Penting Banget! Ini 5 Manfaat Omega 3 untuk Orang Dewasa

Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga perlu asupan omega 3

19 Juni 2021

Penting Banget Ini 5 Manfaat Omega 3 Orang Dewasa
Freepik/Julijadm

Selama ini, para Mama sibuk memberikan asupan omega 3 untuk buah hati tersayang. Jangan lupa ya, Mama juga perlu asupan omega-3 yang cukup, lho. 

Omega 3 merupakan asam lemak baik yang memiliki manfaat super untuk tubuh. Sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi zat ini, sehingga kamu perlu mendapatkannya dari asupan harian baik itu makanan dan juga suplemen. 

Nah, seperti apa sih manfaat omega 3 untuk orang dewasa? Popmama.com akan menjelaskan dengan lengkap untuk Mama. 

1. Membantu meningkatkan kelancaran aliran darah di otak

1. Membantu meningkatkan kelancaran aliran darah otak
Freepik/Sewcream

Puteri Aisyaffa, S.Gz, RD, seorang Nutritionist Youvit menjelaskan mengenai pentingnya omega 3 bagi orang dewasa. Dalam Webinar YOUVIT Omega-3 Launching Party "Dengarkan Kata Jantungmu" dikatakan bahwa kandungan omega 3 yang pertama adalah membantu meningkatkan kelancaran aliran darah ke otak. 

"Sehingga ini bisa mengurangi dan mengatasi gejala depresi, kecemasan, memperbaiki suasana hati dan mengurangi risiko munculnya demensia," ujar Puteri. 

Editors' Picks

2. Membantu kesehatan jantung

2. Membantu kesehatan jantung
Pexels/enginakyurt

Omega-3 mengandung 3 komponen penting, yaitu ALA (alphalinolenic acid), DHA (decosahexaenoic acid), dan EPA (eicosapentaenoic acid) yang mampu menjaga kesehatan jantung. 

"Ia bisa membantu melancarkan peredaran darah di jantung sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung," lanjutnya. 

Di sisi lain, omega 3 juga membantu mempertahankan kesehatan sel tubuh sehingga penyakit seperti stroke, diabetes, dan obesitas pun bisa menjauh.

3. Meningkatkan daya ingat

3. Meningkatkan daya ingat
Freepik/jcomp

Menurut jurnal yang dipublikasikan di PubMed, terdapat lebih dari 40% kandungan pada omega 3 digunakan sebagai unsur penyusun dinding sel neuron di otak. Bagi anak-anak, jal ini baik untuk meningkatkan kecerdasan dan mempertajam daya tangkap. 

Sedangkan hal yang sama berlaku juga untuk orang dewasa dengan penambahan peningkatan daya ingat. 

Untuk kamu yang suka pelupa, pastikan asupan omega 3 harian kamu terpenuhi, ya. 

4. Membantu mengurangi stres

4. Membantu mengurangi stres
Freepik/freepik

Lebih lanjut Puteri mengatakan bahwa tingkat stres pada usia muda mencapai 60% dari populasi 18-24 tahun. Hal ini bisa disebabkan oleh tekanan dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan pribadinya. 

Sedangkan omega 3 yang cukup bisa membantu meningkatkan kelancaran darah di otak dan bisa mengurangi gejala depresi. 

5. Membantu menjaga kesehatan mata

5. Membantu menjaga kesehatan mata
Freepik/Kuprevich

"Pada orang dewasa, mereka butuh sekitar 250 mg omega 3 per harinya, jadi perannya penting sekali untuk kesehatan tubuh, kurang sedikit bisa mengganggu sistem tubuh," tutur Puteri. 

Lalu kenapa omega 3 bisa membantu menjaga kesehatan mata? Beberapa sel pada retina mengandung DHA yang ada di omega 3. DHA bisa membantu sel reseptor mata dari cahaya matahari dan radikal bebas. 

Oleh karena itu, diet dengan omega 3 yang cukup bisa membantu melindungi mata dari penurunan daya penglihatan karena umur maupun gaya hidup. 

Untuk asupan harian, kamu bisa rutin mengonsumsi makanan yang kaya dengan asam lemak omega 3 seperti ikan, kacang-kacangan, dan tiram. Bisa juga didukung dengan mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan omega 3.

Lebih baik menjaga kesehatan dibanding mengobati ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.