Lakukan saat Akhir Pekan, 5 Me Time Berkualitas di Rumah Saja

Jika tak memungkinkan keluar rumah, di rumah pun bisa punya me time

24 Oktober 2020

Lakukan saat Akhir Pekan, 5 Me Time Berkualitas Rumah Saja
Freepik/drobotdean

Me time meski hanya sejenak, sangatlah penting bagi Mama. Sedangkan saat tidak bisa keluar rumah, Popmama.com punya 5 alternatif kegiatan untuk melakukan me time.

Mengurus anak bukanlah perihal yang mudah sehingga me time sangat dibutuhkan oleh para Mama. Sayangnya, tidak setiap orang punya kemudahan untuk melakukan me time. 

Tak bisa keluar rumah bukan berarti tak bisa menjalankan hal yang bisa melepas stres.  Berikut 5 kegiatan yang bisa dilakukan untuk me time di rumah saja. 

1. Mandi dengan santai 

1. Mandi santai 
Freepik

Hampir setiap balita tak bisa berpisah terlalu lama dari Mama. Sehingga, sesi mandi pun seperti dikejar-kejar. Entah si Kecil menunggu dan menggedor pintu, atau ia menonton di depan pintu kamar mandi. 

Setelah menjadi Mama, mandi dengan tenang dan santai pun jadi hal yang sulit dilakukan. Mama bisa menjadikan sesi mandi yang nyaman dan santai sebagai alternatif me time. 

Mama bisa meminta Papa untuk menjaga si Kecil sementara mandi dengan tenang dan santai. Pastikan si Kecil sudah terpenuhi kebutuhannya sehingga tak ada alasan ia mencari Mama lagi. 

Nikmati me time dengan luluran, nyalakan lilin aroma terapi, atau scrub dengan wangi favorit Mama. 

Editors' Picks

2. Menikmati makanan favorit tanpa gangguan

2. Menikmati makanan favorit tanpa gangguan
Freepik

Satu lagi hal yang biasanya bisa mudah dilakukan, kini jadi cukup sulit yaitu menikmati makan tanpa gangguan. Entah bagaimana, seakan ada saja yang harus dilakukan saat Mama sedang makan. 

Jika ingin sekali menikmati makanan favorit tanpa gangguan, Mama bisa menjadikan ini sesi me time. Setelah anak tidur, siapkan makanan favorit dan nikmati dengan sepenuh hati. 

Makanlah dengan perlahan dan nikmati setiap suapnya. Hati senang, perut kenyang, ya Ma!

3. Menyelesaikan nonton drama

3. Menyelesaikan nonton drama
Unsplash/Victoria Heath

Saat si Kecil belum tidur, rasanya sulit untuk memegang ponsel terlalu lama, atau menonton dengan terlalu serius. Padahal, ada episode drama favorit Mama yang baru keluar. 

Mama pun bisa menjadikan sesi nonton drama sebagai me time. Alih-alih menontonnya dengan terpotong-potong, Mama bisa menontonnya pada malam hari setelah si Kecil terlelap. 

Tak ada yang lebih membahagiakan dari menonton sampai selesai tanpa gangguan. 

4. Coffee break saat anak tidur siang

4. Coffee break saat anak tidur siang
Freepik/senivpetro

Terlalu mengantuk untuk melakukan me-time di malam hari? Carilah waktu yang tepat di siang hari. 

Mama bisa menikmati waktu si Kecil tidur siang dengan menikmati secangkir teh atau kopi favorit. Duduklah dengan tenang barang sebentar dan seruput minuman kesukaan Mama. 

Lupakan sejenak pekerjaan rumah yang belum dilakukan. Dengan me time yang berkualitas, meski sejenak, suasana hati bisa kembali baik dengan seketika. 

5. Mendengarkan lagu kesukaan saat membereskan rumah

5. Mendengarkan lagu kesukaan saat membereskan rumah
Freepik/Jcomp

Satu lagi me time yang bisa dilakukan saat si Kecil sedang sibuk adalah mendengarkan lagu kesukaan saat membereskan rumah. Mama bisa menggunakan earphone bluetooth agar tidak menyusahkan pergerakan saat membereskan rumah. 

Saat membereskan rumah, biasanya si Kecil berada di tempat aman. Baik itu nonton TV sebentar, atau bermain di kamarnya. Itulah saat yang tepat untuk mendengarkan lagu favorit yang bisa membangkitan semangat Mama. 

Meski hanya sebentar, mood bisa berubah drastis menjadi lebih bahagia. Coba saja, Ma!

Keterbatasan pergerakan Mama tidak menutup kemungkinan untuk memiliki me time yang berkualitas. Pilih kegiatan favorit dan rasakan betapa segarnya pikiran setelah melakukan me time. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.