5 Cara Menjernihkan Mata Secara Alami

Bisa dengan daun sirih atau bunga telang

26 Oktober 2020

5 Cara Menjernihkan Mata Secara Alami
Freepik/wayhomestudio

Mata adalah jendela hati. Jadi, memiliki mata yang segar dan jernih juga sangat penting. Namun bagaimana jika matamu tidak terlihat jernih?

Ada banyak penyebab kenapa mata jadi tak jernih. Beberapa di antaranya adalah karena asap polusi, kurang tidur, terlalu banyak di depan gadget, dan lainnya. 

Jika mata tak jernih, biasanya dibarengi dengan mata yang terasa kering dan perih. Tak perlu melulu menggunakan obat mata, karena ada beberapa cara yang alami. 

Disusun Popmama.com, inilah cara alami untuk menjernihkan mata. 

1. Kompres mata dengan kapas rendaman air mawar

1. Kompres mata kapas rendaman air mawar
medicalnewstoday.com

Air mawar tak hanya baik untuk kecantikan, namun juga bisa untuk kesehatan mata. 

Kandungan dari air mawar yang memiliki anti inflamasi bisa meredakan mata yang merah dan perih. Kamu bisa meneteskan air mawar ke kapas dan kompres kedua mata. 

Diamkan selama beberapa menit dan mata pun bisa lebih segar dan jernih. 

Pastikan untuk menggunakan air mawar yang murni dan bebas dari alkohol dan bahan kimia lainnya agar mata tidak makin perih. 

Editors' Picks

2. Kompres dengan potongan mentimun

2. Kompres potongan mentimun
Freepik

Salah satu cara paling terkenal saat ingin menjernihkan dan menyegarkan mata adalah dengan menggunakan potongan mentimun. 

Buah yang satu ini memiliki vitamin C dan asam folat yang bisa menstimulasi antioksidan yang melawan racun di mata. Jika mata kamu sering terkena asap polusi atau blue light, maka rutinlah menggunakan kompres potongan mentimun. 

Mentimun juga mengandung air yang tinggi sehingga bisa melembabkan kulit sekitar mata. 

3. Menggunakan rendaman air sirih

3. Menggunakan rendaman air sirih
shopee.co.id

Salah satu cara alami mencerahkan mata dengan cepat adalah dengan menggunakan rendaman air sirih. Memang agak perih, namun hasilnya langsung terlihat. 

Kamu bisa merebus air dan daun sirih selama 10 menit dan kemudian diamkan sampai dingin. Kemudian ambil sebagian air dan basuh ke arah mata. 

Pasti rasanya perih dan kamu bisa mengulanginya sebanyak 2 atau 3 kali di setiap mata. Setelah mencuci mata dengan air sirih, langsung terlihat lebih jernih dan bersih. 

4. Membuat rendaman air bunga telang

4. Membuat rendaman air bunga telang
tokopedia.com

Bunga telang dikenal sejak zaman dahulu sebagai obat mata. Masyarakat Indonesia merendam bunga telang dengan air panas dan mendiamkannya sampai dingin. 

Setelah itu, barulah airnya digunakan untuk mencuci mata yang mengalami keluhan ringan seperti perih, gatal, atau tidak jernih. 

Dibanding sirih, bunga telang lebih ringan perihnya. Sebelum memasukkan ke air panas, pastikan telah mencuci bunga dengan bersih, ya!

5. Konsisten melakukan gaya hidup yang sehat

5. Konsisten melakukan gaya hidup sehat
Freepik/benzoix

Selain obat alami di atas, menjalankan gaya hidup yang sehat juga berpengaruh pada kejernihan mata. 

Jangan memaksa terus memegang ponsel atau membuka laptop jika mata terasa kering dan perih. Begitu juga saat mengantuk, jangan memaksa untuk tetap terjaga. 

Rutinkan untuk makan sehat dan hindari junk food dan sejenisnya. Menghindari merokok juga bisa membantu matamu terlihat lebih jernih. 

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk menjernihkan mata secara alami. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.