5 Makanan Sumber Omega 3 untuk Anak Pengidap Alergi Ikan-ikanan

Meski tak bisa mengonsumsi ikan-ikanan, kebutuhan omega 3 anak harus tetap terpenuhi

7 Desember 2019

5 Makanan Sumber Omega 3 Anak Pengidap Alergi Ikan-ikanan
freepik.com/pressfoto

Dalam masa tumbuh kembangnya, bayi dan anak-anak memerlukan asupan nutrisi yang berimbang. Salah satu asam lemak yang penting untuk bayi dan anak-anak adalah omega 3. 

Asam lemak omega-3 yang terbaik terdapat pada ikan-ikanan yang berlemak, misalnya salmon dan makarel. Dilansir dari healthline.com, WHO menganjurkan agar anak mengonsumsi ikan sedikirnya dua porsi per minggu agar kebutuhan asam lemak omega 3 terpenuhi dengan baik.

Omega 3 bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak, mencegah dari berbagai penyakit, mempertajam konsentrasi dan menghindarikan dari risiko obesitas. 

Namun, sebagian bayi dan anak-anak ada yang mengidap alergi ikan-ikanan. Mereka tak mungkin mengonsumsinya, sementara kebutuhan omega 3 harus tetap terpenuhi. Tetapi jangan khawatir, Ma, omega 3 tetap bisa didapatkan dari non ikan-ikanan, yaitu:

1. Rumput laut

1. Rumput laut
freepik.com

Rumput laut, nori, spirulina dan aneka alga merupakan sumber penting omega 3 bagi orang yang mengidap alergi ikan-ikanan atau pun vegetarian. Makanan ini mengandung DHA dan EPA, sekaligus kaya akan protein. Keluarga rumput laut dan alga-algaan kaya akan kandungan anti diabetes serta anti oksidan.

Editors' Picks

2. Chia seeds

2. Chia seeds
Pxhere/ ValeriaJa

Chia seeds merupakan biji-bijian yang kaya akan asam lemak ALA omega 3. Meskipun bentuknya sangat kecil, chia seeds merupakan salah satu superfood yang diakui para ahli kesehatan. Bagaimana tidak, per 28 grams chia seeds mengandung 5,005 gram ALA, kaya akan serat dan protein. 

Kini chia seeds dapat dengan mudah didapatkan di toko-toko makanan organik di Indonesia maupun di toko online.

3. Edamame

3. Edamame
Freepik/Jcomp

Siapa yang tak kenal dengan kedelai Jepang ini? Setengah cangkir kedelai hijau yang gurih ini mengandung 0,28 gram ALA. Konsumsi edamame secara teratur untuk bayi dan anak-anak bukan hanya dapat mencukup kebutuhan asam lemak omega 3, melainkan juga sumber protein nabati yang baik.

4. Kacang merah

4. Kacang merah
Pixabay/Insideout1

Sumber asam lemak omega 3 yang satu ini sangat mudah didapatkan di sekitar kita. Setengah cangkir kacang merah rebus mengandung 0,10 gram ALA. Kacang merah pun mudah diolah menjadi aneka camilan maupun makanan yang lezat untuk anak-anak, baik itu bercitarasa asin maupun manis.
 

5. Kacang walnut

5. Kacang walnut
Freepik/Dashu83

Satu lagi kacang-kacangan yang mengandung asam lemak omega 3 adalah kacang walnut. Kacang walnut mengandung 3,346 gram ALA per cangkir. Selain itu, kacang walnut mengandung lemak sehat yang aman dikonsumsi anak-anak dalam takaran sesuai porsinya. 

Campurkan kacang walnut ke dalam olahan smoothies atau oatmeal untuk sarapan anak atau untuk bekal camilannya di sekolah. Dijamin anak pasti menyukainya.

Itu dia lima sumber makanan non ikan-ikanan yang dapat dijadikan alternatif memenuhi kebutuhan omega 3 harian bayi dan anak-anak. Pastikan berkonsultasi dulu dengan dokter anak sebelum memberikan makanan-makanan ini untuk menghindari terjadinya alergi dan memastikan takaran porsi yang sesuai.  

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.