Bisa Dicoba, 6 Cara Mengurangi Bau Vagina yang Mengganggu

Dengan minyak esensial atau makanan yang sehat

27 Februari 2021

Bisa Dicoba, 6 Cara Mengurangi Bau Vagina yang Mengganggu
Freepik/gballgiggsphoto

Area intim perempuan memiliki aroma yang khas. Jika tidak dirawat dengan tepat, maka aromanya bisa berubah.

Organ intim perempuan ini memang hampir selalu tertutup dan cenderung lembab. Jika tidak dirawat kebersihannya dengan maksimal, maka kuman bisa lebih mudah berkembang baik. 

Hasilnya, akan tercium bau tidak sedap dari bawah sana. 

Agar tidak terjadi, Mama bisa mencoba beberapa cara di bawah untuk mengurangi bau vagina. Popmama.com punya cara untuk mengurangi bau vagina. 

1. Konsumsi makanan dan minuman dengan probiotik

1. Konsumsi makanan minuman probiotik
Freepik/8photo

Probiotik memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk vagina. Kandungan probiotik yang ada di yoghurt contohnya, bisa mengurangi masalah bau tak sedap pada vagina. 

Selain itu, mengonsumsi yoghurt juga bisa membantu pengobatan vaginosis bakteri atau infeksi pada vagina. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, hindari mengonsumsi yoghurt yang over processed. Pilih yoghurt plain yang lebih sedikit mengandung pengawet dan bahan kimia buatan. 

2. Rutin mengonsumsi jus cranberry

2. Rutin mengonsumsi jus cranberry
Freepik

Bicara tentang jus, ada jus cranberry yang sangat baik untuk kesehatan vagina. Jus ini bisa membantu menjaga tingkat pH di area vagina. 

Hasilnya, bakteri jahat bisa ditekan perkembangannya. Dengan mengonsumsi jus cranberry secara rutin, kamu juga bisa mengurangi risiko infeksi saluran kemih, lho.  

Editors' Picks

3. Membersihkan dengan baking soda

3. Membersihkan baking soda
Freepik/Rudoelena

Jika dirasa bau cukup mengganggu dan membuatmu tidak pede, bisa membersihkannya dengan baking soda. Kamu bisa mencampurkan baking soda ke dalam segelas air dan aduk sampai rata. 

Setelahnya, campuran ini bisa dibilas ke vagina. Kandungan sodium bikarbonat yang ada di baking soda mampu memperbaiki keseimbangan pH dan mengurangi pertumbuhan bakteri di vagina. 

4. Membilas dengan tea tree oil

4. Membilas tea tree oil
Freepik/Yanadjana

Cara lain mengurangi bau tidak sedap di vagina adalah dengan membilasnya menggunakan tea tree oil. Kandungan antibakteri di tea tree oil bisa mengurangi bau mengganggu di vagina. 

Kamu bisa mencampurkan segelas air dengan 4 tetes tea tree oil. Kemudian gunakan sebagai bilasan vagina setiap setelah mandi. Rasakan sendiri hasilnya, Ma!

5. Membilas dengan minyak esensial lavender

5. Membilas minyak esensial lavender
Freepik/Sandimage

Selain menggunakan tea tree oil, Mama juga bisa menggunakan minyak esensial lavender. Aromanya yang kuat dan menenangkan mampu mengurangi bau tidak sedap di vagina. 

selain itu, minyak lavender bisa juga membantu menyembuhkan vaginosis bakterialis, yaitu infeksi vagina karena ketidakseimangan flora. 

Kandungan antimikroba dan anti inflamasi di minyak esensial lavender mampu membunuh bakteri dan menghilangkan rasa gatal pada vagina. 

Kamu bisa mencampurkan sesendok makan witch hazel dengan 10 tetes minyak esensial lavender ke dalam segelas air. Kemudian, bilaslah vagina setiap selesai mandi.  

6. Rutin mengonsumsi susu kunyit

6. Rutin mengonsumsi susu kunyit
Freepik/Azerbaijan-stockers

Yang terakhir adalah rutin mengonsumsi golden latte atau kunyit susu. Kunyit memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi yang bisa menghilangkan bau tak sedap pada vagina. 

Kamu bisa mencampurkan 1 sendok teh kunyit bubuk ke dalam satu gelas susu hangat dan mengonsumsinya sesaat sebelum tidur. Kandungan kebaikan di kunyit bisa dua kali bekerja lebih maksimal jika digabung dengan susu. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau tak sedap di vagina. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.