5 Manfaat Main Trampolin untuk Orang Dewasa

Mengurangi stres dan membakar lemak lebih cepat

26 Februari 2021

5 Manfaat Main Trampolin Orang Dewasa
Freepik

Trampolin adalah salah satu permainan yang disukai anak-anak. Ternyata, trampolin juga punya banyak manfaat jika digunakan oleh orang dewasa, berikut Popmama.com rangkumkan!

Bermain trampolin selalu jadi favorit anak-anak karena ia bisa melompat dengan bebas. Tak hanya melompat saja, banyak manfaat yang didapat jika anak rajin bermain trampolin. 

Selain untuk anak-anak, trampolin juga bisa jadi alat olahraga bagi orang dewasa. Bahkan sempat jadi favorit untuk variasi olahraga beberapa waktu lalu. 

Nah, sebenarnya, apa saja manfaat menggunakan trampolin bagi orang dewasa? Mari cari tahu!

1. Lebih efektif membakar lemak

1. Lebih efektif membakar lemak
Freepik

Menurut studi yang dilakukan oleh NASA, melompat di atas trampolin 68% lebih efektif membakar lemak dibanding olahraga berlari.

Dengan kamu melompat selama 10 menit di atas trampolin, kalori tubuh yang terbakar setara dengan berlari selama 30 menit. 

Sehingga, olahraga ini sangat cocok yang sedang ingin membakar lemak di tubuh tanpa harus ke luar ruangan. 

Editors' Picks

2. Memasok oksigen ke tubuh dengan lebih sempurna

2. Memasok oksigen ke tubuh lebih sempurna
Freepik/teksomolika

Saat melompat, tubuh kamu bergerak dan jantung pun terpacu. Jantung akan memompa darah dengan lebih efektif. Secara tidak langsung, asupan oksigen jadi meningkat. 

Selain itu, perubahan gravitasi saat melompat membuat banyak oksgien bisa mencapai sel.

Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa trampolin memiliki kemampuan menyerap oksigen lebih banyak dibanding saat lari di treadmill. 

3. Mengurangi risiko selulit

3. Mengurangi risiko selulit
Freepik/valuavitaly

Selulit bisa disebabkan dengan terhambatnya sistem limfatik. Saat melakukan gerakan melompat, cairan limfatik bisa lebih terdorong sehingga risiko selulit bisa lebih rendah. 

Sistem limfatik juga berguna untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sistem limfatik yang naik turun membuatnya terbebas dari zat berbahaya. Satu lagi, bermain trampolin bisa membantu membuang racun pada sistem getah bening. 

4. Meningkatkan keseimbangan tubuh

4. Meningkatkan keseimbangan tubuh
Freepik/teksomolika

Bermain trampolin termasuk olahraga low impact yang baik mereka yang memiliki cedera di kaki. Hal ini sudah sering dilakukan pada atlet yang mencoba pulih dari cedera.

Selain itu, rutin bergerak di atas trampolin juga mampu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Saat tubuh melompat dan berusaha menjejak tanpa jatuh, di situlah keseimbangan terasah. 

5. Menghilangkan stres

5. Menghilangkan stres
Freepik/cookie_studio

Di masa seperti ini, banyak orang mudah sekali stres. Sedangkan sensasi seperti terbang saat melompat bisa membantu kamu merasa lebih semangat dan senang secara otomatis. 

Semakin sering melompat, semakin mudah kamu merasa senang dan dengan begitu stres pun bisa perlahan menghilang. Digantikan dengan hormon bahagia. 

Hal ini juga berguna untuk mengurangi mood swing saat sedang PMS. Boleh dicoba, Ma!

Itulah beberapa manfaat bermain trampolin bagi orang dewasa. Tertarik mencoba?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.