TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ini Dia Cara yang Benar Makan Natto, Auto Ketagihan!

Paling nikmat natto disajikan dengan nasi hangat, Ma

29 Juli 2022

Ini Dia Cara Benar Makan Natto, Auto Ketagihan
Pixabay/whui1818

Akhir-akhir ini, makanan khas Jepang, natto, sedang ramai dicoba oleh warganet. Ada yang suka, ada yang tidak suka. Sebenarnya, bagaimana cara makan natto yang benar? 

Natto adalah kedelai yang difermentasi. Beberapa orang mengatakan, rasanya mirip dengan tauco. Bedanya, natto punya tekstur yang lengket dan licin. 

Makanan tradisional Jepang ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, beberapa di antaranya adalah untuk menyehatkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan membuat tulang lebih kuat. 

Dengan adanya #nattochallenge, banyak orang mencoba natto dan dikreasikan berbagai cara makan. Nah, Popmama.com akan memberikan cara benar untuk makan natto. 

1. Mengenal jenis natto

1. Mengenal jenis natto
Youtube.com/tsunagu Japan Videos

Ada 3 jenis natto yang dibedakan oleh ukuran kacangnya. Ada yang berukuran besar, sedang, dan kecil. Semua itu dikemas dalam wadah kotak yang siap makan.

Selain itu, ada juga bungkus kecil berbentuk bulat yang lebih ringkas untuk dimakan.  Di dalam kemasan, biasanya terdapat saus khas dan mustard untuk campuran natto. 

Editors' Picks

2. Cara membuka natto

2. Cara membuka natto
Youtube.com/tsunagu Japan Videos

Pertama, buka dahulu bungkusnya. Di dalamnya ada 2 jenis saus dan penutup plastik agar saus tidak menempel dengan natto. 

Keluarkan kedua saus dan tarik sedikit ujung plastik sampai melewati kotak. Kemudian, tutup kotak dan tarik plastik dengan cepat. Cara ini membuat sedikit natto yang menempel di plastik sehingga tidak terbuang. 

Ada juga cara lain mengangkat plastik tersebut yaitu dengan mencubit bagian tengah dan mengangkatnya cukup tinggi. Kemudian, putar-putar sampai yang lengket terlepas dari plastik.

3. Cara mencampur natto

3. Cara mencampur natto
Youtube.com/tsunagu Japan Videos

Sebelum menggabungkan dengan kedua saus, aduk natto secara merata. Semakin diaduk, natto akan semakin lengket dan jadi semakin nikmat saat disantap. 

Tambahkan kedua saus ke dalam natto dan aduk kembali sampai merata. 

4. Bisa dimakan dengan nasi hangat

4. Bisa dimakan nasi hangat
Youtube.com/tsunagu Japan Videos

Kamu memang boleh makan natto secara langsung, tapi yang paling nikmat adalah dengan nasi. Kamu disarankan untuk menikmati natto bersama nasi hangat. Campurkan sedikit natto ke dalam sesendok nasi dan nikmati sampai habis. 

5. Campuran lain untuk makan natto

5. Campuran lain makan natto
Youtube.com/tsunagu Japan Videos

Selain dengan nasi, natto juga bisa dinikmati dengan beberapa bahan makanan ini. Kamu bisa mencampur natto dengan daun bawang dan bonito flakes. kimchi, dan telur mentah. 

Selain itu, natto juga bisa dicampur dengan wasabi, keju, mayonnaise, rumput laut, dan lainnya. 

Itu dia cara tepat akan natto, jangan sampai salah lagi, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk