5 Tips Belanja Online yang Bisa Bikin Kamu Untung

Salah satunya, tidak malas membaca

26 Maret 2021

5 Tips Belanja Online Bisa Bikin Kamu Untung
Freepik/ibravery

Belanja online perlu kemampuan tersendiri. Agar belanja online untung dan tidak buntung, Popmama.com punya 5 tipsnya. 

Selama pandemi, banyak orang yang beralih ke cara belanja online. Sayangnya, tidak semua memahami bagaimana belanja online yang tepat dan aman. 

Hanya karena melihat harga murah dan foto menarik, langsung membeli tanpa berpikir panjang. Ketika sampai, barangnya tidak sesuai dengan keinginan dan inilah yang membuat rugi. 

Agar Mama tidak mengulangi hal yang sama, perlu mengintip tips belanja online yang untuk. 

Yuk cari tahu bersama!

1. Mencari toko terpercaya

1. Mencari toko terpercaya
Freepik/Katemangostar

Menemukan toko terpercaya sangatlah penting saat belanja online. Karena kamu bisa memastikan bahwa barang yang akan dibeli memang berkualitas. 

Kamu bisa memilih toko dengan tanda khusus, atau toko autorize yang memang membuka lapak di e-commerce pilihan Mama. Bahkan jika ingin aman, bisa juga memilih e-commerce yang menjamin keaslian barang salah satunya JD.ID dengan tagarnya #dijaminori.

Editors' Picks

2. Tidak malas membaca

2. Tidak malas membaca
Freepik/cookie_studio

Saat belanja ke toko fisik langsung, kamu bisa melihat sendiri seperti apa bentuk dan kondisi barang yang dipilih. Juga, bisa menanyakan pada pihak toko jika ada yang ingin diketahui. 

Nah, saat belanja online, maka hal itu digantikan dengan banyak membaca. Kamu harus membaca penjelasan produk dengan seksama. Jangan hanya tergoda foto dan harga. 

Setelah membaca deskripsi produk, kamu juga perlu melihat komentar pembeli. Apakah banyak yang puas atau banyak keluhan. 

Hal ini penting sekali untuk melihat kondisi barang yang akan kamu beli. Percuma jika beli di toko terpercaya namun ternyata barangnya tidak berfungsi maksimal. Kamu harus melewati proses pengembalian dan penukaran barang yang tentu memakan waktu. 

3. Mencari promo

3. Mencari promo
Freepik/d3images

Hampir semua e-commerce menyediakan promo untuk menarik pembeli. Kamupun bisa mencari mana yang paling menggiurkan promonya. 

Salah satu yang wajib dilirik adalah JD.ID. Dalam konferensi virtual JD.ID 5th Anniversary yang diadakan pada Kamis (25/3), Leo Haryono, Chief Marketing Officer JD.ID mengungkapkan beragam promo yang diadakan. 

"Ada berbagai promosi menarik seperti Diskon 50%, Flash Sale Rp 5, Top Brand & Seller Setiap Hari, Cashback 5X, Gratis Ongkir, dan Voucher Miliaran Rupiah," tuturnya dalam acara. 

Aneka promo ini digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun yang ke-5, JD.ID. Lumayan kan, Ma?

4. Membandingkan harga

4. Membandingkan harga
Freepik/tirachardz

Diskon yang besar tidak menjamin harga yang paling murah. Dengan begitu, kamu harus lebih jeli dalam mencari produk dengan harga terbaik. 

Pertama, ketahui harga pasaran. Kemudian, hindari membeli barang yang harganya terlalu jauh dari yang ada di pasaran. Bisa jadi barangnya refurbish, reject, atau tidak berkualitas baik. 

Lalu, cari barang dengan harga bersaing, dari toko terpercaya, dan akan lebih baik lagi jika ada tambahan promo. Dengan begitu, kamu bisa mendapat barang dengan harga yang memuaskan. 

5. Membuka paket dengan direkam

5. Membuka paket direkam
Freepik/ilixe48

Yang terakhir adalah yang mungkin suka dilewatkan. Kebanyakan toko dan platform belanja meminta kamu menyertakan video unboxing jika ingin mengajukan pengembalian atau mengadu bahwa barang yang diterima tidak sesuai ekspektasi. 

Jadi, tak ada salahnya untuk selalu membuka paket dengan merekamnya agar tidak ada kesulitan jika perlu mengembalikan barang atau mengeluhkan kualitas. 

Itu dia tips yang bisa kamu lakukan jika ingin belanja online yang untung. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.