Jangan Langsung Buang, Ini 7 Tempat Mendonasikan Barang Tak Terpakai

Bisa digunakan untuk mereka yang membutuhkan

29 Maret 2021

Jangan Langsung Buang, Ini 7 Tempat Mendonasikan Barang Tak Terpakai
Pexels/Puwadon Sang-ngern

Setelah membereskan rumah, tentu ada beberapa barang yang ternyata tidak terpakai lagi.

Mendonasikan barang dibanding membuangnya langsung bisa jadi solusi untuk menjaga ketahanan masa hidup sebuah barang. Dengan begitu, sampah tidak makin menumpuk. Serta, barang-barang tersebut bisa membantu mereka yang memang butuh. 

Untungnya, kini banyak tempat untuk mendonasikan barang. Tak hanya pakaian, tapi juga bisa banyak lainnya. 

Jika masih layak, kamu bisa mendonasikannya di tempat yang telah dirangkum Popmama.com. Inilah tempat mendonasikan barang layak pakai di Jakarta. 

1. Clothes for Charity 

1. Clothes for Charity 
clothesforcharity.id

Untuk kamu yang ingin mendonasikan pakaian layak namun sudah tidak digunakan lagi, maka bisa mencoba ke Clothes for Charity. Dalam akun Instagramnya @clothesforcharityid, sudah ada cabang di beberapa kota besar Indonesia. 

Seperti contoh, ada di Bandung, Yogyakarta, Malang, Bali dan Lombok. Kamu bisa lebih mudah memberikan donasi!

Nantinya, baju yang kamu donasikan akan dijual kembali. Di mana hasil penjualannya bisa menjadi biaya pendidikan gratis untuk mereka yang tidak mampu. 

Setiap bulan, mereka telah menerima sekitar 200 donasi, dengan total donasi sebanyak 2.630 orang. Sedangkan penerima donasi sudah sampai 300 anak. Wah!

2. Give2 Pick Indonesia

2. Give2 Pick Indonesia
instagram.com/give2indonesia

Yang satu ini cukup unik. Karena kamu tak perlu mengirim, namun akan ada yang menjemput barangmu yang akan didonasikan. Give2 Pick Indonesia adalah jasa angkut barang bekas layak pakai. 

Setelah dijemput, nanti mereka akan memberikan pada orang yang memang membutuhkan. Beberapa barang yang diterima antara lain perlengkapan sekolah, mainan anak, dan pakaian. 

Untuk saat ini, layanan penjemputan masih berkisar di Yogyakarta saja.

Editors' Picks

3. Tukar Baju

3. Tukar Baju
instagram.com/tukarbaju_

Dengan akun Instagram yang bernama @tukarbaju_, akun ini digagas dari Zero Waste Indonesia untuk menjaga kestabilan limbah pakaian. 

Dalam sekali kurun waktu pengumpulan, ada sekitar 5.600 baju yang terkumpul. Di mana sekitar 5.200 baju masih layak pakai dan disumbangkan ke tempat-tempat yang membutuhkan.

Sementara sisanya yang tidak layak pakai akan diolah kembali. 

Kamu bisa mengecek akun IG nya untuk melihat kapan mereka akan buka batch untuk donasi pakaian. 

4. Sedekah Barang Berkualitas

4. Sedekah Barang Berkualitas
instagram.com/sedekahbarangberkualitas

Selanjutnya ada Sedekah Barang Berkualitas yang memiliki konsep mengumpulkan semua barang yang ingin disedekahkan. Tak hanya pakaian, tapi Mama juga bisa memberikan lemari, peralatan bayi, mainan, meja, sofa, dan lainnya. 

Nantinya, barangnya akan dijual dan hasil penjualannya akan menjadi sedekah yang memberikan. Uang tersebut akan disalurkan ke pihak-pihak yang memang membutuhkan. 

Kamu bisa menyumbang uang atau barang melalui www.nyumbang.id atau menghubungi nomor WA di 0812-1159-4700.

5. Donasi Barang

5. Donasi Barang
instagram.com/donasibarang

Mirip dengan Sedekah Barang Berkualitas, ada juga Donasi Barang yang menerima barang bekas tak terpakai. Beberapa barang yang diterima antara lain pakaian, sepatu, barang elektronik, kasur, dan lainnya. 

Dengan tagline 'Sisa-sisa Tak Selalu Sia-sia', mereka mengajak Mama bisa memberikan barang tak terpakai agar bisa diolah jadi sesuatu yang lebih berguna untuk orang lain. 

Mama bisa menghubungi nomor 0856-9793-4766 untuk informasi lebih lanjut. 

6. Lemari Bukubuku

6. Lemari Bukubuku
instagram.com/lemaribukubuku

Mungkin Mama bingung ingin memberikan buku di rumah pada siapa, tengoklah yang satu ini. Ini adalah wadah untuk mendonasikan buku yang dianggap tidak diperlukan lagi. 

Nantinya, buku yang kamu sumbangkan akan diberikan pada mereka yang memang sedang membutuhkan. Jadi, umur buku jadi lebih panjang dan tetap berguna bagi orang banyak. 

Selain itu, saat mendonasikan buku, kamu bisa mendapat karikatur gambar diri dari pemilik Lemari Bukubuku. Wah, menarik!

Lemari Bukubuku sudah tersebar di beberapa kota seperti Jakarta, Depok, Bogor, Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Kamu bisa menghubungi nomor 0878-1033-3930 atau menengok Instagramnya di @lemaribukubuku.

7. Setali Indonesia 

7. Setali Indonesia 
instagram.com/setali.indonesia

Yang terakhir adalah Setali Indonesia yang merupakan penampungan pakaian bekas layak pakai. Organisasi ini diinisiasi oleh penyanyi Andien Aisyah.

Kamu bisa menyumbangkan pakaian yang sudah tidak terpakai ke sini. Yang menarik, kamu juga bisa membeli barang-barang bekas layak pakai dari para seleb atau influencer tanah air. 

Kamu bisa menghubungi nomor 0877-3370-0995 atau mendatangi situsnya di www.setali.org untuk info lebih lanjut. 

Itulah beberapa tempat untuk menyalurkan barang tak terpakai di rumah agar bisa menjaga lingkungan agar lebih terjaga. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.