotoran yang melekat bisa larut dalam air. Setelah direndam, jangan lupa siram juga dengan air mengalir.

Membuat ketupat memang susah-susah gampang. Namun dengan mengetahui trik yang tepat, ketupat yang nikmat dan berbentuk bagus pun bisa Mama buat. Selamat berkreasi!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.