5 Manfaat Jika Tidur Malam Lebih Cepat dari Biasanya

Bisa lebih cantik dan pintar, Ma!

20 Juni 2021

5 Manfaat Jika Tidur Malam Lebih Cepat dari Biasanya
Freepik/gpointstudio

Semakin dewasa, makin banyak hal yang harus dilakukan dan akhirnya kamu pun merelakan jam tidur. Terlalu sering begadang juga tidak baik untuk kesehatan. 

Selain tidur yang cukup, kamu juga perlu tidur di jam yang tepat. Terlalu sering begadang tentu berefek buruk pada kesehatan tubuh, jadi pastikan untuk tidur di waktu yang tepat. 

Memajukan jam tidurmu 1 jam lebih cepat bisa bermanfaat banyak bagi tubuh dan mental. 

Ditengok dari Huffington Post, Popmama.com akan menjabarkan apa saja manfaat tidur cepat bagi tubuh. 

1. Tidak mudah khawatir atau cemas

1. Tidak mudah khawatir atau cemas
Freepik/freepik

Masalah kecemasan berlebih sedang banyak dialami banyak orang. Salah satu cara mengurangi kecemasan adalah dengan tidur lebih cepat dan dengan durasi yang lebih lama. 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Springer Link membahas mengenai kecemasan. Menurut penelitian tersebut, orang yang tidur lebih cepat memiliki ketenangan dan tidak mudah berpikir buruk dibanding dengan mereka yang tidur lebih larut. 

Editors' Picks

2. Kamu bisa jadi pribadi yang lebih santai

2. Kamu bisa jadi pribadi lebih santai
Freepik/wayhomestudio

Dari situs Get Sleep milik Harvard, dijelaskan bahwa orang yang tidur hanya sebentar cenderung mudah marah, mudah tersinggung, dan mudah stres. Sedangkan tidur yang cukup bisa membuat kamu lebih rileks, dan berpikir dengan lebih jernih. 

Dengan jam kerja yang dimulai pagi hari, sudah tentu untuk mendapat tidur cukup kamu perlu memajukan waktu tidur, bukan?

3. Membantu program diet kamu

3. Membantu program diet kamu
Pixabay/mojzagrebinfo

Jika selama ini kamu sedang diet dan merasa kesulitan menurunkannya meski sudah banyak berusaha, mungkin bisa coba memajukan jam tidur. 

Ditengok dari pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, semakin sedikit waktu tidurmu, akan semakin besar kemungkinan timbangan akan bertambah. Seiring berkurangnya energi karena kurang tidur menyebabkan kamu mencari makanan tidak sehat untuk menambah energi dengan cepat. 

Selain itu, kelelahan dan ngantuk berlebih membuat kamu lebih malas bergerak dan berujung diet jadi gagal. 

Juga, dari Berkeley News disebutkan bahwa orang cenderung memilih makanan yang asin, berlemak, atau manis setelah pukul 20.00. Jadi, pastikan tidak terlalu lama terjaga di malam hari, ya!

4. Imun tubuh kamu lebih kuat

4. Imun tubuh kamu lebih kuat
Freepik

Selain mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, kamu juga perlu tidur yang cukup. Seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, bahwa jam tidur yang cukup bisa membantu menjaga imun tubuh tetap maksimal. 

Kamu yang tidur lebih cepat dan dengan durasi yang cukup, akan lebih tahan pada virus influenza dibanding mereka yang kerap kurang tidur. Kalaupun memang jatuh sakit, kamu akan lebih cepat sembuh dibanding lainnya. 

5. Kamu bisa terlihat lebih segar

5. Kamu bisa terlihat lebih segar
Freepik/pressfoto

Sadarkah, ketika kurang tidur, kamu merasa lebih lesu, lelah dan malas berdandan. Meskipun berdandan, tetap terlihat kusam karena tubuh kelelahan. 

Sebuah penelitian dari Swedia mengonfirmasi bahwa orang yang kurang tidur terlihat tidak sehat, lebih murung, dan kurang menarik. 

Sedangkan saat tidur dengan waktu yang cukup, tubuh bisa menggantikan sel tua dan sudah mati dengan yang baru. Sehingga tubuhmu bisa lebih segar dan wajahmu lebih bersinar secara alami. 

Tidur lebih cepat terdengar sederhana namun sulit sekali untuk dilakukan. Kamu bisa mengubah kebiasaan untuk membentuk jam biologis yang baru. Semua memang harus diusahakan, Ma. 

Demi tubuh yang lebih sehat dan produktivitas yang terus meningkat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.