Wajib Dihindari, Ini 5 Makanan yang Memperparah Gejala Flu

Jangan dikonsumsi jika tak ingin flu semakin lama sembuh

8 Maret 2021

Wajib Dihindari, Ini 5 Makanan Memperparah Gejala Flu
Pexels/Andrea Piacquadio

Di masa pandemi seperti ini, penting sekali untuk tetap menjaga kesehatan. Sehingga saat sakit, kamu perlu jeli memilih makanan agar tak makin parah. 

Saat sakit, imun tubuh menurun sehingga beragam penyakit lebih mudah menyerang tubuh. Oleh karena itu, usahakan untuk segera sembuh saat sakit. 

Jika sedang flu, sebaiknya hindari beberapa makanan agar gejalanya makin parah dan semakin lama sembuh. 

Apa saja makanannya? Cek informasinya di Popmama.com:

1. Makanan dari keju

1. Makanan dari keju
Freepik/pch.vector

Keju memang memiliki rasa yang gurih dan mampu meningkatkan selera makan saat sedang flu. Namun ternyata, keju tidak disarankan untuk kamu yang sedang sakit flu. 

Ini dikarenakan keju mengandung caesin, senyawa yang membentuk lendir. Selain itu, keju juga bisa menimbulkan inflamasi yang berefek menurunnya respon sistem imun tubuh. 

Editors' Picks

2. Pisang karena mengandung histamin

2. Pisang karena mengandung histamin
Freepik

Memang dikatakan bahwa saat flu, disarankan untuk banyak mengonsumsi buah. Namun, hindari buah pisang. 

Pisang bisa memicu pelepasan histamin dalam tubuh. Histamin ini zat kimia yang diproduksi sel tubuh ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi. Hasilnya, produksi lendir di hidung semakin parah. 

Selain itu, kadar gula yang cukup tinggi pada pisang bisa menyebabkan inflamasi. Efek sampingnya, sistem kekebalan tubuh semakin menurun. 

3. Makanan manis

3. Makanan manis
Freepik

Gula buatan yang ada di makanan manis bisa membuat gejala flu kamu makin parah. Gula alami saja bisa menimbulkan inflamasi yang menghambat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi lendir di rongga sinus. 

Bayangkan apa yang akan terjadi pada tubuh jika kamu memakan banyak makanan manis yang menggunakan pemanis buatan. Wah, semakin lama sembuhnya, deh!

4. Cokelat

4. Cokelat
Freepik

Sebagian besar cokelat yang dijual di pasaran mengandung pemanis buatan. Ini berpengaruh pada meningkatnya jumlah jamur yeast dalam tubuh.

Sehingga, bakteri lebih mudah berkembang biak dan menyebabkan rongga hidung yang makin tersumbat. 

Apalagi jika kamu mengonsumsi cokelat dengan kandungan susu. Campuran susu di dalamnya bisa membuat gejala flu kamu makin parah. 

5. Gorengan dan junk food

5. Gorengan junk food
Freepik

Saat flu, biasanya tenggorokan juga terasa tidak nyaman. Jika kamu mengonsumsi gorengan dan junk food saat flu, maka bisa jelas memperparah gejalanya. 

Campuran tepung dan minyak bisa langsung meningkatkan inflamasi dan menekan sistem kekebalan tubuh. 

Sementara sebuah eksperimen yang diunggah dalam situ EurekAlert mengungkapkan bahwa makanan yang diproses menggunakan zat aditif TBHQ bisa meningkatkan protein yang menekan sistem kekebalan tubuh. 

Jadi, saat mengonsumsi junk food, tak hanya gejala flu makin parah, tapi juga efektivitas obat flu yang kamu konsumsi jadi menurun. 

Agar lekas pulih, sebaiknya hindari makanan-makanan di atas, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.