5 Tips sebelum Mama Kembali Berolahraga setelah Melahirkan

Panduan awal bagi Mama sebelum kembali aktif bergerak setelah persalinan

22 Februari 2021

5 Tips sebelum Mama Kembali Berolahraga setelah Melahirkan
Freepik

Aktifitas fisik pasca persalinan memiliki sangat banyak manfaat bagi Mama. Di antaranya adalah mempercepat penurunan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, daya tahan tubuh, dan kualitas tidur, menguatkan otot perut, hingga mengurangi stres dan gejala depresi pasca melahirkan.

Mama yang sehat dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan setidaknya 150 menit setiap minggunya setelah melahirkan. Namun, perlu diingat bahwa bagaimanapun juga kondisi tubuh setelah melahirkan tentu berbeda dan butuh perawatan khusus. Jadi, jangan sembarangan ya, Ma.

Bersama Popmama.com, pahami dulu lima tips sebelum kembali berolahraga setelah melahirkan, berikut ini.

1. Gunakan pakaian dengan pelindung ekstra

1. Gunakan pakaian pelindung ekstra
Freepik/Vgstockstudio

Sebelum berolahraga, pastikan Mama menggunakan pakaian yang nyaman dan aman, terutama pada pemilihan bra. Akan lebih baik apabila Mama menggunakan bantalan khusus pada bra untuk mencegah ASI bocor selama berolahraga.

Editors' Picks

2. Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan

2. Selalu lakukan pemanasan pendinginan
Freepik/tirachardz

Jangan remehkan pemanasan di awal sesi olahraga dan pendinginan di akhir sesi olahraga. Kedua hal ini akan membantu tubuh mama mempersiapkan diri sebelum olahraga sehingga mengurangi berbagai risiko buruk seperti kram, pegal-pegal, hingga cedera.

Jadi pastikan Mama memasukkan sesi pemanasan dan pendinginan dalam setiap rutinitas olahraga yang Mama lakukan.

3. Jangan terburu-buru

3. Jangan terburu-buru
Freepik/mdjaff

Selalu mulai olahraga secara perlahan dari level paling ringan sebelum secara bertahap menaikkan level intensitasnya.

Hal ini penting dalam rangka memberi tubuh mama waktu untuk membiasakan, menyesuaikan, dan mempersiapkan kondisi untuk kembali berolahraga secara normal seperti sebelum kehamilan.

4. Jangan lupa minum!

4. Jangan lupa minum
Freepik/diana.grytsku

Seintens apapun olahraganya, tidak akan memberi hasil yang maksimal apabila tubuh mama tidak terhidrasi dengan baik. Pastikan Mama mengkonsumsi minimal dua liter air mineral setiap harinya, ya!

Mama bisa menyiasatinya dengan menempatkan botol minuman di dalam jangkauan mama. Begitupun saat sedang berolahraga. Jangan sampai kekurangan cairan ya, Ma.

5. Jangan memaksakan diri

5. Jangan memaksakan diri
Freepik/drobotdean

Percayalah, memaksakan diri untuk terus berolahraga meski kondisi tubuh tidak mumpuni hanya akan merugikan dan membahayakan tubuh mama. Jadi, belajarlah untuk peka terhadap sinyal-sinyal tubuh.

Jika Mama merasa kesakitan dan tidak kuat, kurangi intensitas atau berhentilah berolahraga. Konsultasikan rasa sakit yang Mama rasakan kepada dokter ahli dan minta rekomendasi olahraga yang lebih aman dan tepat sesuai dengan kondisi tubuh mama.

Nah, itulah lima tips sebelum kembali berolahraga setelah melahirkan, yang sebaiknya Mama lakukan.

Apabila Mama memiliki kondisi kesehatan khusus, pastikan Mama mendapat izin olahraga dari dokter terlebih dahulu, ya. Selamat berolahraga kembali, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.