Pelaku Aksi Eksibisionis di Stasiun Sudirman Akhirnya Ditangkap

Berawal dari video korban dan akhirnya ditangkap

25 Oktober 2021

Pelaku Aksi Eksibisionis Stasiun Sudirman Akhir Ditangkap
Pixabay/4711018

Tak bisa dipungkiri, tindakan asusila bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Seperti salah satunya, seorang eksibisionis yang beraksi di Stasiun Sudirman. 

Stasiun Sudirman adalah salah satu stasiun tersibuk di Jakarta. Semua orang yang bekerja di Jakarta Pusat akan turun di stasiun ini. 

Sebuah kejadian tidak mengenakkan baru terjadi, di mana ada orang eksibisionis yang kerap melakukan tindakan asusila pada penumpang yang sedang melintas di stasiun. 

Seperti apa ceritanya? Berikut Popmama.com rangkumkan untuk Mama. 

1. Berawal dari video yang viral di media sosial

1. Berawal dari video viral media sosial
Pexels/cottonbro

Seorang korban membagikan video yang merekam tingkah pelaku. Dalam video, ia mengungkapkan bahwa dirinya bertemu dengan eksibisionis di jalan menuju Stasiun Sudirman.

"Kalau teman-teman tahu, ini di pinggir kali, samping dekat rel, kebetulan sampingnya kantorku," ujarnya dalam video. 

Video ini diunggah pada tanggal 15 Oktober pukul 19.00 WIB dan akhirnya menjadi viral. 

Editors' Picks

2. Menunjukkan kemaluannya pada korban yang melintas

2. Menunjukkan kemaluan korban melintas
Unsplash/Deon Black

Seperti layaknya kebanyakan eksibisionis, mereka senang melihat respon para korban saat ia beraksi. Dari pengakuan korban, saat ia sedang melintas, pelaku segera menurunkan celana dan menunjukkan kemaluan ke arah korban. 

"Dia udah mantau jalan dan jalan ini memang sepi. Aku lagi jalan, terus dia udah buka celana, dia lagi pegang anunya," lanjutnya dalam video. 

Melihat hal itu, sang korban mengaku ia lari dan menangis. Ia juga sempat berteriak namun tidak ada orang yang dengar. Karena, memang area tersebut sepi. 

3. Langsung ditindaklanjuti oleh aparat gabungan

3. Langsung ditindaklanjuti oleh aparat gabungan
Freepik/Savvapanf
Ilustrasi

Mendengar hal tersebut, aparat gabungan melakukan penyisiran di sekitar lokasi. Kemudian, berdasarkan kemiripan ciri-ciri dan rekaman CCTV dalam video yang viral, pelaku berhasil ditangkap. 

Kemudian, pelaku dibawa ke Polsek Metro Tanah  untuk diproses lebih lanjut. 

Menurut Kasatpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan, pelaku ditangkap saat sedang berdiri di tempat tersebut. Namun pelaku masih belum diketahui identitasnya. 

4. Cara menghadapi eksibisionis

4. Cara menghadapi eksibisionis
Freepik/wayhomestudio

Meski mengagetkan, namun kamu harus memiliki langkah-langkah tertentu saat bertemu dengan eksibisionis. Pertama, kamu harus tetap tenang agar tidak memberikan rasa puas pada pelaku. 

Karena reaksi ketakutan dan kepanikan dari korban merupakan tujuan utama ia melakukan itu semua. 

Kalau perlu, lakukan sesuatu yang membuatnya merasa malu. Seperti menertawakannya. Namun, pastikan untuk menjaga jarak dan tetap melindungi diri. Jangan sampai mendekat apalagi sampai menyentuh. 

Larilah menjauh dan teriaklah sekencang mungkin untuk menarik perhatian sekitar. Jangan lupa untuk segera melapor pihak berwajib agar aksinya tidak merugikan lebih banyak korban. 

Ingat, selalu berhati-hati di mana saja, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.